Raimuna Daerah XIII, Momentum Membangun Negeri

Ali Harsojo, M.Pd.
Pelatih Pembina Pramuka Kwarcab Sumenep

Tahun 2018 adalah tahun istimewa bagi bangsa Indonesia. Banyak kegiatan berskala Nasional dan Regional dihelat pada tahun ini. Bahkan acara pesta olah raga se Asean juga akan segera dilaksanakan tahun ini, bulan Agustus 2018. Tak terkecuali dengan acara kegiatan pandu yang senantiasa memeriahkan setiap jeda waktu. Apalagi menjelang hari kelahirannya tanggal 14 Agustus mendatang. Jawa Timur selalu bangkit untuk memeriahkan setiap kegiatan pandu Indonesia. Tak perlu diragukan pula para civitas pandunya yang selalu giat menyambut setiap event kepanduan. Raimuna Daerah salah satunya.
Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesiadiselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional (wikipedia.org)
Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu "Rai" dan "Muna". "Rai" berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan "Muna" adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan (wikipedia.org)
Tingkatan Raimuna sebenarnya dimulai dari Ranting hingga Nasional. Tetapi pada kesempatan ini, penulis ingin memaparkan pentingnya Raida menuju pembangunan Negeri yang bersinergi. Raimuna di tingkat Kwartir Daerah (provinsi) disebut Raimuna Daerah atau biasa disingkat dengan Raida. Raimuna Daerah diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Raimuna Daerah diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Cabang yang terdapat dalam wilayah Kwartir Daerah (provinsi) tersebut.
Apa saja kegiatan Raimuna Daerah?
Sebelumnya, juga perlu diingat bahwa Raimuna Daerah adalah kegiatan yang banyak mendapat perhatian dari berbagai pihak karena Raimuna adalah kegiatan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, yang bersumber pada nilai-nilai: Filsafat Pancasila dan agama;jiwa perjuangan 1945;persahabatan dan kekeluargaan;perkembangan ekonomi, sosial, dan teknologi;seni budaya, kesehatan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan hidup;keamanan dan ketertiban masyarakat;adat-istiadat dan tata susila;kepemimpinan dan kewirausahaan (rakasmada.org, 2018).
Anggota Pramuka Penegak dan Pandega adalah generasi muda yang akan meneruskan estafet kepemiminan bangsa Indonesia. Sehingga perlu penguatan self leadership sejak dini, termasuk dalam kegiatan Raimuna Daerah yang menjadi prioritas utama. Dalam rangka meningkatkan watak, mental, dan keterampilan yang baik bagi generasi muda, maka Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur telah berinisiatif menyelenggarakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Jawa Timur dalam ajang bergengsi lima tahunan, Raimuna Tingkat Daerah XIII Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur tahun 2018 (rakasmada.org)
Tema dari  Raimuna Daerah XIII Jawa Timur 2018 adalah “Pramuka Jawa Timur Bersinergi Membangun Negeri” dengan Motto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan,” serta Slogan : “Berkarakter, Bersinergi, Berinovasi.” Tema tersebut bukanlah pilihan kata semata. Akan tetapi mengandung makna dan tanggung jawab yang harus ditunaikan. Secara psikologis, setiap anggota pramuka memiliki kewajiban melaksanakan kode kehormatan pramuka, satya, dan segala atribut yang berkaitan dengan kepanduan lainnya.
Slogan berkarakter, bersinergi dan berinovasi menjadi momentum baik untuk memupuk jiwa muda para pramuka penegak dan pandega menuju generasi tangguh menghadapi abad digital ini.
Kegiatan dalam raimuna daerah juga disesuaikan dengan aspirasi pemuda-pemudi Indonesia pada umumnya, minat, kebutuhan, dan kemampuan para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, serta kepentingan dan kebutuhan masyarakat setempat. Artinya adalah sinergi antara seorang pramuka dan masyarakat harus menuju satu titik temu yang saling menguatkan, terutama dalam membangun negeri menjadi lebih baik dan bermartabat.
Dalam rangka mendukung tema dan slogan  Raida Jatim 2018, maka dalam raimuna daerah supaya diadakan acara kegiatan bakti kepada masyarakat yang sifatnya tidak lebih luas daripada kegiatan Perkemahan Wirakarya. Kegiatan-kegiatan dalam raimuna dititik beratkan pada peningkatan kemantaban mental, fisik, pengetahuan, keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
Rencananya, Kegiatan  Raimuna Daerah Jawa Timur 2018 ini, akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan Kumbokarno – Cinta Alam Indonesia, Dusun Kosambiwojo, Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 22 – 27 September 2018.
Sebagai insan cendekia pramuka, ayo kita dukung acara spektakuler tersebut.

gurupajadu
gurupajadu Saya adalah pribadi yang ingin selalu belajar dan berbagi. Menebar manfaat dan kebaikan adalah tabungan yang akan abadi

Post a Comment for "Raimuna Daerah XIII, Momentum Membangun Negeri "