MULAI PENDAFTARAN CGP 7 KUOTA 20.000: Ayo Daftar Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022

Aleepenaku.com-Terbaru, DIBUKA: Pendaftaran dan Persyaratan Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022 merupakan informasi sangat penting bagi guru Indonesia. Khususnya, guru yang mengajar di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Sehingga, ada kesempatan baik untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai guru pembelajar.

Sumber Gambar SS: gurupenggerak.kemdikbud.go.id


Nah, dalam kerangka merdeka mengajar dan merdeka belajar, maka meningkatkan kompetensi keguruan merupakan keniscayaan. Sebuah keharusan. Sebab, tanpa belajar dan terus belajar, maka seorang guru akan ketinggalan informasi. Bahkan, bisa jadi akan menjadi penonton di tengah maraknya guru belajar dan mengembangkan diri.

Sekarang saatnya. Kembali dibuka peluang bagi guru Indonesia di daerah sasaran untuk mendaftarkan diri mengikuti rangkaian rekrutmen guru penggerak Indonesia.

Berdasarkan Surat Ditjen GTK Kemdikbudristek Nomor:  0623/B3/GT.03.15/2022 tentang Rekrutmen Calon Guru Pengerak (CGP) Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7  yang ditujukan kepada Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Provinsi  dan  Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten/Kota bahwa akan segera dilaksanakan rekrutmen CGP Angkatan 7.

Momentum dan program ini dilakukan sebagai bentuk nyata dalam menindaklanjuti peluncuran atau launching kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-lima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali akan menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 7. 

Sebagaimana yang telah dilaksanakan sebelumnya bahwa tujuan program ini untuk menghasilkan Guru Penggerak (GP) yang mampu berperan menggerakkan komunitas belajar (kombel) bagi guru di sekolah. Selain itu juga mampu menggerakkan pula di wilayahnya. Kemudian, juga ditujukan untuk menumbuhkan serta mengembangkan kepemimpinan murid guna mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (PPP).  PGP angkatan 7 ini akan dilaksanakan pada daerai sasaran sejumlah 446 Kabupaten/ Kota sebagaimana tersebut pada daftar lampiran: Kabupaten/ kota dan provinsi.

Untuk proses pada pogram ini, maka diinformasikan bahwa Pelaksanaan PGP: Pendidikan Guru Penggerak angkatan 7 ini dijadwalkan atau direncanakan akan dimulai pada bulan Oktober 2022 selama 6 (enam) bulan. PGP ini akan menggunakan pola belajar mandiri secara terbimbing melalui sistem belajar: daring (online) dan tatap muka (luring). PGP Angkatan 7 ini diawali dengan tahapan seleksi. 

Sehubungan dengan program ini,  maka diinformasikan sesuai isi surat Ditjen GTK, yakni beberapa hal berikut. 
Pertama, Sasaran calon peserta Guru Penggerak (CGP) angkatan 7 adalah guru sejumlah 20.000 peserta  sesuai persyaratan yang berlaku dan dapat dilihat pada Lampiran 2.  
Kedua, bagi guru yang lolos, maka selama menempuh pendidikan (PGP), para guru tetap menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai guru di sekolahnya.  
Ketiga, Proses rekrutmen calon guru penggerak (CGP) ini dilakukan beberapa tahapan seleksi yaitu, sebagai berikut:  
Tahap 1: pendaftaran/registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai dari peserta; 
Tahap 2 : penilaian simulasi mengajar (SM) dan wawancara. 
Tahapan tersebut juga telah dialami oleh peserta pada angkatan sebelumnya.

Persyaratan Pendaftaran CGP Angkatan 7

Calon guru penggerak (CGP) Angkatan 7 akan mengikuti pendidikan guru penggerak selama 6 (enam) bulan, dengan persyaratan yang harus dipenuhi:
  1. Guru ASN maupun Non-ASN. Baik dari sekolah negeri ataupun sekolah swasta, di bawah kemdikbud;
  2. Memiliki dan terdaftar pada akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik);
  3. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal Sarjana: S1/D4;
  4. Memiliki pengalaman mengajar sedikitnya/ minimal 5 (lima) tahun;
  5. Memiliki masa sisa mengajar (masa akan pensiun) tidak kurang dari 10 (sepuluh) tahun.

Waktu Pendaftaran:

Registrasi atau Pendaftara CGP 7 ini akan dimulai dan dibuka mulai tanggal 14 Maret– 15 April 2022. 

Keempat, adapun tim rekrutmen calon peserta Guru Penggerak (CGP) merupakan Tim Independen. Tim ini telah dibekali pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor. Asesor akan menerapkan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas/ bermutu.     

Selanjutnya, untuk selengkapnya, tentang informasi ini segera mengunjungi laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak

Dan lebih lengkap juga, silakan segera unduh Surat Edaran Dijen GTK tentang CGP 7 di bawah ini.



Cara Pendaftaran

Langkah-langkah Pendaftaran dan seleksi CGP 7 melalui Aplikasi Pendaftaran calon Guru Penggerak CGP): 

  1. Mengakses dan login/ masuk  ke akun simpkb masing-masing;
  2. Membuka menu program Guru Penggerak pada dasboard yang tersedia, lakukan segera Registrasi Calon Guru Penggerak melalui laman resmi kemdikbud:  https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak;
  3. Mengikuti tahapan seleksi calon peserta yang ditentukan pada Pendidikan Guru Penggerak PGP);
  4. Melakukan ajuan sebagai calon peserta PGP: Pendidikan Guru Penggerak.


Ayo Mendaftar Sekarang! Di Sini, di bawah ini.


Catatan: Jika masih muncul pendaftaran Angkatan 6 atau sebelumnya, tunggu mulai tanggal pendaftaran hingga muncul Registrasi untuk angkatan 7.

Atau bisa langsung juga, Mulai MENDAFTAR, Di Sini.

Terbaru info: Dapatkan dengan mudah, Contoh Soal PPG 2022, di:

 ++++ UNDUH CONTOH SOAL PRETEST PPG DALJAB 2022 ++++

Informasi penting lainnya yang sering diunduh, dapat dibaca juga:

==== PENGUMUMAN Terbaru HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPG Daljab  2022====

atau Bisa segera untuk:

Jadwal Pelaksanaan PPG 2022

Pemutakhiran Data Berkas untuk Seleksi Akdemik PPG Daljab 2022

Terbaru: PPA, Pedoman Penggunaan Aplikasi PPG Guru 2022





Demikian Informasi penting tentang Terbaru, DIBUKA: Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022 dari admin aleepenaku. Semoga bermanfaat.

Terima kasih atas perhatiannya pada aleepenaku.com. Semoga bermanfaat. Salam sehat. Salam sukses.

5 comments for "MULAI PENDAFTARAN CGP 7 KUOTA 20.000: Ayo Daftar Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.