Twibbon Ceria Ayo Gerakkan Literasi Siswa dan Guru di Sekolah

Aleepenaku.com-Twibbon Ceria Ayo Gerakkan Literasi Siswa dan Guru di Sekolah merupakan upaya menggerakkkan kegiatan literasi melaui poster berbingkai ini. Sebagaimana diketahui, bahwa twibbon seringkali menjadi media untuk melakukan sosialisasi dan promosi dari setiap event atau kegiatan tertentu. 


Dalam sebuah buku Bedah Literasi Kelas, dijelaskan tentang pentingnya kegiatan literasi kelas dan gerakan literasi sekolah. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah upaya yang senantiasa dilakukan secara holistik agar sekolah dapat menjadi satuan pendidikan dengan kegiatan pembelajaran serta warganya menjadi literasi melalui pelibatan publik atau publikasi umum (Kemdikbud, 20216).

Implementasinya, dalam gerakan literasi kelas harus melibatkan seluruh warga sekolah dimulai dari guru, siswa, kepala sekoah, tenaga kependidikan lain, pengawas sekolah, komite dan wali siswa. Hal ini penting untuk membangun kesepahaman antara para pihak. Lebih baik lagi, jika para pihak tersebut dapat bekerja sama untuk membangun iklim literat di sekolah atau madrasah.

Tahapan kegiatan literasi di sekolah, terdiri dari Pembiasaan, Pengembangan, Pembelajaran. Pada tahap pembiasaan, siswa diajak untuk berkegiatan literasi dengan membiasakan membaca yang menyenangkan. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa.

Pada tahap Pengembangan, dilakukan berupa kegiatan menanggapi terhadap bahan bacaan. Pada tahap ini ada kegiatan menulis efektif dalam menerjemahkan bahan bacaan menjadi tulisan bermakna. Tulisan siswa tesebut merupakan buah dari pikiran dan mind set literasi terhadap buku bacaan yang dibaca.

Pada tahap pembelajaran, aktivitas literasi dilakukan untuk meningkatkan kompetensi literasi pada semua pelajaran atau muatan pelajaran. Kegiatan yang dilakukan, salah satunya menggunakan buku pengayaan yang mendukung pengetahuan untuk semua mata pelajaran. Kemudian, siswa mampu mengembangkan apa yang dibacanya menjadi pengalaman baru. Sehingga, siswa mampu berpikir literat dan kritis, mengolah dan mengelola informasi dan komunikasi secara tepat.

Guru berperan strategis pada aktivitas literasi ini. Yakni, guru harus mampu menjadi inisiator bersama siswa, motivator, fasilitator hingga dapat mengevaluasi sejauh mana perkembangan kegiatan literasi di sekolah.

Maka, aktivitas literasi melalui program literasi perlu terus ditumbuhkan. Salah satunya yaitu dengan mempromosikan gerakan literasi sekolah, mengajak semua warga sekolah berliterasi serta mengelola kelas menjadi kelas literasi dengan baik. 

Twibbon Ceria Ayo Gerakkan Literasi Siswa dan Guru di Sekolah ini bagian dari kegiatan literasi untuk mengajak guru dan siswa serta masyarakat akademik lainnya untuk bersama-sama menggelorakan semangat literasi.

Untuk menggunakan Twibbon Ceria Ayo Gerakkan Literasi Siswa dan Guru di Sekolah ini, silakan bisa memilih foto terbaiknya dan klik tautan berwarna biru di bawah ini.

Yuk, Kita Gunakan Twibbon Ceria di atas, Pasang Foto Di Sini.

Yuk, Ajak semua Gunakan Twibbon Ceria di atas, Pasang Foto Di Sini.

Yuk, Gunakan Twibbon Keren Ceria di atas, Pasang Foto Di Sini.

Yuk, Gunakan Twibbon Ceria dan Keren di atas, Pasang Foto Di Sini.

Yuk, Gunakan Twibbon Ceria di atas, Pasang Foto Di Sini.

Informasi twibbon lainnya, silakan kunjungi, di sini.

Informasi yang sering diunduh juga:

4 comments for "Twibbon Ceria Ayo Gerakkan Literasi Siswa dan Guru di Sekolah"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.