Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif: Soal Praktik Pendidikan Kolonial Apa yang Pernah Anda Lakukan Selama Menjadi Guru?

Aleepenaku.com-Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif: Soal Praktik Pendidikan Kolonial Apa yang Pernah Anda Lakukan Selama Menjadi Guru? Nah, admin ingin mengomunikasikan tentang bagaimana seorang guru dapat melakukan Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif: Soal Praktik Pendidikan Kolonial Apa yang Pernah Anda Lakukan Selama Menjadi Guru.


Sudah banyak yang membahas tentang cerita reflektif. Namun demikian, tulisan ini dapat memperkaya pengetahuan guru dan kita semua. Apalagi, dalam memahami cerita reflektif ini menjadi bahan renungan sekaligus refleksi bagi guru. Artinya, akan menjadi suatu pelajaran agar dapat melakukan kegiatan pembelajaran yang terbaik.

Pengertian Pendidikan Kolonial

Sebagaimana dipaparkan pada laman http://hardiynti22.blogspot.com bawah pendidikan kolonial merupakan penyelenggaraan pendidikan dengan menerapkan atau menggunakan asas-asas kolonial. Asa tersebut dapat berupa metafisika ,epistemologi, dan aksiologi.

Sedangakan rentang waktu secara objektif, yakni dimulai sejak abad ke-20. Namun, pendidikan kolonial baru terjadi  pada pertengahan abad ke-19. Dalam beberapa sumber bacaan disebutkan bahwa pemerintah kolonial menganggap tanah jajahan atau negara jajahan perlu beradab dengan huruf latin dan epistemologi positif.

Selengkapnya, dapat dibaca di http://hardiynti22.blogspot.com/2016/12/pendidikan-kolonial.html


Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif: Soal Praktik Pendidikan Kolonial Apa yang Pernah Anda Lakukan Selama Menjadi Guru

Nah, marilah kita mencoba memahami tentang Soal praktik pendidikan kolonial apa yang pernah anda lakukan selama menjadi guru? Soal demikian merupakan soal post test Merdeka Mengajar Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif, seperti yang diketahui para guru semuanya.

Adanya tulisan ini, menjadi salah satu bahan bacaan atau perbandingan sebagai jawaban apabila guru melaksanakan tugas post test tersebut. Harapannya, tetap diperkaya dengan khazanah pengetahuan yang semakin dan terus berkembang.


Soal dan Jawaban

Guru dapat memahami soal dan jawaban sebagai bagian upaya memperkaya pengetahuan serta merefleksi diri tentang topik terkait.

Soal

Soalnya: Praktik pendidikan kolonial apa yang pernah anda lakukan selama menjadi guru?


Jawaban

Salah satu pilihan jawaban yang dapat ditulis, misalnya sebagai berikut:

Saya sebagai guru yang mengajar dengan gaya idealis, tentu menginginkan siswa yang pintar, nilainya tinggi dan memiliki tulisan bagus. Saya inginkan siswa aktif belajar dan mampu secara kognisi dengan bukti mereka memperoleh nilai yang tinggi. Jika ada siswa yang tidak mencapai KKM, ini adalah sebuah kegagalan. Apalagi siswa memperoleh nilai di bawah rata-rata, saya anggap siswa tersebut tidak pintar. Saya cenderung menyalahkan siswa yang ramai di kelas, banyak bicara tapi nilai ulangannya rendah.


Pengetahuan Tentang Pendidikan Masa Penjajahan

Seperti diketahuai bahwa pendidikan pada masa penjajahan Belanda pada awalnya, memang untuk oirang-orang Belanda dan Bangsawan untuk memenuhi kebutuhan bangsa Belanda di Indonesia. Selanjutnya, digunakan sebagai "senjata" untuk memperalat tenaga kerja yang dibayar murah untuk bekerja di perusahaan penjajah.

Adanya kasta untuk menempuh pendidikan di masa kolonial, menjadikan sistem pendidikan pada zaman kolonial sebagai sistem pendidikan yang rumit. Tidak semua orang bisa belajar. Kental dengan adanya diskriminasi. Pendidikan dibuat untuk kepentingan penjajah yang berada di Indonesia.

Dengan demikian, ada kesan negatif terhadap diskriminasi pendidikan bagi rakyat Indonesia yang tidak bisa mengenyam pendidikan. Namun demikian, juga ada hal positif. Dibaca dari berbagai sumber bahwa menjelang kemerdekaan RI, sudah banyak rakyat biasa di negara kita yang terpelajar dan bisa membaca.


Direkomendasikan juga:

Info Pendidikan Terkini


Admin aleepenaku.com berterima kasih atas atensinya yang telah membaca tentang Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif: Soal Praktik Pendidikan Kolonial Apa yang Pernah Anda Lakukan Selama Menjadi Guru?. Selamat dan sukses. Salam literasi.

Post a Comment for "Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif: Soal Praktik Pendidikan Kolonial Apa yang Pernah Anda Lakukan Selama Menjadi Guru?"