Pedoman Penyusunan Laporan Narakarya I


Narakarya adalah kegiatan pengabdian kepramukaan setelah mengikuti Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD). Penyusunan Laporan Narakarya tersebut dapat disajikan dengan sistematika sebagai berikut.

A.  BAGIAN AWAL
1.   Sampul Judul
Halaman sampul adalah halaman paling luar laporan. Pada halaman sampul memuat tulisan: (a) Judul Laporan (b) Laporan Narakarya I, (c) Logo Nara Karya, (d) Identitas Gugusdepan, Kwarran, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (f) Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar dan Tahun Pembuatan Laporan. Font yang digunakan adalah Times New Roman 14'. 12'
Contoh Judul:
“PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BERKARAKTER BERBASIS KEGIATAN KEPRAMUKAAN  MELALUI KEGIATAN NARAKARYA I DI GUGUSDEPAN 01.83-84 SDN PAJAGALAN II SUMEENP”

"KEGIATAN NARAKARYA I DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN PESERTA DIDIK DI GUDEP 01.83-84 SD PAJAGALAN II SUMENEP"

 2.   Lembar Pengesahan
Halaman pengesahan adalah lembar legalisasi Laporan Narakarya oleh pihak yang berkompeten yang terdiri dari: (a) Tulisan Halaman Pengesahan, Paling atas (b) Judul Laporamn (c) Laporan Narakarya sebagai bentuk pengabdian setelah mengikuti KMD dan disetujui pada tanggal ...., (d) Tempat dan tanggal tahun pengesahan, (e) Menyetujui, Pelatih Pendamping (nama dengan gelar) (f) Mengesahkan Pusdiklatcab  

Halaman Pengesahan dapat menyesuaikan dengan petunjuk dan arahan Pelatih Pendamping, termasuk isi dari Laporan Narakarya dapat meminta petunjuk dan bimbingan teknis dari Pelatih Pendamping.

3.   Kata Pengantar
Kata pengantar adalah pengantar dalam penulisan laporan narakarya I yang memuat tulisan: (a) Kata Pengantar (centre), (b) Ucapan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa, (c) pentingnya Narakarya I dan Judul Laporan serta tujuan penulisan laporan, (d) Ucapan terima kasih pada pihak terkait (e) Ucapan Permohonan Maaf Atas kekurangan dalam tulisan, mohon kritik dan saran, dll, (f) Tempat, Tgl dan tahun penanda tanganan, (g) Ttd dan Nama Terang Penulis.
Penulisan: (a) Kata Pengatar ditulis Capital bentuk Center, (b) Isi kata pengatar tiap alinea huruf awal diketik huruf Capital dengan tek menjorok kedalam 1,2 mm, (c) isi tek kata pengatar diketik dengan bentuk Justify.

4.   Daftar isi
Daftar isi memuat: (a) Kata Pengantar, (b) Bagian Awal, Bagian inti memuat: judul bab, judul sub bab dan judul anak sub bab, Bagian Lampiran yang disertai nomor halaman.
Pengetikan dimulai dari margin kiri bentuk justify.

5.   Daftar Lampiran
Daftar lampiran memuat: (a) Daftar Lampiran, (b) Nomor Lampiran, (c) Nama Lampiran tanpa diserta halaman

B.  BAGIAN INTI

BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Latar belakang berisikan: (a) Paparan maksud dan tujuan pendidikan pramuka secara actual dan faktual, (b) Kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang ada di gugusdepan, (c) upaya memecahkan masalah melalui kegiatan Narakarya. Dalam latar belakang dipaparkan secara ringkas yang didasarkan atas teori, hasil penelitian, seminar dan pengalaman yang terkait erat dengan pokok masalah. Sehingga masalah yang dipilih mendapat landasan pijakan yang lebih kokoh.
B.     Rumusan Masalah
Perumusan masalah merupakan pertanyaan yang lengkap dan rinci mengenai ruang lingkup kesenjangan dan harapan yang dihadapi oleh Pembina di gugusdepan berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah.
Perumusan masalah hendaknya disusun secara singkat, padat dan jelas, dan dituangkan dalam bentuk kalimat tanya. Contoh:
“ BAGAIMANA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BERKARAKTER BERBASIS KEGIATAN KEPRAMUKAAN  MELALUI KEGIATAN NARAKARYA I DI GUGUSDEPAN 01.83-84 SDN PAJAGALAN II SUMEENP”

"BAGAIMANA KEGIATAN NARAKARYA I DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN PESERTA DIDIK DI GUDEP 01.83-84 SD PAJAGALAN II SUMENEP"

C.     Tujuan
Tujuan penelitian mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan. Isi rumusan tujuan mengacu pada isi rumusan masalah. Pensusunan kalimat tujuan dalam bentuk kalimat pernyataan. Contoh:
 “UNTUK MENDESKRIPSIKAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BERKARAKTER BERBASIS KEGIATAN KEPRAMUKAAN  MELALUI KEGIATAN NARAKARYA I DI GUGUSDEPAN 01.83-84 SDN PAJAGALAN II SUMEENP”

"UNTUK MENDESKRIPSIKAN BAGAIMANA KEGIATAN NARAKARYA I DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN PESERTA DIDIK DI GUDEP 01.83-84 SD PAJAGALAN II SUMENEP"

D.     Manfaat
Manfaat menjelaskan kegunaan kegiatan bagi: (a) Peserta Didik, (b) Pihak Terkait (Mabigus, Teman sejawab), (c) Bagi Peserta Narakarya.

