UNDUH Kumpulan Soal PTS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Jenjang SMP/ MTs Kurikulum 2013 Semester 2 Tahun 2023

Aleepenaku.com- UNDUH Kumpulan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Jenjang SMP/ MTs Kurikulum 2013 Semester 2 merupakan soal-soal yang dapat dijadikan acuan oleh guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  sebagai bahan bandingan dalam menyusun Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk Semester 2 di Kelas 8 SMP/ MTs. Disarankan bahwa untuk mempermudah pengunduhan bahan soal PTS 2 ini, guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bisa menggunakan laptop atau komputer. Sehingga dapat secara optimal mengunduh file word soal PTS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang tersedia pada link unduhan.

Satuan Pendidikan (Sekolah/ Madrasah) akan melaksanakan kegiatan penilaian tengah semester (PTS) untuk Semester 2 setelah melaksanakan beberapa kali penilaian harian atau ulangan harian mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). PTS 2 ini akan dilaksanakan sekitar bulan Maret. Oleh karena itu, para sahabat guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 segera mempersiapkan diri untuk menyusun soal berdasarkan kisi-kisi Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang dibuat.

Sebagaimana diketahui bahwa penilaian pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 ini merupakan proses pengumpulan data/ informasi dari siswa melalui pengukuran kegiatan menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasi hasil pengukuran. Setelah itu barulah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berada pada tahap evaluasi, yaitu kegiatan proses mengambil keputusan berdasarkan hasil penilaian siswa.

Aktivitas asesmen atau penilaian terhadap siswa, bukan berasal dari guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) saja, namun juga dapat dilakukan oleh beberapa pihak pada penilaian tertentu, yaitu:

(1) Penilaian hasil belajar oleh pendidik;

(2) Penilaian hasil belajar oleh Sekolah atau satuan pendidikan;

(3) Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

Siswa, terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ini akan dinilai dari aspek atau ranah: kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, kompetensi pengetahuan/ kognitif dan kompetensi keterampilan. Segenap kompetensi itu, terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilakukan secara baik, terencana dan sistematis. Termasuk pada pelaksanaan penilaian tengah semester untuk mata pelajaran yang diujikan, yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

 

Prinsip-Prinsip Asesmen/ Penilaian sesuai dengan Kurikulum 2013 (K 13)

Penilaian hasil belajar (berdasarkan Kur. 2013) termasuk penilaian pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) harus dilaksanakan sesuai prinsip-prinsip penilaian sebagai berikut.

Sahih; data akurat

Objektif; prosedur serta kriteria yang jelas.

Adil; tidak menguntungkan/ merugikan siswa tertentu.

Terpadu; inklud komponen kegiatan pembelajaran.

Terbuka; sesuai prosedur penilaian.

Holistik dan berkesinambungan; penilaian mencakup semua ranah kompetensi siswa.

Sistematis; berencana serta bertahap

Berkriteria; didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi.

Akuntabel; dapat dipertanggungjawabkan.

 

Penilaian Tengah Semester 2- PTS 2

Salah satu bentuk penilaian yang akan dilaksanakan oleh sekolah atau madrasah adalah Penilaian Tengah Semester (PTS) 2, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 ini dilakukan setelah dilaksanakannya beberapa kali penilaian harian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), juga untuk setiap mata pelajaran di jenjang SMP/ Mts sederajat. Penilaian Tengah Semester (PTS) 2 ini dilakukan dengan tujuan untuk memeroleh rekam penilaian kompetensi siswa selama setengah semester untuk mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sehingga setiap guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki bahan evaluasi terhadap capaian hasi belajar siswa. Tentu sebagai masukan bagi guru maple Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk menentukan pola pembelajaran para parah kedua agar KBM lebih baik lagi.

 

Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 SMP/ MTs K 13 Semester 2, UNDUH DI SINI  

 

Demikian informasi yang bisa disampaikan tentang Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 SMP/ MTs  K13 Semester 2. Terima kasih atas atensinya pada aleepenaku.com. Semoga bermanfaat.

 

 

Post a Comment for "UNDUH Kumpulan Soal PTS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Jenjang SMP/ MTs Kurikulum 2013 Semester 2 Tahun 2023"