Liburan Penuh Ibadah

LIBURAN PENUH IBADAH
Oleh: Hilya Jaziyah Wafiroh
Siswa kelas V SD
"Ilmu itu bukan yang dihafal tetapi yang member manfaat", Hilya.

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan muslim di dunia. Kedatangan bulan suci ramadhan disambut dengan senang hati oleh kaum muslim. Sebab, bulan tersebut adalah bulan yang penuh berkah dan istimewa. Bulan yang selalu penuh dengan ibadah; puasa, sholat tharawih dan sebagainya. Termasuk ibadah wajib dalam kehidupan sehari-hari.

Bulan suci Ramadhan yang aku tunggu waktunya sudah tiba, aku dan keluargaku dapat menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dengan senang dan gembira. Selama bulan puasa aku dan keluarga dapat melaksanakan puasa Ramadhan satu bulan penuh dan melaksanakan sholat tarawih di malam hari di masjid atau dirumah bersama keluarga.

Pada hari pertama bulan puasa, aku merasa berat menjalankannya selama satu bulan penuh. Pada hari tersebut banyak sekali ”godaan” yang membuatku tidak kuat menahan puasa. Akan tetapi Alhamdulillah aku bisa melewatinya dengan baik.

Pada minggu ketiga, Aku bersama keluarga pergi ke Surabaya untuk membeli keperluan menghadapi Hari  Raya Idul Fitri. Kami berangkat dari rumah pukul 06.00 pagi dan sampai di Surabaya sekitar pukul 11.00 siang. Di beberapa tempat selama perjalanan, kami menjumpai  kemacetan lalu lintas. 

Setelah sampai di Surabaya, aku dan keluarga langsung menuju pusat pembelanjaan yang ada di Surabaya. Setelah berbelanja kebutuhan, kami juga membelikan baju lebaran untuk saudara-saudaraku dan juga orang yang bekerja di rumah. Aku dan keluargaku merasa kelelahan setelah berbelanja. Maklumlah, mungkin udara terasa panas sekali. 
Ketika azdan maghrib tiba, aku dan keluargaku berbuka puasa di rumah makan padang dekat dengan mall. 

Kemudian melaksanakan sholat maghrib di musholla.  Lalu, kami beristirahat di rumah saudaraku di Surabaya. Setelah satu pukul, aku dan keluargaku kembali pulang ke Sumenep. Pada pukul 03.00 aku dan keluargaku makan sahur bersama di jalan niaga Pamekasan. Barulah kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke sumenep.  Tiba di rumah sekitar pukul 04.00 pagi menjelasng subuh. Aku sholat subuh, dan istirahat sampai pagi. Setelah bangun tidur, aku mandi dan mengecek barang-barang di beli. Lengkap, ternyata.

Pada saat adzan maghrib aku dan keluargaku berbuka bersama  di rumah.  Sholat maghrib kami lalukan di mushollah rumah. Sambil menunggu adzan isya, aku sempatkan untuk membaca Alquran. Setelah adzan isya, aku dan kakakku berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat isya dan tarawih berpukulaah. Ibadah sholat isya dan tharawih dilaksanakan sekitar 45menit.

Ketika kami pulang dari mesjid, aku dan kakakku menonton televisi sampai pukul10 malam. Pada pukul 03.00 aku dibangunkan untuk makan sahur yang terakhir. Sudah mendekati lebaran nih....
Setelah selesai menunaikan ibadah sholat subuh, aku menonton televisi dan bermain bersama kakakku. Pada pukul 08.00 pagi aku mandi dan pergi bersama kakakku ke kota untuk membeli mainan. Asyik sekali aku bermain game, dan pukul 12.00 aku mandi dan sholat dhuhur, kemudian aku istirahat siang sampai sore. Barulah bersanti di sore hari, aku dan kakakku bermain bersama keponakanku sambil menunggu adzan maghrib untuk berbuka puasa.

Takbir dikumandangkan dengan gema yang syahdu. Penanda bulan puasa telah akan berakhir. Aku dan kakakku mendengarkan takbir yang dikumandangkan dengan khusuk. Kami bergegas untuk bersilaturrahmi ke rumah tanteku di kota Sumenep. Tepat pukul 21.00, kami pulang ke rumah dan langsung tidur. 

Aku terbangun pada pukul 04.00 pagi yang dingin. Kemudian mandi dan sholat subuh. Aku mgaji Alquran selama 15 menit.  Pagi yang indah, aku dan keluargaku pergi ke kuburan membaca doa dan tahlil bersama.  Dan melanjutkan sholat t idul fitri di masjid.

