Aku Harus Belajar, PKP Bahagia


Aku Harus Belajar, PKP Bahagia
GS PKP Zonasi 2019


Dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa melalui peningkatan kompetensi siswa, pemerintah terus melaksanakan program kegiatan yang semakin baik. Perlu diketahui bahwa Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), selanjutnya disingkat dengan Program PKP, adalah sarana belajar bagi guru untuk meningkatkan kompetensi siswa.
Sekali lagi, PKP merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. https://jamuneblog.blogspot.com/2019/07/program-peningkatan-kompetensi.html


Inilah alasan bagi guru untuk berbahagia, sebab ia diajak untuk menjadi guru kompeten. Setidaknya dengan tugas-tugas LK yang relatif banyak dapat meningkatkan kemampuan kita dalam merencakan, melaksanakan, menilai dan mengavaluasi kegiatan pembelajaran. Apalagi, kegiatan PKP ini dipandu oleh guru inti yang luar biasa. GI dapat memberikan materi pelatihan dengan penuh semangat dan arahan yang dapa membangkitkan motivasi belajar. Berbahagialah bagi guru sasaran yang terpanggil. Belajar terus tiada henti.

Dengan PKP ini, setiap guru sasaran juga sekaligus melaksanakan program PKBnya, seperti yang terdahulu. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya. Pada Program PKB terdahulu yang dikembangkan oleh Ditjen GTK sebelumnya, yang didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional.

Kelebihan PKP dibanding PKB adalah orientasi tujuannya. PKP lebih mengarah kepada kompetensi siswa. Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Penyiapan Program PKP yang mempertimbangkan pendekatan kewilayahan,atau dikenal dengan istilah zonasi, dilaksanakan oleh Ditjen GTK mulai dari penyusunan Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi, Petunjuk Teknis Program PKB Berbasis Zonasi, Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur/Guru Inti Program PKP Berbasis Zonasi, Unit Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal tes awal dan tes akhir serta instrumen penjaminan mutu. Pedoman ini memberikan gambaran utuh tentang Program PKP Berbasis Zonasi. Buku Pegangan Pembekalan Narasumber/Instruktur/Guru Inti memberikan panduan tentang pelaksanaan pelatihan khususnya skenario pelatihannya. Unit Pembelajaran berisi materi pembelajaran dalam satu Kompetensi Dasar disertai dengan contoh latihan/kasus/tugas sesuai dengan berbagai model pembelajaran yang dipilih. RPP yang disusun oleh tim pengembang merupakan contoh RPP berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. https://jamuneblog.blogspot.com/2019/07/program-peningkatan-kompetensi.html

Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dirancang dalam bentuk pelatihan berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti yang masing-masing memiliki pola 60 Jam Pelajaran (JP), dan Pelatihan Guru Sasaran dengan pola 82 JP (dengan pola In-On-In).
Nah tugas In-On-In inilah yang menyita banyak perhatian para guru sasaran. Tetapi, dengan jiwa pengabdian yang tinggi, maka bukanlah masalah dalam menyelesaikan setiap tugas LK tersebut. Teruslah belajar dengan bahagia, kataku. Bagaimana dengan Anda?

alee duangh
alee duangh Saya adalah pribadi yang ingin selalu belajar dan berbagi. Menebar manfaat dan kebaikan adalah tabungan yang akan abadi

Post a Comment for "Aku Harus Belajar, PKP Bahagia"