Tahukah Kita tentang Sepak Bola: Sudah Nonton PSS Sleman vs Persik Kediri?

Aleepenaku.com-Salam olah raga - Salam belajar pengetahuan dan pendidikan olah raga. Hobi Sepak Bola: Sudah Nonton PSS vs Persik? Admin aleepena meyakini para sahabat sudah menonton pertandingan sepak bola. Khususnya pada lanjutan BRI Liga 1 Tahun 2022/2023. 


Seperti dikutip dari Liputan6, setiap guru, siswa dan masyarakat umum dapat membacanya ya. Sangat menarik laga PSS Sleman dan Persik Kediri. Sebagaimana yang dijabarkan di media online liputan6 bahwa PSS Sleman mengalahkan Persik Kediri 2-1 pada lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo.


Bagi pecinta bola, menonton sepak bola sepertinya adalah sebuah keharusan. Bukan saja menonton di televisi, youtube atau platform lainnya. Bahkan, pehobi bola, bisa menonton hingga hadir di stadion. Bukan tanpa sebab ya. Namanya hobi dan senang, tidak bisa ditukar dengan materi. Meski kemana, juga bisa mengejar untuk menonton.

Nah, para sahabat guru dan siswa. Biasanya jika kita memiliki hobi yang kuat pada cabang olah raga tertentu, kita akan mengenal seputar oleh raga tersebut. Misalnya, hobi atau senang sepak bola. Maka, kita biasanya hafal terhadap aturan permainannya, atletnya, ukuran lapangan, perhitungan skor dan segala aspek lainnya yang terkait dengan olah raga tersebut.

Katakanlah sepak bola. Kita dapat mengetahui, siapa saja pemain yang berlaga pada BRI Laga I, khususnya antara tim PSS Sleman dan Persik Kediri. Nah, para sahabat dapat mencari nama-nama tim squad dari masing-masing tim ya. Baik dapat berkunjung ke laman klubnya, maupun membaca di banyak media online.

Tahukah Kita Tentang Sepak Bola?

Nah, di sini sahabat pentingnya kita belajar. Termasuk para guru dan siswa. Di Negara kita, Indonesia tercinta, sepak bola banyak digandrungi oleh masyarakat. Baik, remaja, anak-anak maupun dewasa Kita yakin ya, bahwa tidak semua yang memiliki hobi yang tinggi terhadap sepak bola, tidak serta merta dapat bermain sepak bola dengan baik, lho.

Jumlah Pemain

Nah, tahukah kita tentang sepak bola? Sebagaimana yang dijelaskan dalam laman wikipedia, bahwa Sepak bola ini merupakan suatu cabang olah raga dengan jumlah pemain yang telah ditentukan. Yakni, dalam bermaian, dalam satu tim berjumlah 11 pemain. Sepak bola juga dikenal dengan football atau soccer, akrab disebut dengan bola, di sebagian daerah kita ya.

Bola bundar dengan ketentuan khusus dimainkan oleh masing-masing pemain dalam tim. Kedua tim berebut untuk memasukkan bole ke gawang lawan. Selain pemain inti, juga terdapat pemain cadangan. Namun, untuk memutuskan siapa yang bermain, maka coach atau pelatih yang lebih tahu ya. Penonton, nonton saja. Hehehehe.

Berapa Banyak yang Bermain Bola di Dunia?

Menurut informasi dari wikipedia, bahwa olah raga sepak bola ini sudah  dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Setiap tim, pasti ingin mencetak gol sebanyak-banyaknya. Yaitu memasukan bola ke gawang lawan. Ingat waktu juga ya. Hal berbeda dengan olah raga lainnya, sepak bola dimainkan di lapangan terbuka yang cukup luas. Masing-masing tim memiliki gawang yang dijadikan sasaran goal bagi lawan.

Siapa Penjaga Gawang Itu?

Ingat ya, permainan sepak bola tanpa keeper, atau penjaga gawang karena kartu merah akan membahagiakan lawan. Sebab, akan lebih mudah untuk mencetak gol. Nah, siapa penjaga gawang itu? Ia adalah pemain yang bertugas menjaga gawang timnya agar tidak kebobolan oleh tim lawan. Biasanya kan stricker tuh yang menyerang. Jadi, bagaimana jika tidak ada penjaga gawangnya?

