Twibbon Membara Peringatan Bandung Lautan Api dan Ini Sejarahnya

Aleepenaku.com-Twibbon Membara Peringatan Bandung Lautan Api merupakan salah satu cara menggelorakan semangat patriotisme yang dulu dikobarkan oleh para pejuang Bangsa Indonesia. Harapannya, hari ini kita mampu meneladani dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya, semangat perjuangan para pahlawan yang berjuang di Jawa Barat, kala itu. Itulah yang dikenal dengan Peristiwa Bandung Lautan Api.

Seperti kita ketahui dari berbagai sumber, bahwa kali ini aleepenaku ingin meneruskan atau menyajikan ulang informasi tentang sejarah Bandung Lautan Api. Bahwa sesuai dengan bahan bacaa pada laman https://id.wikipedia.org/ dijelaskan bahwa Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan peristiwa kebakaran besar luar baisa yang terjadi di Bandung, Jawa Barat. Tepatnya terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. 

Sungguh sangat membara, sekira 7 jam, sekitar 200.000 penduduk di Bandung membakar rumah mereka. Kemudian para penduduk meninggalkan kota Bandung yang tgercinta. Bergerak menuju pegunungan di daerah Bandung selatan. Mengapa hal itu dilakukan? Sebab tidak lain untuk mencegah tentara Sekutu dan NICA Belanda agar tidak bisa menggunakan kota Bandung sebagai markas. Mereka berencana akan menjadikan Kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam kecamuk Perang Kemerdekaan Indonesia.

Nah, adanya ultimatum dari Tentara Sekutu agar Tentara Republik Indonesia untuk meninggalkan Bandung. Justru hal ini mendorong TRI untuk melakukan operasi "bumi-hangus". TRI merupakan sebuatan untuk TNI di masa itu. Para pejuang Bangsa Indonesia tidak rela jika Bandung dimanfaatkan oleh pihak Sekutu dan NICA menjadi maskas militer. 

Keputusan untuk membumi-hanguskan (membakar) Bandung diambil melalui musyawarah Madjelis Persatoean Perdjoangan Priangan (MP3). Hal ini dilakukan di hadapan semua kekuatan perjuangan pihak Republik Indonesia, pada tanggal 23 Maret 1946. Kolonel Abdoel Haris (AH) Nasoetion sebagai Komandan Divisi III TRI mengumumkan hasil musyawarah itu. Kemudian memerintahkan untuk evakuasi Kota Bandung. Hari itu juga, penduduk kota Bandung meninggalkan Bandung. Sedangkan pada malam itu juga pembakaran kota berlangsung. Sejak peristiwa malam tanggal 24 Maret 1946 itu, dikenal dengan Bandung Lautan Api.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bandung_Lautan_Api

Begitu hebat pengorbanan penduduk kota Bandung dan TRI yang telah mencegah sekutu dan NICA untuk tidak menguasai kota Bandung. Kegigihan perjuangan para pahlawan tersebut perlu menjadi pelajaran berharga bagi generasi penerus saat ini. Bukan saja memahami sejarahnya, namun implementasi nilai-nilai perjuangannya juga sangatlah penting.

Dalam rangka mengobarkan semangat perjuangan dan meneladani jiwa para pahlawan BLA, marilah kita sosialisasikan kepada siswa, dan masyarakat tentang Bandung Lautan Api dan Sejarahnya, bisa juga melalui Twibbon Membara Bandung Lautan Api, di bawah ini.

Twibbon Membara Peringatan Bandung Lautan Api 

Pilih Twibbon Membara di atas, Unggah Foto di Sini.

Pilih Twibbon Membara di atas, Unggah Foto di Sini.

Pilih Twibbon Membara di atas, Unggah Foto di Sini.

Pilih Twibbon Membara di atas, Unggah Foto di Sini.

Pilih Twibbon Membara di atas, Unggah Foto di Sini.


Informasi penting lainnya, dibaca juga:

Twibbon Marilah Sukseskan Ujian Sekolah (SMA dan SMP)

Twibbon Ayo Sukseskan Ujian Madrasah

Kisi-kisi, soal PAT SD Kelas 1-6 Tahun 2022

 Pemetaan SK/ KD Lengkap SD/ MI👇👇👇

Platform Guru Merdeka Mengajar


RPP dan Administrasi Guru👇:

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru


Demikian apa yang bisa disampaikan tentang Twibbon Membara Peringatan Bandung Lautan Api dan Ini Sejarahnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

1 comment for "Twibbon Membara Peringatan Bandung Lautan Api dan Ini Sejarahnya"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.