Cara Mendaftar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Tahun 2023

Aleepenaku.com-Cara Mendaftar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Tahun 2023. Sebenarnya, apakah UKKJ itu? Program uji kompetensi kenaikan jenjang (UKKJ) merupakan uji kompetensi kenaikan jenjang jabatan fungsional guru, uji kompetensi kenaikan jenjang jabatan fungsional, uji kompetensi kenaikan jenjang guru ataupun ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah. 

Sumber Gambar tangkapan layar: https://ujikompetensi.simpkb.id/profil

Oleh karena itu, bagi sahabat guru PNS yang sedang mengurus Jabatan Fungsional, maka perhatikan cara mengikuti Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Tahun 2023. Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Tahun 2023 ini dilakukan terlebih dahulu melengkapi biodata diri dan berkas penting.

Apakah Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah itu?

Sebagaimana yang dijelaskan pada laman https://ujikompetensi.kemdikbud.go.id/ukk, bahwa Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah adalah proses pengukuran dan penilaian kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dari seorang Jabatan Fungsional Guru atau Pengawas Sekolah untuk menentukan kelayakan yang bersangkutan naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi di atasnya. 

Tujuan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) 

Tujuan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) adalah sebagai berikut:

  1. untuk mengukur dan menilai kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural Guru dengan Jabatan Fungsionalnya. Maupun Pengawas Sekolah yang akan naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi.
  2. Untuk menentukan kelayakan Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah untuk naik ke jenjang satu tingkat  lebih tinggi. 
  3. Untuk pengembangan karier pemangku Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah dalam melaksanakan tugas dan fungsi jabatan yang berpusat pada peserta didik.

Asesmen Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ)

Asesmen atau cara penilaian Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah terutama bagi guru dan pengawas pada Jenjang Ahli Madya ke Ahli Utama:

Computer Test

Coaching

Interview 2

Tes Penilaian Situasi (SJT), 60%: Peserta akan dihadapkan dengan soal cerita berisi situasi sehari-hari sebagai guru/pengawas, dan diminta untuk memberikan respon paling efektif berdasarkan pilihan jawaban yang tersedia

Simulasi Coaching, 20%: Peserta akan bermain peran bersama 1 orang aktor dan diobservasi oleh 2 orang asesor dalam ruang pertemuan virtual/daring berdasarkan satu kasus/situasi yang disampaikan oleh asesor

Wawancara, 20%: Peserta akan diberikan pertanyaan oleh 2 orang asesor yang akan menggali pengalaman dan perilaku peserta selama bertugas menjadi guru dan Pengawas di sekolah.

Program Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) 

Program Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) merupakan program yang ditujukan dalam rangka melakukan pengukuran dan penilaian terhadap penguasaan kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural bagi GTK. Sehingga, GTK tersebut dapat menduduki jenjang jabatan setingkat lebih tinggi.

Syarat Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Tahun 2023

Adapun yang perlu disiapkan untuk Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Tahun 2023, sebagai berikut.

  1. Biodata (CV)
  2. Dokumen Penting

Sedangkan untuk dokumen penting, yang harus diunggah adalah sebagai berikut.

SK Kenaikan Pangkat Terakhir

Dokumen Surat Keputusan Kenaikan Pangkat Terakhir

Salinan PAK III/C

Penilaian Prestasi Kerja 2021

Penilaian Prestasi Kerja 2022

Pakta Integritas Uji Kompetensi, diunduh dari laman Uji Kompetensi.

Cara Mendaftar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Tahun 2023

Berikut Cara Mendaftar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Tahun 2023, bagi sahabat GTK yang mau Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang: Silakan Klik Gambar berikut.

sumber gambar: https://ujikompetensi.simpkb.id/profil

Silakan lakukan langkah berikut:

Login, klik gambar di atas.

Lengkapi Biodata, lalu simpan.

Unggah berkas peting dalam format pdf.

Unduh template pakta integritas, lalu unggah.

Kirim berkas.

Selesai.


Demikian informasi tentang Cara Mendaftar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Tahun 2023. Semoga bermanfaat.



Post a Comment for "Cara Mendaftar Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Tahun 2023"