Nah, Penjaga gawang berhak menyentuh bola dengan tangannya, juga boleh lengannya di dalam area gawangnya sendiri ya. Namun, sepuluh pemain lainnya justru tidak boleh menyentuh bola dengan tangannya, di manapun posisinya berada. Unik, kan?

Siapa Pemenang dalam Sepak Bola?

Yuk, lanjutkan membaca. Nah, di laman wikipedia dijelaskan bahwa suatu tim yang mencetak gol terbanyak atau mampu mengumpulkan angka masuk paling banyak hingga di akhir pertandingan, maka tim itulah yang menjadi pemenangnya. Bagaimana jika skornya masih seimbang atau sama? angan khawatir, Wasit sangat paham dengan aturannya ya. Wasit akan memberikan waktu perpanjangan, juga bisa adu penalti lho. Seru, tidak? Itu yang biasa kita saksiskan ketika menonton bola.

Namun, ketika sebuah pertandingan dihelat resmi seperti liga dan kejuaraan lainnya, maka bagi tim yang memenangkan pertandingan akan memperoleh 3 poin. Bagi tim yang kalah akan memperoleh 0 poin dan bagi kedua tim yang berimbang maka akan mendapatkan poin 1 untuk masing-masing tim.

Sudah Tahun Piala Dunia FIFA?

Nah, setiap 4 tahun Federasi sepak bola dunia menghelat kejuaran sepak bola tingkat dunia, yang dikenal dengan Piala Dunia. Sudah pernah menonton? Perlu diperhatikan pula bahwa peraturan pertandingan sepak bola dunia, juga bisa diubah setiap waktu oleh induk organisasi sepak bola dunia, FIFA. Nah, ini yang perlu kita ketahui lanjut ya, mengapa peraturan itu perlu diubah, nih.

Sudah Tahu Sejarah Sepak Bola?

Selengkapnya tentang Sejarah Sepak Bola dunia, Pelajari DI SINI ya...


Aturan Lapangan sepak bola

Aturan lapangan sepak bola itu, standar international. Di dunia, di manapun ada lapangan sepak bola yang resmi klub, maka mengacu pada aturan tersebut. Perhatikan ya, bahwa dalam pertandingan internasional dewasa, maka ukuran dan aturan lapangan sepak bola internasional yang digunakan adalah panjang yang berkisar antara 100-120 meter serta lebar 65-75 meter.

Kemudian, dalam wikipedia dijelaskan bahwa pada bagian tengah kedua ujung lapangan itu, terdapat area gawang. Sedangkan bentuknyanya berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter serta tinggi 2.44 meter. Selanjutnya, pada bagian depan dari gawang, perhatikanlah bahwa di sana terdapat area penalti. Jaraknya adalah 16.5 meter dari gawang.Baru tahu, kan? Nah, area atau daerah inilah terluar batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan. Selain itu, area ini juga menjadi penentu sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidak.

Sudah Tahu Aturan Waktu Permainan? 

Perhatikan ya, untuk waktu normal permainan sepak bola adalah 2 × 45 menit. Kemduian untuk waktu istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Apabila ternaya, kedudukan kedua tim seimbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2 × 15 menit saja. Barulah nanti ada pemenang. Bagaimana bila kedudukannya masih sama? Wasit berhak menentukan cara berikutnya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Wasit juga berhak menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak, sebab waktu hilang karena pergantian pemain di tengah permainan yang berlangsung.  Adapun waktu tambahan dalam sepak bola dikenal dengan injury time atau stoppage time.

Nah, asyik juga ya membaca dan belajar tentang aturan sepak bola. Berarti, di sekolah guru dan siswa dapat belajar dan praktik langsung bermain bola. Jangan lupa ya, setiap siswa memiliki bakat yang tidak sama. Siapa tahu ada siswa yang hebat dan ingin menjadi pemain bola nasional, keren kan?

Sumber artikel: https://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola

Itulah sahabat tentang sepak bola yang perlu kita tahu, ya. Jika tak menonton PSS Sleman dan Persik Kediri, mungkin saja kita tak memperhatikan aturan sepak bola ya. Kecuali memang sudah mengetahui sejak lama. Salam pendidikan, Salam hebat.

Post a Comment for "Tahukah Kita tentang Sepak Bola: Sudah Nonton PSS Sleman vs Persik Kediri?"