Link Twibbonize Keren Hari Batik Nasional Tahun 2023

Aleepenaku.com-Link Twibbonize Keren Hari Batik Nasional Tahun 2023. Link Twibbonize Keren Hari Batik Nasional Tahun 2023 ini bagian dari informasi dari admin sebagai upaya sosialisasi dan promosi batik nasional bangsa Indonesia. Ayo kita mempertahankan batik sebagai warisan kekayaan bangsa yang berbasis kearifan lokal. Sehingga sangat penting dan mampu untuk menghargai, mengembangkan dan patut kita apresiasi. Kita juga dapat terus mengembangkan kharisma dan kekayaan Batik Indonesia. 

Sejarah Singkat tentang Batik

Marilah kita pelajari secara ringkas tentang sejarah batik di negara kita. Sesuai dengan informasi pada laman jabarprov.go.id/index.php/pages/id/300 dijelaskan tentang batik. Batik itu ada dimulai sejak zaman kerajaan Majapahit. Berarti sejak zaman itu, sudah ada atau dikenakan kain batik atau pakaian batik yang tidak terlepas dari tradisi kerajaan.

Kemudian, batik diketahui pula bahwa sebenarnya batik juga ada sejak masa penyebaran agama Islam di Indonesia. Khususnya di daerah pulau Jawa. Termasuk sudah ada pada zaman kerajaan Mataram. 

Apakah Batik itu?

Seperti diketahui bahwa batik itu dikenal terdapat di Solo dan Yogyakarta. Bahkan sangat terkenal bahwa kota Solo dan Yogyakarta identik juga dengan kota batik.

Yuk simakbahwa batik ini sebenarnya merupakan karya seni yang luar biasa.  Seni batik berarti seni lukis atau gambar pada kain tertentu dengan motif dan corak yang beragam. Motif dan corak pada lukisan batik, biasanya relevan atau sesuai dengan kebudayaan daerah setempat. 

Oleh karena itulah bahwa gambar pada batik sarat dengan muatan nilai filosofi. Motif dan corak pada batik  juga dapat mencerminkan kondisi masayarakat di daerah tersebut.

Pembuatan Batik

Untuk membuat batik, bahan dan alat yang diperlukan salah satunya adalah pewarna dari tumbuhan. Biasanya untuk pewarna ini juga dibuat sendiri terlebih dahulu. 

Bahan pewarna, misalnya percampuran: 

pohon mengkudu, 

saga, 

soda abu dan 

garam dari tanah lumpur.

Contoh Daerah Penghasil Batik

Terdapat ragam batik dari: Solo, Yogyakarta, Sumenep, Pamekasan, Bangkalan, Pekalongan, Bondowoso dan lain sebagainya. 

Motif Batik

Motif batik banyak sekali. Baik batik tulis maupun batik cap. 

Misalnya batik dari Sumenep berupa motif serat kayu, labhang mesem, dan sebagainya, 

Batik motif dengan singkong dan tembakau berasal dari Bondowoso. 

Tentu dari daerah lainnya juga sangat kaya motif yang beragam.


Link Twibbonize Keren Hari Batik Nasional Tahun 2023

 Ayo gunakan Link Twibbonize Keren Hari Batik Nasional Tahun 2023 di bawah ini. Klik: Unggah Foto 



Informasi penting lainnya silakan dapat dibaca juga:


Kurikulum Merdeka:


RPP dan Administrasi Guru 👇:

Demikian hal yang bisa disampaikan tentang Link Twibbonize Keren Hari Batik Nasional Tahun 2023. Terima kasih disampaikan kepada Anda yang telah berkunjung ke blog sederhana ini, aleepenaku.com. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Link Twibbonize Keren Hari Batik Nasional Tahun 2023"