Terbaru: Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) Aktif Terintegrasi dengan Akun Belajar.id dan Pasword Selalu Salah

Aleepenaku.com- Terbaru: Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) Aktif Terintegrasi dengan Akun Belajar.id adalah informasi penting yang harus diketahui oleh guru di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Sebab, Kemdikbud telah merilis integrasi antara akun SIM PKB dan akun belajar.id milik guru. Oleh karena itu, guru wajib menautkan antara akun belajar.id dengan akun SIM PKB guru. 

Bagaimana jika password SIM PKB Selalu Salah? Perhatikan beberapa hal pada akhir artikel ini.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id

Sebagaimana diketahui, bahwa SIM PKB guru merupakan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru. Intinya, SIM PKB ini merupakan instrumen maupun kendaraan utama bagi guru untuk terus melakukan perubahan menuju lebih baik. Profesionalitas guru menjadi kunci dalam pengembangan keprofesian guru secara berkelanjutan.

Berdasarkan Surat Edaran Dirjen GTK Kemdikbudristek No. 0697/B.B5/GT.01.15/2022, bahwa seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang telah terdaftar pada platform SIMPKB agar menautkan akun belajar.id-nya pada data personal pengguna di platform SIMPKB. Proses penautan kedua akun tersebut dibatasi oleh waktu, yakni paling lambat 12 Maret 2022 dengan petunjuk teknis pada laman resmi: https://bantuan.simpkb.id/books/panduan-kelola-simpkb-guru/ch01/1-6-panduan-kelola-layanan.html

Hal yang perlu dan wajib disambut dengan baik, bahwa saat ini platform Aplikasi SIMPKB telah aktif bisa masuk menggunakan akun belajar.id. Sehingga, bagi guru yang memiliki akun belajar.id dapat menautkan email tersebut di menu Pengaturan Akun.

Caranya?

Segera dapatkan informasi nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) untuk Akun Pembelajaran dari Operator Satuan Pendidikan (OPS) di Sekolah atau bisa membaca langkah-langkahnya di situs belajar.id.

Sedangkan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang belum memiliki akun belajar.id dapat memperoleh akun melalui laman http://belajar.id atau menghubungi operator sekolah  OPS di sekolah.

Setiap guru harus dapat memastikan Akun SIM PKB dan belajar.id tertaut dengan sempurna. Sebab, kedua akun tersebut sangat penting dan terintegrasi dengan Akun Pembelajaran.

Jadi, setiap guru di lingkungan Kemdikbudristek juga harus dapat memahami Cara Mengelola Akun SIM PKB guru untuk bisa menjelajah dengan mudah Fitur-fitur pada Akun SIM PKBnya. Ketahui pula memahami cara Mengaktifikan dan Mengelola Akun Belajar.id sebagai akun penitng yang dapat dijadikan media pembelajaran guru.

Sebelumnya, jika ada yang perlu disinkron pada SIM PKB, guru perlu melakukan Sinkronisasi Data SIM PKB Guru.

Cara Guru Menautkan Akun Belajar.id dengan SIM PKB Guru

Di sini, dijelaskan secara ringkas saja, cara menautkan akun SIM PKB dan belajar.id

1. Login gmail dengan akun belajar.id

2. Login/ masuk ke web akun.simpkb.id

3. Login menggunakan id sim pkb guru

4. Pilih Integrasi Layanan

5. Klik tautkan tulisn (pilih) email belajar.id yang sudah dilog-in di awal.

6. Selesai.

Selengkapnya cara detail Cara  Guru Menautkan Akun Belajar.id dengan SIM PKB Guru, DI SINI.

Simak: TUTORIAL TAUTKAN AKUN SIM PKB dan AKUN BELAJAR ID

Dokumen Adminsitrasi Guru, Pendidikan dan Pembelajaran


Kemudian, untuk mengecek Integrasi atau Penautan Akun SIM PKB dan Belajar.id tersebut, lakukan hal sebagai berikut.

  1. Masuk akun SIM PKB
  2. Klik Tombol atau icon profil sebelah kanan atas
  3. Klik Ganti Kata Sandi untuk melihat laman tautan
  4. Barulah masuk Data Personal, Data Lainnya, Integerasi Layanan
  5. Selanjutnya, bisa mengelola setiap menu atau fitur yang ada.

PASSWORD SIM PKB SELALU SALAH

Bagaimana jika menjumpai password SIM PKB Selalu Salah? Perhatikan beberapa hal berikut:
1. Kemungkinan memang salah password. Perbaiki lagi pengetikannya.

2. Password baru setelah tertaut diminta 6 digit.

3. Kemungkinan, setelah tertaut dengan belajar.id memang hanya bisa masuk dari akun belajar.id di bawah login SIM PKB.

4. Artinya, jika password selalu salah, bisa berarti akun SIM PKB guru dan belajar.id telah terintegrasi. Jadi, aman. Sebab, SIM PKB menjadi menu bagian dari akun pembelajaran guru.

Semoga bermanfaat

Sedangkan untuk informasi pendidikan lainnya, dapat dibaca juga:


Soal PTS Semua Mapel Kelas 7,8,9 SMP K13 Semester 2,UNDUH

Soal danJawaban Kunci PTS/ UTS Kelas 1-6 SD/ MI Semester 2,UNDUH

Jurnal Pembelajaran Guru  (JPG) Penjasorkes Kelas 1-6 SD/ MI Semester 2,UNDUH KE SINI 

Demikian informasi tentang Terbaru: Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) Aktif Terintegrasi dengan Akun Belajar.id  yang bisa disampaikan oleh admin aleepenaku.

Terima kasih atas perhatiannya para sahabat kepada aleepenaku.com. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

4 comments for "Terbaru: Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) Aktif Terintegrasi dengan Akun Belajar.id dan Pasword Selalu Salah"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.