Pembelajaran Berdiferensiasi, Contoh dan Cara Menyusun RPP Berdiferensiasi SD, SMP, SMA (Download)

Aleepenaku.com-Download: Contoh dan Cara Menyusun RPP Berdiferensiasi SD, SMP, SMA. Adapun sahabat yang ingin mengetahui tentang dokumen Download: Contoh dan Cara Menyusun RPP Berdiferensiasi SD, SMP, SMA, maka sebaiknya disimak terlebih dahulu konsep dasar tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. 

Pembelajaran Berdiferensiasi

Sebenarnya, pembelajaran berdiferensiasi pada intinya adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara berbeda. Apa maksudnya? Maksudnya adalah suatu aktivitas pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan murid yang berbeda. Apakah kebutuhan murid itu? Yakni, kebutuhan belajar setiap murid yang tidak sama. Oleh karena tidak sama, maka pembelajaran yang dilaksanakan haruslah dapat memenuhi kebutuhan belajar murid tersebut.

Sejatinya, pada situasi yang diharapkan demikian, berarti seorang guru berperan sebagai fasilitator. Perlu diingat bahwa fasilitator berperan atau memiliki tugas dan tanggung jawab fasilitasi. Sedangkan fasilitasi sendiri membutuhkan kecakapan seorang guru dengan teknik atau metode yang relevan. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru seharusya mampu memfasilitasi setiap murid sesuai dengan kebutuhan belajarnya yang beragam.

Perlu diperhatikan pula, bahwa seorang murid itu memiliki keunikan yang berbeda. Maka, setiap murid juga memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena berbeda, maka seorang guru juga harus memperlakukannya secara berbeda. Bukan bermaksud membeda-bedakan dengan cara diskriminasi. Akan tetapi, berbeda disesuaikan dengan kebutuhan belajarnya. Justru jika diperlakukan sama, padahal kebutuhannya berbeda, sepertinya kurang adil.

Dengan demikian, rasionalitas guru dalam mengajar haruslah diperhatikan. Setiap tindakan guru dalam pembelajaran mencerminkan keberagaman kebutuhan belajar muridnya. Berdiferensiasi bukan membedakan murid laki-laki dan perempuan, pintar dan kurang pandai, jauh dekat, anak orang kaya miskin, dan seterusnya. Ingat kembali bahwa berbeda tersebut bukanlah diskriminasi.

Karakteristik Pembelajaran Berdiferensiasi

Setelahj kita kita memahami yang dimaksud pembelajaran berdiferensiasi, maka selanjutnya juga perlu memahami karekteristik pembelajaran yang berdiferensiasi. Adapaun ciri-ciri dari pembelajaran berdiferensiasi adalah sebagai berikut:

  • Ciptakan lingkungan belajar yang mampu menstimulasi atau mengundang murid untuk belajar.
  • Menggunakan kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan dengan jelas.
  • Memilki proses penilaian berkelanjutan (kontinyuitas)
  • Guru harus mampu menanggapi maupun merespon kebutuhan belajar setiap murid, 
  • serta pengelolaan atau manajemen kelas yang efektif.
Tiga Aspek (Strategi) Pembelajaran Berdiferensiasi

Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi, terdapat 3 aspek atau strategi yang dapat diterapkan atau dipilih, sebagai berikut.


Direfensiasi Konten, artinya konten atau isi pembelajaran disesuaikan dengan kesiapan murid, minat, bakat, profil belajar, tahap perkembangan berpikir dan atau di antara kebutuhan tersebut. Sehingga, pada aktivitas diferensiasi konten, guru seharusnya mampu menyediakan bahan materi ajar dan instrumen yagn relevan sesuai dengan kebutuhan murid.

Diferensiasi Proses, artinya dalam proses pembelajaran guru menerapkan tindakan pembelajaran yang mengacu pada tujuan atau harapan yang diinginkan. Yakni, murid dapat memahami dan memaknai materi yang dipelajari. Pada strategi ini, guru dapat melakukan aktivitas dengan menggunakan kegiatan berjenjang, menyiapkan pertanyaan pemantik, tantangan di setiap pojok minat murid, membuat agenda individual (daftar tugas), kegiatan variatif, dan aktivitas yang mencerminkan proses pembelajaran lainnya.

Diferensiasi Produk, artinya unjuk kerja  dan hasil kerja muri dapat berbeda. Wujudnya juga bisa tidak sama, misalnya dalam bentuk tulisan, karangan, berbicara, berpidato, recording, diagram, video, vlog, dan sebagainya. Intinya, wujud tugas yang diberikan menghasilkan produk yang berbeda. Guru dapat memberikan tantangan yang bervariasi dan memberikan keleluasaan bagi murid untuk memilih dalam berekspresi, termasuk dalam menyelesaikan tugas pembelajarannya.


Contoh Praktik Pembelajaran Berdiferensiasi

Contoh sebagai praktik pembelajaran berdiferensiasi secara gamblang, sebagai berikut.

Guru mengajar materi ajar tertentu dengan capaian pembelajaran yang sudah ditentukan.

Guru menerapkan metode atau cara yang beragam memenuhi kebutuhan belajar murid.

Guru membuat kegiatan atau aktivitas yang beragam yang rasional dan terukur.

