KKTP SEMUA MATA PELAJARAN FASE A KELAS 1 KURIKULUM MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Aleepenaku.com-KKTP Semua Mata Pelajaran Fase A Kelas 1 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024. KKTP Semua Mata Pelajaran Fase A Kelas 1 Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023-2024 ini sebagai informasi kepada guru kelas 1 fase A agar dapat dijadikan bandingan atau salah satu bahan referensi menyusun KKTP.

PENGERTIAN KKTP 

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran atau biasa disebut dengan KKTP merupakan instrumen yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar (SD) untuk mengetahui atau sebagai standar ketercapaian tujuan pembelajaran yang dilaksanakan. KKTP Kelas 1 SD/MI ini merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai KKTP Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2.

PENDEKATAN PENYUSUNAN KKTP

Sebagaimana dijelasakan pada laman pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id bahwa ada beberapa pendekatan dalam menyusun KKTP Kurikulum merdeka

MENGGUNAKAN DESKRIPSI DALAM MENYSUN KKTP

Dalam pendekatan ini, pendidik telah menetapkan serangkaian kriteria ketercapaian yang terkait dengan tugas, proyek akhir, proyek penutup tema, atau apa pun yang ingin diukur. 

Centanglah kotak centang pada kriteria yang memadai untuk peserta didik yang guru anggap telah mencapai tujuan pembelajaran.


CONTOH KKTP MENGGUNAKAN RUBRIK

Pendekatan ini mengadopsi penggunaan rubrik sebagai alat untuk mengukur sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang guru tetapkan. Dalam rubrik ini, deskripsi lebih mendalam dan komprehensif dibandingkan dengan deskripsi kriteria yang biasa digunakan. Dengan adanya deskripsi yang lebih rinci, kita dapat menilai dengan lebih akurat apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah guru tetapkan atau belum.

Selain itu, penting untuk mencantumkan kesimpulan pada akhir kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Kesimpulan ini akan menjadi penentu apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah guru tetapkan atau masih perlu melakukan perbaikan. Dengan menggunakan pendekatan ini, kita dapat mengukur kemajuan peserta didik dengan lebih objektif dan memberikan umpan balik yang lebih konstruktif.

CONTOH KKTP KELAS 1 SD MENGGUNAKANA INTERVAL NILAI

Untuk menerapkan pendekatan ini, pendidik atau lembaga pendidikan dapat menggunakan rubrik atau nilai dari tes. Sebelumnya, pendidik harus menetapkan interval dan langkah-langkah yang akan diambil untuk para peserta didik. Dalam menetapkan interval, pendidik atau lembaga pendidikan memiliki kebebasan untuk memilih interval yang sesuai. Ini akan membantu menciptakan pendekatan yang profesional dan efektif dalam proses pembelajaran.


KKTP KELAS 1 SD SEMESTER 1 DAN 2


KKTP Kurikulum Merdeka Fase A Semester 1 = UNDUH


KKTP Kurikulum Merdeka Face A Semester 2 = UNDUH

Post a Comment for "KKTP SEMUA MATA PELAJARAN FASE A KELAS 1 KURIKULUM MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2023-2024"