Twibbon Keren Masa Kejayaan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 754 Tahun 2023

Aleepenaku.com-Twibbon Keren Masa Kejayaan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 754 Tahun 2023. Twibbon Keren Masa Kejayaan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 754 Tahun 2023 sebagai informasi dan sosialisasi tentang Masa Kejayaan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 754 Tahun 2023.

KLIK: UNGGAH FOTO DI SINI

Sejarah Singkat Kabupaten Sumenep

Sebagaimana ditulis dalam sumber wikipedia dan aleepenaku.com Kabupaten Sumenep adalah kabupaten yang memiliki sejarah panjang. Sebab, telah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Tepatnya sejak 753 tahun lalu. Kabupaten Sumenep ini terletak paling ujung timur pulau Madura.

Tentu saja, Kabupaten Sumenep memiliki banyak kekayaan alam, beragam budaya, adat istiadat, destinasi wisata, kuliner, kerajinan tangan, dan destinasi yang menarik lainnya.

Sebagiamana dikuti dalam id.wikipedia.org bahwa Sumenep pada zaman dahulu bernama Songenep. Songenep terdiri dari dua kata: kata "Sung" berarti sebuah lembah maupun cekungan. Kemudian, kata "enep" berarti suatu endapan yang tenang. Artinya, Songenep (dalam bahasa Madura) adalah lembah yang tenang. 

Diksi Songenep telah ada dan disebutkan serta populer sejak zaman kerajaan Singasari yang berkuasa di tanah Jawa, termasuk tanah Madura. Perlu diketahuai, bahwa dalam kitab Pararaton menyebutkan tentang Songengep, ketika Prabu Kertanegara menyingkirkan Arya Wiraraja. Arya Wiraraja merupakan penasihat kerajaan di bidang politik serta pemerintahan. Arya Wiraraja disingkirkan ke Songenep, (Sumenep, Jawa Timur) pada tahun 1629 M. (id.wikipedia.org)

Bagi sahabat yang belum pernah berkunjung ke Sumenep, diharapkan bisa datang untuk menikmati banyak destinasi wisata yang memukau. Termasuk wisata peninggalan bersejarah di Kabuaten Sumenep yang masih ada dan terawat. Peninggalan sejarah yang terkenal adalah Keraton Songenep.

Sumenep juga memiliki banyak pulau. Baik berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Sedangkan, pulau terjauh dari pusat kota Sumenep, yaitu Pulau Karamian di Kecamatan Masalembu. Terdapat sekira78 pulau tidak berpenghuni. 

Sebagaimana yang disebutkan atau dijelaskan dalam laman Sejarah dan Kondisi Kabupaten Sumenep bahwa pada tahun 1269 M, Arya Wiraraja diangkat oleh Prabu Kertanegara sebagai Adipati Pertama di Songenep. Maka dengan demikian, sampai saat ini Kabupaten Sumenep telah berdiri sekitar 753 tahun.

Calender of Event 2023 Sumenep Masa Kejayaan


Januari: tanggal 15-22 Januari Calender of Event 2023 Pameran Lukisan Sumenep Masa Kejayaan.
Februari: tanggal 19 Festival Kreasi Anak Yatim, dan tanggal 26 Parade Drumband Pelajar
Maret: tanggal 12 – Kerapan Sapi, tanggal 18 – Pemilihan Duta Wisata Kacong Cebbing
April: Tanggal 27 – Festival Layangan LED (Nigh Kite Fest)
Mei: Tanggal 13 – Festival Tan Pangantanan, tanggal 21 – Festival Jaran Serek
Juni: Tanggal 11- Sumenep Heritage Beach Marathon, Tanggal 30 – Open Badminton
Juli:  Tanggal 1-2 Gili Iyang Oxygen Sunmori Funbike, tanggal 9- Sumenep Investment Summit, Salt Jazz Festival, tanggal 16 Festival Paralayang, tanggal 30 – Fun Colouring Competion 2023 & Pentas Milenial.
Agustus: Tanggal 19-20 – Motor Cross Champion, Kerapan Sapi, Jamas Keris, Pameran Keris dan Akik, Pameran Bonsai dan Ukir, Sumenep Culture Festival (Soul Of Madura), Pagelaran Seni Budaya se-Madura, Festival Batik Madura, Parade Musik Tong-Tong Indoor, Bos Reborn Konser bersama artis Papan Atas, Produk Unggulan UMKM, Senam Masal Indoor (Stadion A Yani), tanggal 26 Agustu Turnamen Kasti.
September: Tanggal 16 -Mudara Etnhic Carnival (Pelangi di Sumenep), tanggal 17- Festival Musik Tong-Tong Semadura, Festival Tembakau Nusantara, tanggal  24 -Sumekar Procesion Air Rifle Competion
November: Tanggal 12 -Cat’s Festival, tanggal 19 – Enduro Racing Champion, Sweet Unniversary
Oktober: Tanggal 1- Haul Raja-Raja Sumenep, tanggal 7- Turnamen Tennis, tanggal 7-8 Motor Cross Championsip, tanggal 8 -Dragrace, tanggal 15 – Turnamen Kasti, MTB Bumi Jokotole #2, tanggal 21- Lomba Burung Perkutut, tanggal 22 – Terraks Trail Adventure, Festival Burung Pelung, tanggal 28-29 Lomba Balap Burung Merpati, Kontes Ayam Bekisar, Prosesi dan Pawai Budaya HJS 754 (Festival Kota Toea), Old Community Gathering (Onthel Vepas dan Mercy), Pesta Rakyat Perkecamatan, Konser Musik, Pameran Produk Unggulan UMKM, Sumenep Fishing Tourism SFT, Sumenep Explore 4×4 Offroad (Jeep 4×4).
Desember: Tanggal 2 – Sumenep Morning Fresh (Senam Massal), tanggal 12-Gathering Perbankan Pengusaha, BUMN, tanggal 16- Madura Award (outdoor).
Seluruh rangakaian Calender of Event 2023 Sumenep Masa Kejayaan akan ditutup dengan Syukuran Akhir Tahun di penghujung tahun tanggal 30 Desember 2023



Twibbon Keren Masa Kejayaan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 754 Tahun 2023

Twibbon Keren Masa Kejayaan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 754 Tahun 2023 ini dibuat oleh Kominfo Kabupaten Sumenep. 
Ayo segera pasang foto terbaik pada bingkai Twibbon Keren Masa Kejayaan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 754 Tahun 2023 di bawah ini.


KLIK: UNGGAH FOTO DI SINI

Demikian informasi tentang Twibbon Keren Masa Kejayaan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 754 Tahun 2023. Semoga bermanfaat. Jayalah Sumenep kita.

Post a Comment for "Twibbon Keren Masa Kejayaan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 754 Tahun 2023"