Twibbon Keren Semangat Memperingati Pramuka Indonesia 14 Agustus 2023

Aleepenaku.com-Twibbon Keren Semangat Memperingati Pramuka Indonesia 14 Agustus 2023. Agustus adalah bulan bersejarah. Benar-benar banyak sejarah di bulan Agustus ini. Twibbon Keren Semangat Memperingati Pramuka Indonesia 14 Agustus 2023 sebagai upaya meningkatkan motivasi untuk lebih hebat lagi. Terutama bagi anak didik pramuka. Pramuka, sebagai gerakan kepanduan memiliki sejarah yang panjang.

Twibbon Keren Semangat Memperingati Pramuka Indonesia 14 Agustus 2023

Ayo pasang foto siswa, guru dan Pramuka ke dalam bingkai Twibbon Keren Semangat Memperingati Pramuka Indonesia 14 Agustus 2023, klik Choose Photo, di bawah ini.

Twibbon Hari Pramuka Resmi ke 62 tahun 2023. Yuk dukung  buat! Dan meriahkan !









Sejarah Singkat Pramuka Indonesia

Sebagaimana yang dijelaskan pada laman https://pramukarek.or.id bahwa Gerakan Pramuka atau biasa dikenal dengan Pramuka lahir pada tahun 1961. Tentu saja berkaitan dengan peristiwa-peristiwa sekitar tahun 60-an. Diketahui bahwa sebenarnya perkumpulan tentang gerakan kepanduan, saat itu memang cukup banyak. Bahkan disebutkan bahwa sebenarnya jumlah itu tidak sepandan atau tidak seimbang dengan jumlah seluruh anggota perkumpulan itu. 

Peraturan yang terbit saat masa perintisan tersebut yaitu Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960, tanggal 3 Desember 1960 tentang rencana pembangunan Nasional Semesta Berencana. Memang, pada tahun 1960 masih terbentuk MPRS.
Selanjutnya, pada pasal 330 C dalam ketetapan ini menyatakan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila. Pasal lain mengenai penertiban tentang kepanduan (Pasal 741) dan pendidikan kepanduan supaya diintensifkan dan menyetujui rencana Pemerintah untuk mendirikan Pramuka (Pasal 349 Ayat 30).

Kemudian, Pesiden/ Mandataris MPRS pada 9 Maret 1961 mengumpulkan tokoh-tokoh dan pemimpin gerakan kepanduan Indonesia. Di mana tempatnya? Pertemuan tersebut bertempat di Istana Negara. Pada saat itu, Presiden mengungkapkan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode dan aktivitas pendidikannya. Dengan demikian organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut Pramuka. 
Diketahui pula bahwa Presiden juga menunjuk panitia: yaitu:
Sri Sultan Hamengku Buwono IX, 
Menteri P dan K Prof. Prijono, 
Menteri Pertanian Dr.A. Azis Saleh dan 
Menteri Transmigrasi, Koperasi dan Pembangunan Masyarakat Desa, Achmadi. 

Selanjutnya, lahirlah  Keputusan Presiden RI No.112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dengan susunan keanggotaan seperti yang disebut oleh Presiden pada tanggal 9 Maret 1961.

Kemudian, terbit juga Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 121 Tahun 1961 tanggal 11 April 1961 tentang Panitia Pembentukan Gerakan Pramuka. 
Anggota Panitia ini terdiri dari:
Sri Sultan (Hamengku Buwono IX), 
Prof. Prijono, 
Dr. A. Azis Saleh, 
Achmadi dan 
Muljadi Djojo Martono (Menteri Sosial).

Barulah panitia tersebut mengolah Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, sebagai Lampiran Keputusan Presiden R.I Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka.

Selengkapnya tentang Sejarah Pramuka Indonesia, dijelaskan pada sumber: https://pramukarek.or.id/index/sejarah-pramuka-indonesia/

Demikianlah informasi  tentang Twibbon Keren Semangat Memperingati Pramuka Indonesia 14 Agustus 2023. Semoga terus bersemangat bersama pramuka Indonesia.

Post a Comment for "Twibbon Keren Semangat Memperingati Pramuka Indonesia 14 Agustus 2023"