Mengenal Sistem Pernapasan Pada Manusia


Pernahkah kita menghitung seberapa banyak kita bernapas setiap hari? Jangankan setiap hari, bahkan setiap detik pun kita memerlukan oksigen. Nah, bagaimana kita bernapas? Apa saja organ yang berperan penting dalam pernapasan? Bagaimana sistem pernapasan pada manusia bekerja?

 Kita bernapas bertujuan untuk memasukkan udara ke dalam tubuh. Tentu saja udara yang kita hirup itu mengandung oksigen. Untuk apa oksigen itu? Oksigen dibutuhkan tubuh kita sebagai manusia untuk mendapatkan energi dari makanan. Nah, energi itulah yang menggerakkan semua proses kehidupan. Hal inilah yang sangat penting pada tubuh kita.

Berdasarkan kajian para ahli anatomi terdahulu, diketahui bahwa manusia memiliki organ pernapasan yang sangat penting, yaitu: hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru/ alveolus.

Sumber Gambar: Buku Siswa Kelas V, Puskurbuk Kemdikbud Edisi Rev. 2017 Hal: 14 tema 2


Mari kita kenali satu persatu.

1. Hidung. Pertama-tama yang terjadi adalah masuknya udara melalui lubang hidung kita. Masuk ke rongga hidung. Seprti kita ketahui, bahwa dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal. Fungsinya adalah untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara. Kemudian juga dilembapkan oleh selaput hidung.

2. Faring. Faring adalah area persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian

depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang.

3. Laring. Laring terdapat di bagian belakang faring. Laring disebu juga atau tekak (jakun) yang terdiri dari 9 susunan tulang rawan berbentuk kotak.

4. Trakea/ batang tenggorokan. Silia adalah jaringan pada trakea dan dapat bergerak dan mendorong keluar debu-debu dan bakteri yang masuk.

5. Bronkus. Bronkus merupakan area atau daerah cabang dari trakea. Bronkus sendiri terdiri dari 2, yaitu bronkus kiri dan kanan.

6. Bronkiolus. Bronkiolus adalah percabangan dari bronkus.

7. Alveolus .Alveolus terletak di dalam paru-paru. Di sinilah tempat terjadinya

pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Alveolus tersebut dikelilingi beberapa kapiler darah dan berbentuk seperti buah anggur, gelembung-gelembung udara.

 

Sumber Gambar: Buku Siswa Kelas V, Puskurbuk Kemdikbud Edisi Rev. 2017 Hal: 14 tema 2


Bagaimana proses terjadinya pernapasan pada manusia?

Mula-mula udara masuk melalui lubang hidung. Kemudian udara berlanjut masuk ke dalam batang tenggorokan kita. Kemudian udara turun ke paru-paru. Dan di dalam paru-paru, oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus.

Selanjutnya, karbon dioksida dari pembuluh darah masuk ke dalam paru-paru.  Kemudian dibuang ketika kita mengembuskan napas ke luar.

Keterangan: Batang tenggorokan merupakan sebuah pipa mulai dari belakang hidung dan mulut.

Kemudian, untuk mengenal lebih mendalam lagi, marilah kita meningkatkan pengetahuan kita dengan menjawab pertanyaan terkait dengan sistem pernapasa pada manusia ini.

Untuk mengingat dengan jelas, apa saja organ pernapasan pada manusia?

Apakah fungsi rambut-rambut pendek dan tebal di rongga hidung?

Apakah fungsi bronkeolus?

Apakah kegunaan bronkus?

Di manakah tempat terjadinya pertukaran oksigen?

Apakah oksigen dan karbon dioksida itu?

Bagaimanakah proses manusia bernapas?

Apakah yang terjadi jika sistem pernpasan kita terganggu?

 

Nah, pertanyaan tersebut penting untuk dijawab guna memahami bahwa sistem pernapasa sangat penting bagi hidup kita.

Sumber: Buku Siswa Kelas V, Puskurbuk Kemdikbud Edisi Rev. 2017 Hal 14-15 Tema 2

 

Untuk belajar dan mendapatkan informasi lainnya, silakan baca juga:

Macam-macam otot pada manusia

Kelainan pada tulang manusia

Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam belajar bersama aleepenaku.com di sini.

1 comment for " Mengenal Sistem Pernapasan Pada Manusia "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.