Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1 (Tema 5,6,7,8) Semester 2

Aleepenaku.com - Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1 (Tema 5,6,7,8) Semester 2  sebagai informasi yang mungkin dibutuhkan oleh guru SD/ MI, khususnya guru kelas 1 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Sahabat guru Indonesia yang hebat semuanya. Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan aktivitas uji kemampuan siswa selama satu semester terakhir di semester 2. PAT ini dilaksanakan setelah guru atau lembaga satuan pendidikan telah mengadakan penilaian harian dan penilaian tengah semester. Pada umumnya, penilaian harian dilaksanakan sebelum dan sesudah PAT sebanyak masing-masing 2 kali. Kemudian, dilaksanakan penilaian tengah semester atau mid semester sebanyak 1 kali, yakni PTS 2.

 


Kemudian, sesuai dengan konsideran Permendikbud Nomor 23 tahun 2020 tentang Standar Penilaian Pendidikan, bahwa penilaian diartikan sebagai aktivitas pengumpulan dan pengolahan informasi pencapaian hasil belajar murid atau siswa dalam waktu tertentu. Sedangkan, yang dimaksud dengan aktivitas pembelajaran, merupakan proses interaksi antarsiswa antara siswa, guru dan sumber belajar di dalam lingkungan belajar. Sehingga, kegiatan atau proses belajar mengajar tidak harus dilakukan dalam ruangan tertentu. Apalagi, pada masa pandemi waktu lalu, kelas pembelajaran banyak dilakukan secara virtual.

Nah, penilaian terhadap siswa dapat dilakukan untuk mengukur ranah belajar siswa dari aspek kognitif, afektif dan keterampilan. Pada aspek sikap, siswa diharapkan dapat memenuhi kriteria minimal baik pada sikap spiritual dan sosial. 

Penilaian formatif dan sumatif dilaksanakan untuk memastikan siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik serta mengalami perubahan sikap yang juga membaik. Guru dapat mengetahui materi pelajaran dapat diterima oleh siswa yaitu dengan cara memberikan stimulasi atau rangsangan berupa pertanyaan formatif kepada siswa. Dalam hal ini, guru dapat mengetahui dan memahami seberapa besar siswa mampu menyerap materi pelajaran yang disampaikan.

Kemudian, guru juga melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan kalender pendidikan yang telah dianalisis setiap tgahu ajaran. Nah, dalam kalender akademik tersebut terdapat kegiatan penilaian hasil belajar secara sistemik. Dimulai dari penilaian harian (PH), penilaian tengah semester, penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun.

Setelah melaksanakan penilaian harian 1 dan 2 atau bahkan ke-3, guru akan melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester (PTS). Penilaian akhir semester dilakukan setelah siswa melaksanakan proses belajar materi pembelajaran selama 1 semester. Penilaian Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan setelah siswa belajar selama satu tahun.

Pada jenjang sekolah dasar materi yang diujikan dalam kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah Muatan Materi pelajaran pada Tetamaik, Matematika, PJOK, PAI BP, dan muatan lokal.

Nah, sebelum 'melaksanakan kegiatan PAT dan menyusun soal, guru seharusnya menyusun kisi-kisi soal. Tujuannya adalah agar seluruh KD yang diajarkan dapat dipresentasitasikan ke dalam soal PAT tersebut. Selain itu, guru juga dapat mengidentifikasi kompetensi dasar yang tidak dilaksanakan. Misalnya pada saat menerapkana kurikulum disederhanakan. Sehingga, soal yang dihasilkan benar-benar mewakili kompetensi dasar pembelajaran.

Pada kesempatan ini, admin aleepenaku ingin menyajikan tentang Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Semester 2. Namun, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Semester 2 yang akan dishare ini, adalah kisi-kisi dan soal yang bisa dikembangkan. 