Murid mampu menangkap atau memahami materi dengan baik.

Contoh di atas dapat dikatakan sebagai penerapan pembelajaran berdiferensiasi proses.

Tip Guru Melaksanakan Praktik Pembelajaran Berdiferensiasi

Sebelum mengajar dengan pembelajaran berdiferensiasi, sebaiknya guru perlu melakukan beberapa hal, sebagai berikut.

  • Guru terlebih dahulu harus memetakan kebutuhan belajar murid. Pemetaan tersebut didasarkan pada 3 hal: kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid. Bagaimana caranya? Gunakanlah instrumen penggalian data yang dapat berupa: wawancara, observasi,  angket dan sebagainya.
  • Melakukan perencaan skenario pembelajaran berdiferensiasi. RPP ini berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan. Sekaligus untuk menentukan metode atau cara yang relevan yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

Evaluasi dan Refleksi Praktik Pembelajaran Berdiferensiasi

Guru juga perlu melakukan evaluasi dan refleksi terhadap aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan. Tentu saja juga merefleksikan dimulai dari pemetaan kemampuan dan kebutuhan belajar murid sejak awal, Mengapa? Sebab, pemetaan awal juga menentukan langkah selanjutnya. Artinya, proses pembelajaran yang dilaksankan berdasarkan kebutuhan belajar murid hasil pemetaan awal.

Namun demikian, guru perlu terus melakukan evaluasi tentang praktik pembelajaran yang telah dilaksanakan. Refleksi sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui kekurangan yang telah terjadi. Sehingga akan lebih optimal untuk memperbaikinya. 

Nah, tentu saja dalam melakukan refleksi perlu tercatat. Menggunakan instrumen yang relevan dan dapat diukur dan diketahui bagian-bagian yang perlu perbaikan. Kemudian, menentukan strategi atau pendekatan yang lain dan lebh relevan untuk diterapkan pada proses pembelajaran selanjutnya.


RPP Berdiferensiasi

Sebenarnya, RPP berdiferensiasi juga berfungsi sama dengan RPP pada umumnya. Hanya saja, RPP berdiferensiasi merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun sesuai dengan hasil pemetaan awal tentang profil belajar murid. Sudah disesuaikan dengan kebutuhan belajar murid.

RPP Berdiferensiasi ini dapat beragam atau berbeda. Sehingga, RPPini disusun tidak serta merta ccocok untuk semua siswa. Maka penyusunannya harus sesuai dengan ketentuan RPP Berdiferensiasi.

Ketentuan RPP Berdiferensiasi

Sebelum menyusun RPP Berdiferensiasi, perhatikan untuk dilakukan hal berikut:

  • Pemetaan profil siswa, 
  • Analisis KI dan KD, 
  • Memilih materi yang digunakan, 
  • Menyusun jenis diferensiasi: konten, proses, atau produk pembelajaran, 
  • Menentukan alat atau media yang digunakan dan 
  • Menyiapkan bahan untuk evaluasi. 
  • Pemetaan Profil Siswa 

Contoh Pemetaan Profil Murid dalam RPP Berdiferensiasi

Pemetaan profil belajar murid dapat menggunakan identitas dan gaya belajar yang dimilikinya serta informasi lainnya:

Nama Murid: Hendra

Gaya belajar: Auditori

Kecerdasan majemuk: Verbal linguistik

Lingkungan belajar: Senang belajar secara kelompok dan aktif berbicara serta suka presentasi.


Cara Menyusun RPP Berdiferensiasi 

Setelah melwati tahapan di atas, kemudian guru menyusun RPP Berdiferensiasi dengan cara sebagai berikut:

Menentukan materi pokok

Capaian Pembelajaran / KD

Indeks Pencapaian Kompetensi

Menyusun skenario/ langkah pembelajaran

Materi sama, namun langkah dalam proses bisa berbeda.

Menyusun alat evaluasi memungkinkan murid menjelaskan dengan berbeda.


Contoh RPP Berdiferensiasi 

Contoh RPP Berdiferensiasi Kelas V SD >>> Unduh Contoh RPP

Contoh RPP Berdiferensiasi Kelas IX SMP >>> Unduh Contoh RPP

Selengkapnya tentang Contoh RPP Berdiferensiasi  >>> Unduh Contoh RPP


Informasi rekomendasi lainnya, penting dibaca:

UNDUH SOAL Penilaian Harian dan PTS Kurikulum 2013 

UNDUH KOSP SD >>> UNDUH KE SINI

UNDUH KOSP SMP >>> UNDUH KE SINI

UNDUH KOSP SMA/ SMK >>> UNDUH KE SINI




 

ATP Kurikulum Merdeka Jenjang SD/ MI >>>> UNDUH File

UNDUH Perangkat Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:


Kurikulum Merdeka: UNDUH Buku Teks (ajar)  dan Perangkat Pembelajaran




Demikian informasi dari admin aleepenaku tentang Pembelajaran Diferensiasi, Contoh dan Cara Menyusun RPP Berdiferensiasi SD, SMP, SMA (Download). Semoga dapat memberikan manfaat. Salam Literasi.

1 comment for "Pembelajaran Berdiferensiasi, Contoh dan Cara Menyusun RPP Berdiferensiasi SD, SMP, SMA (Download)"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.