E.     Sistematika Laporan
Sistemataika laporan berisikan: (a) Bab I Pendahuluan yang memuat (1) Latar belakang, (2) Rumusan Masalah, (3) Tujuan, (4) Manfat dan (5) Sistem Laporan, (b) Bab II Profil Gugusdepan memuat (1) Nama dan letak Gugusdepan, (2) Pengelola Gugudepan, (3) Keadaan Pembina, (4) Keadaan Peserta Didik, dan (5) Sarana dan Prasarana.
BAB II PROFIL GUGUSEPAN
A.     Nama dan Letak Gugusdepan
Bagaian ini menjabarkan secara jelas: (a) Nama dan letak gugusepan, (b) Visi dan Misi gugusdepan yang diambil atau diselaraskan dengan visi dan misi sekolah.
B.     Pengelola Gugudesdepan
Bagian ini menjabarkan tentang struktur kepengurusan: (a) Mabigus, (b) Gugusepan.
C.     Keadaan Pembina
Bagian ini menjelaskan keadaan Pembina dalam bentuk Tabel yang berisikan: (a) Nomor, (b) Nama, (c) Tempat, Tgl. Lahir, (d) Pendidikan Akhir (formal dan Pramuka, (e) Tahun Menjadi Pembina, (f) Alamat.
Dibawah tabel diberikan tanggapan dalam bentuk narasi tentang kesenjangan antara berupa: kegiatan, prestasi, pengalaman dan pengetahuan Pembina.
D.     Keadaan Peserta Didik
Bagian ini menjelaskan keadaan Peserta Didik dalam bentuk Tabel yang berisikan: (a) Nomor, (b) Golongan dan Tingkatan, (c) Jumlah Pesertik PA dan PI, (d) Jumlah Tiap Golongan, (e) Jumlah Total.
Dibawah bagian tabel diberikan tanggapan dalam bentuk narasi yang berkaitan dengan kesenjangan berupa kegiatan, prestasi dan pengetahuan peserta didik.
E.     Sarana dan Prasana Gudep
Bagian ini menjelaskan keadaan sarana dan prasarana yang dimiliki gugusdepan dalam bentuk tabel. Isi dari tabel sarana dan prasarana: 1) Sarana Sanggar, 2) Administrasi Gugudepan, 3) Sarana Latihan, 4) Mebeler, 5) Perpustakaan. Dalam tabel dijelaskan tentang keadaan sarana (a) baik/Ada, (b) Rusak/Tidak ada.
Bagiatan ahir diberikan tanggapan dalam bentuk naratif antara kesenjangan yang ada.
  

BAB III KEGIATAN NARAKARYA
A.     Analisis Keadaan Awal Gugusepan
Pada bagian ini menjabarkan berbagai bentuk kesenjangan dan harapan yang ada tentang pelaksanaan pembinaan atau kegiatan pramuka di gugusdepan mulai dari (a) organisasi, (b) manajemen, (c) bentuk kegiatan, (d) prestasi dan ketrampilan peserta didik dan Pembina.
Isi kesenjangan dapat diambil dari penjelasan pada Bab II dan Hasil Analisis yang diperoleh melalui pengamatan dan observasi.
B.     Pelaksanaan Kegiatan Narakarya
Menjelaskan kegiatan mulai dari persiapan dan pelaksaksanaan kegiatan tiap bulan: (1) Pelaksanaan Bulan I, (2) Pelaksanaan Bulan II, (3) Pelaksanaan Bulan III. Penulisan disusun secara sistematis dan dalam bentuk narasi diskriptif.

C.     Hasil Kegiatan dan Pembahasan

1.   Peningkatan Hasil Kegiatan Narakarya
menjelaskan peningkatan hasil   pelaksanaan pembinaan atau kegiatan pramuka digugusdepan mulai dari organisasi, manajemen, bentuk kegiatan, prestasi dan ketrampilan peserta didik dan pembina setelah mengikuti kegiatan narakarya.
2.   Pembahasan
Menjelaskan hubungan antara kondisi awal, fenomena yang timbul dengan hasil kegiatan             narakarya sesuai dengan rumusan masalah yang diajukan dengan menggunakan logika dan teori-teori yang ada.
  

BAB IV PENUTUP
A.     Simpulan
Berisi simpulan singkat dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan kegiatan dan peningkatan hasil kegiatan.
B.     Saran dan Rekomendasi
Saran : berisikan ungkapan umpan balik yang diberikan peserta atas tujuan dan manfaat yang disusun pada bab I.
Rekomendasi: Berisi catatan penting yang diberikan oleh peserta pada lembaga dan institusi terkait dengan kegiatan pendidikan pramuka.

C.  BAGIAN AKHIR
Lampiran-lampiran
1.      Surat Telah Mengikuti Kegiatan Narakarya dari Sekolah/ Gudep yang difalidasi Kepala Sekolah.
2.      Program Semester
3.      Program Latihan Mingguan
4.      Bahan Ajar I atau II
5.      Foto Kegiatan
6.   Biografi Peserta 






alee duangh
alee duangh Saya adalah pribadi yang ingin selalu belajar dan berbagi. Menebar manfaat dan kebaikan adalah tabungan yang akan abadi

Post a Comment for "Pedoman Penyusunan Laporan Narakarya I"