Tetapi, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1 (Tema 5,6,7,8) Semester 2 ini bukanlah sesuatu yang sempurna. Aleepenaku juga mengkolaborasikan dari beberapa sumber informasi pendidikan. Sehingga perlu penyempurnaan lebih lanjut. Atau juga Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Semester 2 ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi para sahabat. Khususnya guru kelas 1.

Dengan demikian, para sahabat dapat menelaah lebih sempurna lagi. Kemudian, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Semester 2  ini disusun setiap tema di kelas 1. Tujuannya agar para sahabat dapat memetakan, tentang soal-soal PAS yang akan disajikan secara proporsional dari tema1 hingga tema 4.

Pada kelas 1 semester 2, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1 (Tema 5,6,7,8) Semester 2 ini memuat materi tematik sebagai berikut.

 

Isi Materi Tematik Kelas 1 Semester 2

TEMA 5. Pengalamanku

Sub-tema 1: Pengalaman Masa Kecil

Sub-tema 2: Pengalaman Bersama Teman

Sub-tema 3: Pengalaman Di Sekolah

Sub-tema 4: Pengalaman Yang Berkesan

 

TEMA 6. Lingkungan Bersih Sehat & Asri

Sub-tema 1: Lingkingan Rumahku

Sub-tema 2: Lingkingan Sekitar Rumahku

Sub-tema 3: Lingkingan Sekolahku

Sub-tema 4: Berkerja sama Menjaga Kebersihan & Kesehatan Lingkungan

 

TEMA 7. Benda,Hewan & Tanaman Di Sekitarku

Sub-tema 1: Benda Hidup dan Benda Tidakk Hidup di Sekitarku

Sub-tema 2: Hewan Di SEkitarku

Sub-tema 3: Tanaman Di Sekitarku

Sub-tema 4: Bentuk,Warna,Ukuran & Permukaan Benda

 

TEMA 8. Peristiwa Alam

Sub-tema 1: Cuaca

Sub-tema 2: Musim Kemarau

Sub-tema 3: Musim Penghujan

Sub-tema 4: Bencana Alam

 

Sesuai dengan materi tersebut, maka Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1 (Tema 5,6,7,8) Semester 2 dapat disajikan sebagai berikut.

Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1 (Tema 5,6,7,8) Semester 2

 

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) 1 Tema 5 Kelas 1 >>>> Unduh File

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Tahun (PAT) 1 Tema 5 Kelas 1 >>>> Unduh File

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2 Tema 6 Kelas 1 >>>> Unduh File

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Tahun (PAT) 1 Tema 6 Kelas 1 >>>> Unduh File

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) 3 Tema 7 Kelas 1 >>>> Unduh File

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Tahun (PAT) 1 Tema 7 Kelas 1 >>>> Unduh File

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) 4 Tema 8 Kelas 1 >>>> Unduh File

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Tahun (PAT) 1 Tema 8 Kelas 1 >>>> Unduh File

 

Perlu diketahui bahwa, Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1 (Tema 5,6,7,8) Semester 2 lebih cepat dan mudah diunduh melalui komputer atau laptop.

KISI-KISI DAN SOAL LAINNYA,

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 1 +++ UNDUH DI SINI +++

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 2 +++ UNDUH DI SINI +++

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 3 +++ UNDUH DI SINI +++

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 4 +++ UNDUH DI SINI +++

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 +++ UNDUH DI SINI +++

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 6 +++ UNDUH DI SINI +++


Disarankan juga mengunduh:

 Pemetaan SK/ KD Lengkap SD/ MI Semester 1 dan 2๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Sedangkan untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:




Modul Pembelajaran  di SD, SMP, SMA

RPP dan Administrasi Guru๐Ÿ‘‡:

Modul Literasi dan Numerasi Lengkap

RPP Matematika SD

Jurnal Kegiatan Pembelajaran Guru

 APLIKASI SIM-PKB ANDROID dari GPS๐Ÿ‘‡

 

Demikian apa yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Download Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tematik Kelas 1 (Tema 5,6,7,8) Semester 2 "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.