Mekanisme dan Jadwal Lengkap Pelaksanaan Rekrutmen Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022

Aleepenaku.com-Sahabat CGP semuanya. Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa Ditjen GTK Kemdikbudristek kembali membuka peluang pendaftaran calon guru penggerak angkatan 7 tahun 2022. Sebagaimana disampaikan pada Surat Edaran Kemdikbud terkait dengan rekrutment CGP Angk. 7 ini bahwa untuk daerah sasaran CGP 7 telah ditentukan. Yakni, Daerah Sasaran (DS) CGP 7 yang telah tertuang dalam lampiran Surat Edaran tersebut.

 

Sumber Gambar SS: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/


Sesuai dengan informasi yang disampaikan pada lampiran SE tersebut, dijelaskan bahwa program CGP ini merupakan program guru untuk keprofesian yang berkelanjutan. Jadi, setiap guru seharusnya dapat maksimal melakukan pengembangan diri secara optimal. Salah satunya dengan mengikuti searangkaian rekrutment calon guru penggerak angkatan 7 ini.

 

Dijelaskan pula, bahwa Guru Penggerak (GP) adalah guru sebagai pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem Pendidikan. Tjuannya adalah untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid atau siswa. Sehingga, pada gilirannya, Guru penggerak merupakan katalis peningkatan kualitas proses Pendidikan dan pembelajaran di satuan Pendidikan/ di sekolah.

 

Harapannnya dapat maksimal dalam menggerakkan seluruh ekosistem sekolah dalam rangka mendukung proses dan hasil belajar siswa (peserta didik). Dalam konteks ini, suatu hasil belajar siswa bukanlah ataupun tidak hanya dapat dimaknai sebagai perolehan angka-angka atau nilai-nilai. Hal yang lebih penting juga adalah penumbuhan dan pembangunan karakter dan sikap siswa yang tertuang dalam profil pelajar Pancasila (PPP).

 

Kemudian, dalam informasi tersebut disampaikan bahwa Pendidikan Guru Penggerak (PGP) ini didesain untuk mendukung hasil belajar bersifat implementasi. Sehingga aktivitas PGP ini akan dilaksanakan berbasis lapangan dengan menggunakan pendekatan andragogi (orang dewasa) dan blended learning/ hybrid learning selama kurang lebih 6 (enam) bulan.

 

Metode Pelatihan PGP 7

Pola pelatihan yang akan diterapkan pada kegiatan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) dilaksanakan menggunakan metode pelatihan online/ dalam jaringan (daring), lokakarya, serta pendampingan individu. Adapun proporsi kegiatan yang akan diterapkan adalah 70% belajar di tempat bekerja/ satuan Pendidikan tempat guru mengabdi (on-the-job training), dan 20% belajar bersama rekan sejawat sesame guru, serta 10% belajar bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping (pengajar praktik) yang telah ditentukan.

 

Sebagaimana jadwal yang sudah dirilis bahwa pelaksanaan kegiatan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 7 ini akan dimulai awal bulan Oktober tahun 2022.

 

Tujuan Rekrutment CGP 7

Dalam rekrutmen CGP 7 ini bertujuan untuk memeroleh mendapatkan guru terbaik pada wilayah provinsi/kabupaten/kota di seluruh Indonesia sesuai dengan daerah sasaran. Guru yang terbaik merupakan katalis dalam peningkatan kualitas Pendidikan dan pembelajaran di sekolah.

 

Sasaran Peserta CGP 7

Calon Peserta pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 7 merupakan Guru yang berasal dari

satuan pendidikan formal atau sekolah pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. Tentu saja satuan Pendidikan yang berada pada lingkungan Kemdikbudristek.

 

Ketentuan dan Persyaratan CGP 7

Calon guru penggerak (CGP) akan mengikuti pendidikan guru penggerak (PGP) selama 6 (enam) bulan dengan pola seperti yang disampaikan di atas.

 

1. Ketentuan dan Peran Calon Guru Penggerak (CGP)

a) Belajar secara atau melalui media online, belajar mandiri, dan belajar mandiri dengan terbimbing. Peserta harus menyelesaikan 10 modul melalui aktivitas kolaborasi, diskusi, refleksi, elaborasi. Aktivitas tersebut dilakukan bersama fasilitator dan instruktur, serta berkolaborasi dengan rekan sejawat guru lainnya;

b) Belajar di tempat kerja (satuan Pendidikan) dan lokakarya bersama guru lainnya yang didampingi pengajar praktik (PP);

c) Belajar dan mengerjakan tugas-tugas dan mengunggahnya melalui LMS (Learning Management System) yang tersedia;

d) Melakukan aksi nyata atau kegiatan yang nyata dari pembelajaran yang diberikan, di kelas atau di sekolah/ satuan Pendidikan tempat mengajar.

