Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 3 (Tema 5,6,7,8) Semester 2

 

Aleepenaku.com - Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 3 (Tema 5,6,7,8) Semester 2  sebagai informasi yang mungkin dibutuhkan oleh guru SD/ MI, khususnya guru kelas 3 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Sahabat guru kelas 3 yang hebat semuanya. Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) merupakan aktivitas uji kemampuan siswa selama satu semester terakhir di semester 2. PAT ini dilaksanakan setelah guru atau lembaga satuan pendidikan telah mengadakan Penilaian atau Asesmen harian dan Penilaian atau Asesmen tengah semester. Pada umumnya, Penilaian atau Asesmen harian dilaksanakan sebelum dan sesudah PAT sebanyak masing-masing 2 kali. Kemudian, dilaksanakan Penilaian atau Asesmen tengah semester atau mid semester sebanyak 1 kali, yakni PTS 2.

 


Kemudian, sesuai dengan konsideran Permendikbud Nomor 23 tahun 2020 tentang Standar Penilaian atau Asesmen Pendidikan, bahwa Penilaian atau Asesmen diartikan sebagai aktivitas pengumpulan dan pengolahan informasi pencapaian hasil belajar murid atau siswa dalam waktu tertentu. Sedangkan, yang dimaksud dengan aktivitas pembelajaran, merupakan proses interaksi antarsiswa antara siswa, guru dan sumber belajar di dalam lingkungan belajar. Sehingga, kegiatan atau proses belajar mengajar tidak harus dilakukan dalam ruangan tertentu. Apalagi, pada masa pandemi waktu lalu, kelas pembelajaran banyak dilakukan secara virtual.

Nah, Penilaian atau Asesmen terhadap siswa dapat dilakukan untuk mengukur ranah belajar siswa dari aspek kognitif, afektif dan keterampilan. Pada aspek sikap, siswa diharapkan dapat memenuhi kriteria minimal baik pada sikap spiritual dan sosial. 

Penilaian atau Asesmen formatif dan sumatif dilaksanakan untuk memastikan siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik serta mengalami perubahan sikap yang juga membaik. Guru dapat mengetahui materi pelajaran dapat diterima oleh siswa yaitu dengan cara memberikan stimulasi atau rangsangan berupa pertanyaan formatif kepada siswa. Dalam hal ini, guru dapat mengetahui dan memahami seberapa besar siswa mampu menyerap materi pelajaran yang disampaikan.

Kemudian, guru juga melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan kalender pendidikan yang telah dianalisis setiap tgahu ajaran.

Nah, dalam kalender akademik tersebut terdapat kegiatan Penilaian atau Asesmen hasil belajar secara sistemik. Dimulai dari Penilaian atau Asesmen harian (PH), Penilaian atau Asesmen tengah semester, Penilaian atau Asesmen akhir semester dan Penilaian atau Asesmen akhir tahun.

Setelah melaksanakan Penilaian atau Asesmen harian 1 dan 2 atau bahkan ke-3, guru akan melaksanakan kegiatan Penilaian atau Asesmen akhir semester (PTS). Penilaian atau Asesmen akhir semester dilakukan setelah siswa melaksanakan proses belajar materi pembelajaran selama 1 semester. Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan setelah siswa belajar selama satu tahun.

Pada jenjang sekolah dasar materi yang diujikan dalam kegiatan Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) adalah Muatan Materi pelajaran pada Tetamaik, Matematika, PJOK, PAI BP, dan muatan lokal.

Nah, sebelum 'melaksanakan kegiatan PAT dan menyusun soal, guru seharusnya menyusun kisi-kisi soal. Tujuannya adalah agar seluruh KD yang diajarkan dapat dipresentasitasikan ke dalam soal PAT tersebut. Selain itu, guru juga dapat mengidentifikasi kompetensi dasar yang tidak dilaksanakan. Misalnya pada saat menerapkana kurikulum disederhanakan. Sehingga, soal yang dihasilkan benar-benar mewakili kompetensi dasar pembelajaran.

