Sayembara Nasional Pramuka Kreatif: Lomba Desain Logo Kontingen Pramuka: Jambore International di Korea Selatan

Sumber Gambar logo: https://pramuka.id/ayo-ikuti-sayembara-logo-kontingen-indonesia-untuk-jambore-dunia-ke-25-di-korea/

Nah, sebagaimana dijelaskan pada laman pramuka.id bahwa Jambore Dunia Ke-25 Tahun yang akan dilaksanakan di Korea Selatan ini akan dimulai pada tanggal 1 hingga 12 Agustus 2023. Maka pada event International ini, akan dihadiri sekitar 50.000 Pramuka dari organisasi nasional kepramukaan atau kepanduan (National Scout Organization/NSO) yang ada di dunia ini.

Tetap menjadi tradisi, bahwa setiap pelaksanaan Jambore Dunia ini, maka masing-masinh Kontingen NSO membuat Logo Kontingen sendiri. Hal ini merupakan tanda sekaligus kenang-kenangan yang diaplikasikan atau diabadikan pada badge (bet), pin, plakat dan atribut lainnya.

Nah, momentum international ini juga menjadi istimewa. Sebab, masing-masing peserta akan bertukar cinderamata atau souvenir. Menjadi memori yang tidak terlupakan.

Pramuka.id memaparkan bahwa dalam rangka memeriahkan perjalanan para kontingen melaju ke Jambore Dunia ke-25, maka panitia Korea Scout Association untuk tahun 2023 meminta agar seluruh kontingen pramuka nasional setiap negara dapat memublikasikan Logo Kontingennya lebih awal. 

Sehingga Kwarnas: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia, bermaksud mengundang para Anggota Gerakan Pramuka hebat dan berbakat untuk berkreasi menciptakan logo ini. Apalagi, banyak juga pramuka kita yang memiliki keahlian sebagai Ilustrator dan Desainer Grafis. Sehingga ini merupakan kesempatan emas untuk berpartisipasi mengikuti Sayembara Mencipta Logo Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia pada The 25th World Scout Jamboree 2023 Korea. Perlu diketahui bahwa Edaran tentang ini sudah disebarkan sejak tanggal 3 Januari 2022. Kemudian, juga sudah ada beberapa karya desain logo sudah diterima oleh Kwartir Nasional.

Bagi anggota Pramuka yang beinat dan tertarik, Kwartir Nasional senantiasa menerima karya kakak semua. Karya tersebut merupakan karya terbaik, dan akan diterima Kwarnas paling lambat tanggal 30 April 2022.

Ketentuan Sayembara Logo

  • Bentuk atau modelnya seperti Logo Jambore Dunia ke-25 di Korea, Agustus 2023;
  • Mencerminkan atau menunjukkan identitas Nuansa Indonesia dan nuansa merah putih
  • Mencantumkan kata atau kalimat Indonesia Contingent atau Indonesia Delegation pada logo itu;
  • Tulisan dalam logo dalam bahasa Inggris;
  • Logo berukuran 10×15 cm, dan bisa diperkecil berdiameter 6 – 8 cm. Meski diperkecil, dapat dibaca dengan jelas baik huruf maupun angka;
  • Menyesuaikan dengan standar Logo Jambore Dunia ke-25, dengan bentuk/ desain gambar kemah (terlampir) dan sesuai dengan ketentuan umum Buku Pedoman Kegiatan Gerakan Pramuka (BPKGP) di Luar Negeri tahun 2020: tentang Logo Kontingen ke luar negeri (butir 4.l).
  • Sebutkan: nama, usia, alamat rumah dan asal Gugus Depan atau Satuan Karya;
  • Seleksi ini akan dilakukan oleh Tim: Lomba Logo Jamdun Kwarnas Gerakan Pramuka (GP);
  • Logo Kontingen Indonesia dalam Jamdun ke-25 dari peserta otomatos menjadi milik Kwarnas;
  • Logo Kontingen Jamdun selambatnya sudah diterima Kwarnas pada 30 April 2023 melalui E-Mail di: international@pramuka.or.id atau dikirim ke Kantor Kwarnas: Kwartir Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur No. 6 Jakarta Pusar, DKI Jakarta;
  • Pengumuman seleksi; tanggal 30 Mei 2022 melalui media Kwarnas;
  • Bagi pemenang desain logo ini akan diberikan hadiah dari Kwartir Nasional.

Bagi sahabat yang berminat kunjungi rujukan, file logo dasar dan panduan logo dari panitia pelaksana untuk diunduh di tautan berikut; https://www.2023wsjkorea.org/_html/resources.html

Sangat penting untuk dibaca 

Berikut contoh logo yang teraplikasi;

Ayo segera mendesain. Menjadi kebanggaan pramuka kita. Karya kita akan mewakili lebih dari 1.000 ikon pramuka Indonesia dan 50.000 secara international.


Sumber Informasi artikel ini: https://pramuka.id/ayo-ikuti-sayembara-logo-kontingen-indonesia-untuk-jambore-dunia-ke-25-di-korea/

Demikian informasi tentang sayembara desain logo kontingen pramuka di Korea Selatan. Admin aleepenaku.com mengucapkan terima kasih, tetap bersama Aleepenaku. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Sayembara Nasional Pramuka Kreatif: Lomba Desain Logo Kontingen Pramuka: Jambore International di Korea Selatan"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.