 

Persyaratan CGP 7

a) Guru ASN maupun bukan ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta di lingkungan Kemdkbud;

b) Memiliki akun dan terdaftar di Dapodik;

c) Memiliki ijazah minimal S1/ D4;

d) Memiliki pengalaman mengajar sebagai guru minimal 5 (lima) tahun;

e) Memiliki masa sisa mengajar/ pension/ purnatugas tidak kurang dari 10 tahun.

 

Mekanisme Seleksi CGP Angkatna 7

1. Ditjen GTK menyiapkan laman dan SIM Aplikasi pendaftaran calon pendidikan guru penggerak (CGP);

2. Ditjen GTK Kemdikbud melakukan sosialisasi Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) kepada masyarakat dan lainnya;

3. Ditjen GTK mengumumkan pendaftaran calon peserta pendidikan guru penggerak (CGP) secara daring melalui laman maupun melalui surat resmi kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota.

4. Calon pendidikan guru penggerak mendaftar secara daring pada laman resmi https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak dengan mengisi pernyataan/pertanyaan dan mengunggah dokumen persyaratan yang diharuskan, yaitu:

a) mengisi biodata pada laman;

b) mengunggah Kartu Tanda Penduduk

c) mengunggah Ijazah S1/D4;

d) mengunggah surat rekomendasi;

e) mengunggah SK mengajar;

f) mengunggah atau upload surat izin dari kepala sekolah (KS) tempat bekerja (sesuai format yang baku).

5. Ditjen GTK melakukan dua tahapan seleksi untuk calon guru pengerak(CGP) sebelum mengikuti PGP, yaitu : 1) tahap registrasi/ pendaftaran, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai; dan 2) tahap penilaian simulasi mengajar dan wawancara.

 

6. Kemudian, Ditjen GTK Kemdikbud menetapkan dan mengumumkan calon guru penggerak yang memenuhi syarat secara daring/ online dan menyampaikan rekapitulasi kepada dinas Pendidikan kabupaten, kota, dan provinsi serta penyelenggara pendidikan guru penggerak (Unit Pelaksana Teknis/UPT).

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Rekrutmen Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022

Rangkaian rekrutmen CGP 7, silakan perhatikan Tabel Jadwal berikut.

Sumber Gambar SS: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/


Surat Izin Atasan pada Rekrutmen Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022

Contoh surat izin atasan ini terdapat pada lampiran Surat Ditjen Kemdikbudristek tentang Rekrutmen CGP 7 tahun 2022


Sumber Gambar SS: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/


Sumber Informasi: 

Surat Ditjen GTK Kemdikbudristek Nomor:  0623/B3/GT.03.15/2022

https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/


Pendaftaran dan Persyaratan Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022 

Sumber Gambar SS: gurupenggerak.kemdikbud.go.id



Ayo Mendaftar Sekarang! Coba Menuju Cara Pendaftaran, di Bawah ini.

KUOTA CGP 7: 20.000 Guru, DI SINI

Atau bisa langsung juga, MENDAFTAR, Di Sini.

Lebih lengkap, informasi ini dapat mengunjungi laman kemdikbud: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak

Silakan Juga bisa UNDUH Lampiran Surat Edaran Dijen GTK tentang CGP 7:

PENDAFTARAN CGP ANGKATAN 7 di:

 ++++ DI SINI, PENDAFTARAN CGP ANGKATAN 7 ++++

Informasi penting lainnya yang sering diunduh, dapat dibaca juga:

==== PENGUMUMAN Terbaru HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPG Daljab  2022====

Jadwal Pelaksanaan PPG 2022

Pemutakhiran Data Berkas untuk Seleksi Akdemik PPG Daljab 2022

Terbaru: PPA, Pedoman Penggunaan Aplikasi PPG Guru 2022





Demikian Informasi penting tentang Terbaru, DIBUKA: Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022 dari admin aleepenaku. Semoga bermanfaat.

Terima kasih atas perhatiannya pada aleepenaku.com. Semoga bermanfaat. Salam sehat. Salam sukses.

1 comment for "Mekanisme dan Jadwal Lengkap Pelaksanaan Rekrutmen Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.