Pada kesempatan ini, admin aleepenaku ingin menyajikan tentang Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) Tematik Semester 2. Namun, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) Tematik Semester 2 yang akan dibagikan ini, adalah kisi-kisi dan soal yang bisa dikembangkan. 

Tetapi, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 3 (Tema 5,6,7,8) Semester 2 ini bukanlah sesuatu yang sempurna. Aleepenaku juga mengkolaborasikan dari beberapa sumber informasi pendidikan. Sehingga perlu penyempurnaan lebih lanjut. Atau juga Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) Tematik Semester 2 ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi para sahabat. Khususnya guru kelas 3.

Dengan demikian, para sahabat dapat menelaah lebih sempurna lagi. Kemudian, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) Tematik Semester 2  ini disusun setiap tema di kelas 3. Tujuannya agar para sahabat dapat memetakan, tentang soal-soal PAS yang akan disajikan secara proporsional dari tema1 hingga 4 tema.

Pada kelas 3 semester 2, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 3 (Tema 5,6,7,8) Semester 2 ini memuat materi tematik sebagai berikut.

 

Isi Materi Tematik Kelas 3 Semester 2

 Tema 5 Cuaca

Sub-tema 1 >>>Keadaan Cuaca

Sub-tema 2 >>>Perubahan Cuaca

Sub-tema 3 >>>Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia

Sub-tema 4Cuaca, Musim, dan Iklim


Tema 6 Energi dan Perubahannya

Sub-tema 1 >>>Sumber Energi

Sub-tema 2 >>>Perubahan Energi

Sub-tema 3 >>>Energi Alternatif

Sub-tema 4 >>>Penghematan Energi

 

Tema 7 Perkembangan Teknologi

Sub-tema 1 >>>Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Sub-tema 2 >>>Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Sub-tema 3 >>>Perkembangan Teknologi Komunikasi

Sub-tema 4 >>>Perkembangan Teknologi Transportasi

 

Tema 8 Praja Muda Karana

Sub-tema 1 >>>Aku Anggota Pramuka

Sub-tema 2 >>>Aku Anak Mandiri

Sub-tema 3 >>>Aku Suka Berpetualang

Sub-tema 4 >>>Aku Suka Berkarya

 

 

Sesuai dengan materi tersebut, maka Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 3 (Tema 5,6,7,8) Semester 2 dapat disajikan sebagai berikut.

Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 3 (Tema 5,6,7,8) Semester 2

 

Kisi-Kisi Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) 1 Tema 5 Kelas 3 >>>> Unduh File

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) 1 Tema 5 Kelas 3 >>>> Unduh File

Kisi-Kisi Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) 2 Tema 6 Kelas 3 >>>> Unduh File

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) 1 Tema 6 Kelas 3 >>>> Unduh File

Kisi-Kisi Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) 3 Tema 7 Kelas 3 >>>> Unduh File

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) 1 Tema 7 Kelas 3 >>>> Unduh File

Kisi-Kisi Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) 4 Tema 8 Kelas 3 >>>> Unduh File

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) 1 Tema 8 Kelas 3 >>>> Unduh File

 

Perlu diketahui bahwa, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian atau Asesmen Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 3 (Tema 5,6,7,8) Semester 2 lebih cepat dan mudah diunduh melalui komputer atau laptop.

 

Disarankan juga mengunduh:

 KISI-KISI DAN SOAL LAINNYA,

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 1 +++ UNDUH DI SINI +++

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 2 +++ UNDUH DI SINI +++

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 3 +++ UNDUH DI SINI +++

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 4 +++ UNDUH DI SINI +++

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 +++ UNDUH DI SINI +++

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 6 +++ UNDUH DI SINI +++


Disarankan juga mengunduh:

 Pemetaan SK/ KD Lengkap SD/ MI Semester 1 dan 2๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Sedangkan untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:




Modul Pembelajaran  di SD, SMP, SMA

RPP dan Administrasi Guru๐Ÿ‘‡:

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

 APLIKASI SIM-PKB ANDROID dari GPS๐Ÿ‘‡

 

Demikian apa yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 3 (Tema 5,6,7,8) Semester 2"