UNDUH Kumpulan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran SENI BUDAYA Kelas 9 SMP/ MTs K13 Semester 2

Aleepenaku.com- UNDUH Kumpulan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran SENI BUDAYA Kelas 9 SMP/ MTs K13 Semester 2 merupakan soal-soal yang dapat dijadikan acuan oleh guru mata pelajaran SENI BUDAYA  sebagai bahan bandingan dalam menyusun Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk Semester 2 di Kelas 9 SMP/ MTs. Disarankan bahwa untuk mempermudah pengunduhan bahan soal PTS 2 ini, guru mata pelajaran SENI BUDAYA bisa menggunakan laptop atau komputer. Sehingga dapat secara optimal mengunduh file word soal PTS SENI BUDAYA yang tersedia pada link unduhan.



Satuan Pendidikan (Sekolah/ Madrasah) akan melaksanakan kegiatan penilaian tengah semester (PTS) 2 setelah melaksanakan beberapa kali penilaian harian atau ulangan harian mata pelajaran SENI BUDAYA. Pada paruh semester 2 ini, akan dilaksanakan sekitar bulan Maret. Oleh karena itu, para sahabat guru mata pelajaran SENI BUDAYA  segera mempersiapkan diri untuk menyusun soal berdasarkan kisi-kisi Soal SENI BUDAYA yang dibuat.

Sebagaimana diketahui bahwa penilaian pada mata pelajaran SENI BUDAYA ini merupakan proses pengumpulan data/ informasi dari siswa melalui pengukuran kegiatan menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasi hasil pengukuran. Setelah itu barulah guru mata pelajaran SENI BUDAYA berada pada tahap evaluasi, yaitu kegiatan proses mengambil keputusan berdasarkan hasil penilaian siswa.

Aktivitas asesmen atau penilaian terhadap siswa, bukan berasal dari guru mata pelajaran SENI BUDAYA saja, namun juga dapat dilakukan oleh beberapa pihak pada penilaian tertentu, yaitu:

(1) Penilaian hasil belajar oleh pendidik;

(2) Penilaian hasil belajar oleh Sekolah atau satuan pendidikan;

(3) Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

Siswa, terutama pada mata pelajaran SENI BUDAYA ini akan dinilai dari aspek atau ranah: kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan/ kognitif dan kompetensi keterampilan. Segenap kompetensi itu, terutama pada mata pelajaran SENI BUDAYA dilakukan secara baik, terencana dan sistematis. Termasuk pada pelaksanaan penilaian tengah semester untuk mata pelajaran yang diujikan, yaitu SENI BUDAYA.

 

Prinsip-Prinsip Asesmen/ Penilaian sesuai dengan Kurikulum 2013 (K 13)

Penilaian hasil belajar (berdasarkan Kur. 2013) termasuk penilaian pada mata pelajaran SENI BUDAYA harus dilaksanakan sesuai prinsip-prinsip penilaian sebagai berikut.

Sahih; data akurat

Objektif; prosedur serta kriteria yang jelas.

Adil; tidak menguntungkan/ merugikan siswa tertentu.

Terpadu; inklud komponen kegiatan pembelajaran.

Terbuka; sesuai prosedur penilaian.

Holistik dan berkesinambungan; penilaian mencakup semua ranah kompetensi siswa.

Sistematis; berencana serta bertahap

Berkriteria; didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi.

Akuntabel; dapat dipertanggungjawabkan.

 

Penilaian Tengah Semester 2- PTS 2

Salah satu bentuk penilaian yang akan dilaksanakan oleh sekolah atau madrasah adalah Penilaian Tengah Semester (PTS) 2, khususnya pada mata pelajaran SENI BUDAYA. Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 ini dilakukan setelah dilaksanakannya beberapa kali penilaian harian SENI BUDAYA, juga untuk setiap mata pelajaran di jenjang SMP/ Mts sederajat. Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 ini dilakukan dengan tujuan untuk memeroleh rekam penilaian kompetensi siswa selama setengah semester untuk mapel SENI BUDAYA. Sehingga setiap guru mata pelajaran SENI BUDAYA memiliki bahan evaluasi terhadap capaian hasi belajar siswa. Tentu sebagai masukan bagi guru maple SENI BUDAYA untuk menentukan pola pembelajaran para parah kedua agar KBM lebih baik lagi.

 

Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) SENI BUDAYA Kelas 9 SMP/ MTs K 13 Semester 2, UNDUH DI SINI  

 

Demikian informasi yang bisa disampaikan tentang Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran SENI BUDAYA Kelas 9 SMP/ MTs  13 Semester 2. Terima kasih atas atensinya pada aleepenaku.com. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "UNDUH Kumpulan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran SENI BUDAYA Kelas 9 SMP/ MTs K13 Semester 2"