Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) dan Pengajar Praktik (PP) Angkatan 9 dan 10

 Aleepenaku.com Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) dan Pengajar Praktik (PP) Angkatan 9 dan 10. Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) dan Pengajar Praktik (PP) Angkatan 9 dan 10  ini sebagai informasi penting bagi sahabat guru calon penggerak yang ada di mana saja seluruh wilayah nusantara.

Sumber Gambar tangkapan layar: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/unduhan/


Bahwa menjadi guru penggerak merupakan hal yang terbaik untuk terus mengembangkan diri, juga orang lain. Terutama menjadi pemimpin pembelajaran bagi siswa serta menjadi teman kolaboasi bagi guru. Sebab, guru penggerak akan menjadi agen perubahan paradigma pembelajaran.

Guru penggerak sebagai penggerak perubahan dan pemrakarsa perubahan di sekolah sangat diharapkan maksimal dalam belajar dan melakukan aksi nyata. Telah banyak sahabat guru yang telah menempuh Pendidikan Guru Pengggerak (PGP). Yakni dimulai dari angkatan 1,2,3,4,5,6, dan 7. sedang proses juga untuk angkatan, 5,6,7 dan 8.

Sebagiamana surat GTK Kemdikbut nomor 3157/B3/GT.00.08/2022 tentang Rekrutmen Calon Guru Pengerak (CGP) Angkatan 9 (untuk angkatan 9 dan 10), dengan ini dapat disarikan beberapa poin penting, sebagai berikut.

Bahwa untuk menindaklanjuti peluncuran progra dan kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima tentang Guru Penggerak, maka Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP). 
Bahwa tujuan utama dari PGP ini untuk menghasilkan Guru Penggerak (GP_) yang berperan dalam  menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya.
Kemudian juga dapat menumbuhkan kepemimpinan murid di sekolahnya dalam rangka untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 9 dan 10 

Perlu diketahui untuk proses rekrutmen serentak bagi angkatan 8 (untuk guru penggerak angkatan 8, 9, dan 10), telah berjalan dan masih prosesseleksi. Sehingga bagi, calon peserta dari kabupaten/ kota pada sasaran angkatan 9 serta 10 yang mendaftar pada angkatan 8, dapat diajukan pelaksanaannya menjadi sasaran untuk pelaksanaan Pendidikan Guru Penggerak angkatan 8, jika jumlah pendaftar angkatan 8 pada wilayah tersebut ternyata minim.

Kemudian, untuk memberi kesempatan yang lebih luas kepada calon peserta, Tim Seleksi PGP akan membuka kembali rekrutmen PGP secara Reguler angkatan 9 dan 10. PGP angkatan 9 dan 10 akan dilaksanakan pada tahun 2023. 

Nah, proses pendaftaran dan rekrutmen akan dilaksanakan secara serentak untuk angkatan 9 (untuk CGP angkatan 9, dan 10) dengan daerah sasaran sejumlah 481 Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk aktivitas penyelenggaraan PGP angkatan 9 direncanakan pada bulan Juni 2023 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri secara terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring. 

Sebagai catatan, bahwa untuk pelaksanaan PGP Angkatan 10 akan diinformasikan kemudian.

Tahapan pelaksanaan rekrutmen calon peserta guru penggerak (CGP) sebagai berikut.

1. Sasaran calon peserta Guru Penggerak (CGP) angkatan 9 dan 10 pelaksanaan tahun 2023 Angkatan 9 sejumlah 20.000 dan Angkatan 10 sejumlah peserta 55.000 peserta

2. Peserta/calon guru penggerak merupakan:

Guru ASN maupun bukan ASN  dari lembaga pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB, baik negeri maupun swasta.

Kepala sekolah atau KS yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah, berstatus definitif semua jenjang pendidikan (Dikdasmen).

3. Selama menjalani proses pendidikan, para guru dan KS: kepala sekolah yang belum NRKS bersedia tetap menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagaimana mestinya di sekolah masing-masing.

4. Proses seleksi: 

tahap 1: 

Aktivitas pendaftaran/registrasi, pemberkasan, pengisian esai, pengunggahan RPP, penilaian portofolio, dan penilaian esai;

tahap 2: 

penilaian simulasi mengajar dan wawancara.


Pendaftaran CGP angkatan 9 dan 10 adalah tanggal 12 Desember 2022 s.d 10 Januari 2023.

Pendaftaran akan dibuka secara serentak untuk CGP angkatan 9 dan 10 dimulai tanggal 12 Desember 2022 s.d 10 Januari 2023.

Selengkapnya tentang informasi proses rekrutmen calon guru penggerak angkatan 9 dan 10 dapat dilihat pada Lampiran, atau pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.


Surat tentang Rekrutmen CGP Angkatan 9, UNDUH DI SINI

Selengkapnya tentang rekrutmen CGP PP PGP 9, UNDUH KE SINI.


Pendaftaran Calon Pengajar Praktik (PP) Angkatan 9 dan 10 


Sebagaimana surat Ditjen GTK nomor 3160/B3/GT.00.08/2022 10 November 2022 tentang Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP) PGP Reguler Angkatan 9 (untuk PP PGP angkatan 9 dan 10), maka intinya dapat disarikan sebagai berikut.


Bahwa kebutuhan Pengajar Praktik (PP) PGP Reguler angkatan 9 dan 10 pelaksanaan tahun 2023 Angkatan 9 sebanyak 4.000 Pengajar Praktik dan Angkatan 10 sebanyak 11.000 Pengajar Praktik

Proses rekrutmen CPP dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:

● tahap 1: 

registrasi, pengisian dan penilaian portofolio, pengunggahan RPP dan penilaian esai;

● tahap 2: 

penilaian simulasi mengajar dan wawancara.

● tahap 3: 

pembekalan CPP

Registrasi atau Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 21 November 2022 - 10 Januari 2023

Informasi selengkapnya tentang proses rekrutmen calon pengajar praktik dapat dilihat pada Lampiran 2 surat GTK Kemdikbud, atau pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/. Tata Cara Pelaksanaan

Dan untuk Seleksi Tahap 2 Simulasi Mengajar & Wawancara, dapat dilihat pada Lampiran 3.

Surat Rekrutmen CPP 9, UNDUH DI SINI
Selengkapnya tentang rekrutmen CGP PP PGP 9, UNDUH KE SINI.

Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) dan Pengajar Praktik (PP) Angkatan 9 dan 10 

Silakan mendaftar Calon Guru Penggerak Angkatan 9, tekan tombol Pendaftaran di bawah ini.

Sumber Gambar SS: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

 
Silakan mendaftar Calon Pengajar Praktik Angkatan 9, tekan tombol Ayo Mulai Mendaftar di bawah ini.

Sumber Gambar SS: https://app-gurupenggerak.simpkb.id/pendaftaran-guru-penggerak



 
Pemetaan SK/ KD untuk SD/ MI Semester 1 dan 2👇👇👇

Dan informasi penting lainnya, dapat dibaca juga:

Kumpulan Puisi Siswa HGN 2022

Platform Guru Merdeka Mengajar

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru


Demikian Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) dan Pengajar Praktik (PP) Angkatan 9 dan 10 . Semoga bermanfaat. Salam Literasi.

Post a Comment for "Link Pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) dan Pengajar Praktik (PP) Angkatan 9 dan 10 "