Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023

Aleepenaku.com - Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Kurikulum Merdeka atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada K 13 Tematik Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023 sebagai informasi yang mungkin dibutuhkan oleh guru SD/ MI, khususnya guru Kelas 1,2,3,4,5,6 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Sahabat guru yang hebat semuanya. Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Kurikulum Merdeka atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada K 13 merupakan aktivitas uji kemampuan siswa selama satu semester terakhir di Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023.

Jadi, bagi sekolah yang belum melaksanakan Kurikulum Merdeka secara penuh, dapat menyesuaikan untuk mengunduh Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Kurikulum Merdeka atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada K 13 Tematik Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023 yang diperlukan saja.

SAS atau PAT ini dilaksanakan setelah guru atau lembaga satuan pendidikan telah mengadakan penilaian harian dan penilaian tengah semester. Pada umumnya, penilaian harian dilaksanakan sebelum dan sesudah SAS/ PAT sebanyak masing-masing 2 kali. Kemudian, dilaksanakan penilaian tengah semester sebanyak 1 kali, yakni PTS 2.

Definisi Penilaian

Kemudian, sesuai dengan Permendikbud Nomor 23 tahun 2020 tentang Standar Penilaian Pendidikan (SNP), bahwa penilaian diartikan sebagai aktivitas pengumpulan dan pengolahan informasi pencapaian hasil belajar murid dalam waktu tertentu. Sedangkan, yang dimaksud dengan aktivitas pembelajaran, artinya adalah proses interaksi antarsiswa antara siswa, guru dan sumber belajar di dalam lingkungan belajar. Sehingga, kegiatan atau proses belajar mengajar tidak harus dilakukan dalam ruangan tertentu.

Penilaian formatif dilaksanakan untuk memastikan siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik serta mengalami perubahan sikap yang juga membaik. Asesmen Sumatif dilakukan pada saat guru telah melaksanakan beberapa tujuan pembelajaran atau bab tertentu maupun di akhir semester. Dalam kurikulum merdeka dikenal dengan asesmen lingkup materi dan asesmen sumatif akhir semester. Pada kurikulum 2013 menggunakan istilah penilaian akhir semester.

Guru dapat mengetahui materi pelajaran dapat diterima oleh siswa yaitu dengan cara memberikan stimulasi berupa pertanyaan formatif kepada siswa. Dalam hal ini, guru dapat mengetahui dan memahami seberapa besar siswa mampu menyerap materi pelajaran yang disampaikan.

Proses Pembelajaran

Kemudian, guru juga melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kalender pendidikan. Sedangkan kalender akademik menjadi acuan kegiatan pendidikan di sekolah yang telah dianalisis setiap tahun ajaran. Nah, dalam kalender akademik tersebut terdapat jadwal atau area kegiatan penilaian hasil belajar secara sistematis. Yakni, dimulai dari penilaian harian (PH), penilaian tengah semester, penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun. Dalam kurikulum merdeka dikenal, Asesmen Sumatif Lingkup Materi dan Asesmen Sumatif Akhir Semester.

Setelah melaksanakan penilaian harian 1 dan 2 atau bahkan ke-3, guru akan melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester (PTS). Penilaian akhir semester dilakukan setelah siswa melaksanakan proses belajar materi pembelajaran selama 1 semester. Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Kurikulum Merdeka atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada K 13 dilaksanakan setelah siswa belajar selama satu tahun.

Pada jenjang sekolah dasar materi yang diujikan dalam kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Kurikulum Merdeka atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada K 13 adalah Muatan Materi pelajaran pada Tematik, Matematika, PJOK, PAI BP, dan muatan lokal.

Kisi-Kisi Soal SAS/ PAT

Nah, sebelum melaksanakan kegiatan SAS/ PAT dan menyusun soal, guru seharusnya menyusun kisi-kisi soal terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar seluruh KD yang diajarkan dapat dipresentasitasikan ke dalam soal PAT tersebut. Selain itu, guru juga dapat mengidentifikasi kompetensi dasar atau capaian pembelajaran yang tidak dilaksanakan. Misalnya pada saat menerapkana kurikulum disederhanakan. Sehingga, soal yang dihasilkan benar-benar mewakili kompetensi dasar pembelajaran.

Pada kesempatan ini, admin akan  menyajikan tentang Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Kurikulum Merdeka atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada K 13 Tematik Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023. Namun, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Kurikulum Merdeka atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada K 13 Tematik Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023 yang akan dishare ini, adalah kisi-kisi dan soal yang bisa dikembangkan. 

Tetapi, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Kurikulum Merdeka atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada K 13 Tematik Kelas 1,2,3,4,5,6  Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023 ini bukanlah sesuatu yang sempurna. Aleepenaku juga mengkolaborasikan dari beberapa sumber informasi pendidikan. Sehingga perlu penyempurnaan lebih lanjut. Atau juga Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Kurikulum Merdeka atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada K 13 Tematik Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023 ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi para sahabat. Khususnya guru Kelas 1,2,3,4,5,6.

Dengan demikian, para sahabat dapat menelaah lebih sempurna lagi. Kemudian, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) pada Kurikulum Merdeka atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada K 13 Tematik Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023  ini disusun setiap tema di Kelas 1,2,3,4,5,6. Tujuannya agar para sahabat dapat memetakan, tentang soal-soal PAS yang akan disajikan secara proporsional.

Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023

Sahabat bisa Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023, di bawah ini.

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban SAS/ PAT Tematik Semester 2 Kelas 1 >>> Ambil File

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban SAS/ PAT Tematik Semester 2 Kelas 2 >>> Ambil File

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban SAS/ PAT Tematik Semester 2 Kelas 3 >>> Ambil File

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban SAS/ PAT Tematik Semester 2 Kelas 4 >>> Ambil File

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban SAS/ PAT Tematik Semester 2 Kelas 5 >>> Ambil File

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban SAS/ PAT Tematik Semester 2 Kelas 6 >>> Ambil File


Sedangkan untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:


Demikian apa yang bisa disampaikan tentang Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 Tahun Ajaran 2022/ 2023"