Setelah melaksanakan sholat id aku dan keluargaku bersilaturrohmi ke sanak family.kemudian makan bersama  dan rujak bersama.pada hari kedua aku dan keluargaku pergi ke desa saronggi untuk bersilaturrohmi dan hari ketiga bersilaturrohmi ke desa lembung di pondok pesantren arrahman .

Pada hari ke empat aku dan keluargaku bersilaturrohmi ke tetangga dekat rumah.keesokan harinya aku dan keluargaku dan juga tanteku bersilaturrohmi ke Pare kota Kediri berangkat pukul 10 malam tiba di pare Kediri pukul 7 pagi lalu sarapan pagi bersama keluarga dan beristirahat, sedangkan ayahku bersilaturrohim ke temannya dimana dia mengadakan reuni sesame teman diklat .pada pukul 12 siang setelah sholat dhuhur melanjutkan perjalanan ke kota Blitar sekitar 2 pukul perjalanan menuju makam Bung Karno kemudian disambut oleh temannya ayahku, lalu membeli aksesoris yang dijual disekitar makam bung Karno, kemudian bersilaturrohim ke family dan makan malam, kemudian setelah sholat maghrib aku dan keluargaku pulang dari Blitar menuju kota Malang tiba pukul 08.30 kemudian, aku dan kakakku memesan makanan yaitu mie setan lewat gojek online,lalu aku dan kakakku tidur dan bamgun pukul 04.30 kemudian sholat subuh, karena cuacanya yang sangat dingin setelah sholat subuh aku dan kakakku tidur lagi dan bangun pukul 08.00, kemudian mandi dan sarapan pagi di jalan soekarno hatta  di sebuah rumah makan yang terkenal dengan nasi pecelnya.
Kami  saat di perjalanan aku sering  sekali mendengarkan lagu-lagu terutama lagu-lagu favorit seperti  Nino Uya Kuya love in kamu,Nura berani bermimpi.

Ditengah perjalanan tiba-tiba kita melihat ada kecelakaan sehingga jalan yang kita lewati di tutup sementara,dan kita terjebak macet.
Setelah sampai ke rumah kakek,kami beristirahat untuk menghilangkan lelah akibat perjalanan yang lumayan jauh.
Sesudah beristirahat ayah dan ibuku mengajak ke warung makan.

Disana makanannya sangat lezat dan minumannya segar seperti  jus buah.
Sesudah makan di warung makan kami pulang ke rumah kakek.
Dan sesampainya dirumah kakek aku bertemu dengan  saudara sepupu.
Kami pun sering sekali bermain dan bercanda.

Dan pada malam hari aku beserta keluarga pergi ke batu untuk melihat pemandangan disana.
Sesampainya disana aku begitu takjub pemandangannya .
Banyak sekali lampu-lampu yang indah pada malam hari ini.

Pada pukul 09.00 pagi aku dan keluargaku melanjutkan perjalananku ke probilinggo dari malang kurang lebih 3 pukul dan melewati jalan tol yang baru dan tiba pada pukul 12.00 siang aku dan keluargaku kebingungan mencari alamat pak de ku karena rumahnya masuk gang,setelah sampai di rumah pak de ku aku dan keluargaku maelaksanakan sholat dhuhur dan makan siang.kemudian aku dan keluargaku pulang setelah 2 pukul kemudian aku dan keluargaku tiba di Surabaya beristirahat di perumahan manyar lalu sholat maghrib dan tanteku membeli makanan untuk makan malam kemudian aku dan kakakku ikut abangku pergi ke willow tempat peralatan perlengkapan bayi di galaxy mall, dan juga membeli pizza hurt, kemudian kembali ke perumahan manyar tiba pukul 20.30,lalu beristirahat sejenak.pada pukul 22.00 aku dan keluargaku meninggalkan Surabaya menuju sumenep, setelah 1 pukul perjalanan aku dan keluargaku mengisi bahan bakar di spbu bangkalan lalu melanjutkan perjalanan 2 pukul kemudian aku dan keluargaku tiba di masjid pamekasan  kemudian sholat isya bersama.lalu aku dan keluargaku melanjutkan perjalanan pulang tiba di rumah pukul 01.00 dengan selamat.


alee duangh
alee duangh Saya adalah pribadi yang ingin selalu belajar dan berbagi. Menebar manfaat dan kebaikan adalah tabungan yang akan abadi

Post a Comment for "Liburan Penuh Ibadah"