Terbaru Kini: Pendaftaran Impelementasi Kurikulum Merdeka untuk Sekolah dan Madrasah

Aleepenaku.com-Terbaru Kini: Pendaftaran Impelementasi Kurikulum Merdeka untuk Sekolah dan Madrasah merupakan informasi terbaru dari pemerintah melalui kemdikbudristek tentang kebijakan strategis dalam pengembangan Kurikulum Merdeka (KurMer) yang akan diberikan pada sekolah atau satuan pendidikan. Yakni sebagai pilihan tambahan dalam rangka melaksanakan pemulihan pembelajaran untuk rentang waktu 2022-2024. Seperti diketahui, waktu lalu telah dilakukan Peluncuran Kurikulum Merdeka.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/

Pada program Merdeka Belajar Episode 15 ini, Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar ditindaklanjuti dengan Implementasi Kurikulum Merdeka. Ini merupakan bentuk nyata dari Kemendikbudristek, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) memfasilitasi guru Indonesia, kepala sekolah (KS), kepala madrasah, dan kepala PKBM dalam mempersiapkan keterlibatannya dalam Kurikulum Merdeka (Kurmer). 

Maka sebagai pelaku pendidikan dan pembelajaran sangat penting untuk memahai secara holistik tentang:

  1. Kurikulum Merdeka sebagai pilihan/ opsi pemulihan pembelajaran
  2. Tahapan Implementasi IKM
  3. Strategi IKM jalur mandiri
  4. Pilihan IKM jalur mandiri
  5. Platform Merdeka Mengajar

Sebagaimana telah dijelaskan pada laman https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/ bahwa Pandemi yang menyebabkan munculnya banyak kendala dalam proses atau kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan (sekolah) memberikan dampak yang cukup signifikan. Seperti diketahui bahwa K 13 yang telah dilaksanakan sebelum masa pandemi, merupakan kurikulum yang diterapkan di setiap satuan pendidikan. Bahkan, merupakan satu-satunya kurikulum yang diterapkan di sekolah. 

Sehingga, dengan situasi pandemi, pada tahun 2020 s.d 2021 Kemdikbudristek menerbitkan kebijakan strategis, yakni K 13 dan Kurikulum Darurat. Kurikulum darurat merupakan kurikulum 2013 yang disederhanakan. Kudar ini yang menjadi rujukan untuk kegiatan pembelajaran tahun 2021-2022 ini. Kemudian, Kemdikbudristek menerbitkan kebijakan penggunaak K 13, Kudar dan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak serta SMK PK.

Nah, selenjutnya, untuk pemulihan pembelajaran, tepatnya pada tahun 2022 ini hingga tahun 2024, pemerintah melalui kemdikbudristek menerbitkan kebijakan strategis pula, bahwa sekolah yang belum siap untuk mengimplementasikan KurMer juga masih boleh dan dapat menerapkan K 13 sebagai dasar dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. Termasuk masih dapat menggunakan Kurikulum Darurat (Kudar) sebagai modifikasi dari K13. Sedangkan Kurikulum Merdeka merupakan opsi atau pilihan bagi seluruh sekolah atau satuan pendidikan yang siap melaksanakannya. Maka, diperlukan proses pendataan satuan pendidikan yang segera siap mengimplementasikan Kur Mer.

Maka, setelah melaksanakan pemulihan pembelajaran, pada tahun 2024 nanti, menjadi penentuan kebijakan kurikulum nasional (Kurnas) berdasarkan evaluasi terhadap kurikulum pada masa pemulihan pembelajaran (Kurmer) ini. Evaluasi inilah yang akan menjadi acuan Kemendikburistek dalam menetapkan atau mengambil kebijakan tindak lanut setelah pemulihan pembelajaran.

Sumber: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/

Impelementasi Kurikulum Merdeka untuk Sekolah dan Madrasah

Impelementasi Kurikulum Merdeka untuk Sekolah dan Madrasah dapat memahami materi sebagai berikut.

  1. Kurikulum Merdeka sebagai pilihan/ opsi pemulihan pembelajaran
  2. Tahapan Implementasi IKM
  3. Strategi IKM jalur mandiri
  4. Pilihan IKM jalur mandiri
  5. Platform Merdeka Mengajar
Nah, kelima materi tersebut dapat diperoleh dan dipahami dengan baik dan rinci, maka para guru dan pemangku kepentingan dapat segera mengunjungi laman resmi kemdikbud, di bawah ini.

>>> Detail Materi Impelementasi Kurikulum Merdeka untuk Sekolah dan Madrasah

Untuk memeroleh Platform Merdeka Mengajar pada gawai atau smartphone Android guru, silakan peroleh melalui tautan bit.ly/platformmerdekamengajar


Pendaftaran Impelementasi Kurikulum Merdeka untuk Sekolah dan Madrasah

Untuk melakukan pendaftaran Impelementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru Sekolah dan Madrasah, dapat Menekan Tombol Mendaftar di bawah ini.

Ayo Mendaftar Sekarang! Di Sini,👇


INFORMASI TERKAIT!

Guru Wajib Menautkan Akun SIM PKB dengan Akun belajar.id Segera, Kilk Ini Caranya.

Aktivasi Akun Pembelajaran Guru, DI SINI.

Kurikulum Merdeka: Buku Teks, Modul Ajar, Panduan Asesmen, Pengembangan Projek dan CP Revisi, UNDUH DI SINI.


PENTING diunduh!

Pendaftaran CPG Angkatan 7, Kuota 20.000

Syarat dan Jadwal Rekrutmen CPG Angkatan 7

Panduan Aplikasi PPG 2022

HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPG Dalam Jabatan Thn 2022

Daftar PPG 2022 Kemenag



Demikian Informasi penting tentang Terbaru Kini: Pendaftaran Impelementasi Kurikulum Merdeka untuk Sekolah dan Madrasah dari admin aleepenaku. Semoga bermanfaat.

2 comments for "Terbaru Kini: Pendaftaran Impelementasi Kurikulum Merdeka untuk Sekolah dan Madrasah"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.