Cara Paling Mudah dan Cepat Mengaktifkan Akun belajar.id

Patut disyukuri, bahwa saat ini dunia pendidikan semakin giat menggencarkan program yang dapat membantu guru dalam mengajar. Dalam hal ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program aktivasi akun belajar.id. Kelebihannya, akun ini dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh guru, siswa dan tenaga kependidikan lainnya. Tujuannya adalah untuk dapat mengakses layanan pendidikan (pembelajaran) berbasis elektronik. Sehingga informasi penting dapat diperoleh secara elektronik.

Sudah tahukah Anda tentang akun belajar.id?

Ya, akun belajar.id adalah akun elektronik yang diterbitkan oleh Kemendikbud untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran, aksesbilitas, dan pengalaman belajar virtual yang berkualitas. Akun ini memuat nama akun (user ID) dan password.

Perlu diketahui bahwa peluncuran akun belajar.id ini telah ditayangkan di youtube. Bisa diakses di channel berikut.

Seperti yang disampaikan Kemdikbud bahwa akun belajar.id ini diluncurkan untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran di satuan pendidikan. Selain itu juga diharapakan dapat meningkatkan aksesibilitas terhadap beragam produk dan aplikasi pembelajaran. Hal terpenting juga mampu menghadirkan pengalaman belajar virtual yang lebih berkualitas.

Layanan lengkap tentang pembelajaran dan seputar belajar id, dapat diakses di laman belajar.id.

Kemudian, bagaimana cara mengaktifkannya. Ikutilah langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Hubungi operator sekolah. Mintalah akun ini yang telah diterima dari kemdikbud. Jika Ops belum mengaksesnya, silakan arahkan untuk masuk ke laman pd.data.kemdikbud.go.id. Kemudian login.

2. OPS dapat mengunduh melalui button “Unduh Akun” untuk mengunduh dokumen CSV.

3. Jika operator sekolah sudah memiliki dokumen yang berisi daftar nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password), ingat dengan baik akun dan password Anda.

4. Pastikan setiap guru dapat menggunakan user IDnya untuk login di laman mail.google.com;

5. Kemudian, tulislah password untuk akses masuk. Pasword yang digunakan adalah password yang diberikan oleh operator sekolah.

6. Untuk masuk akses akun belajar.id Anda, maka dapat menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran.

7. Gantilah password Akun Pembelajaran Anda dengan yang lebih mudah dan unik. Ingatlah akun dan passwordnya.

8. Selesai dan akun siap digunakan.

Akun ini menjadi jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke siswa, guru dan tenaga kependidikan. Setiap guru supaya sering mengakses informasi melalui akun ini. Sebab, di akun ini dapat diperoleh aplikasi rekomendasi kemdikbud.

Janganlah kawatir, akun ini aman untuk data privasi guru. Nah, untuk siswa dan tenaga kependidikan lainnya, cara mengaktifkannya juga sama. Langkah-langkahnya juga harus dilalui seperti di atas. Selamat mencoba. Semoga berhasil.

 

5 comments for "Cara Paling Mudah dan Cepat Mengaktifkan Akun belajar.id "

  1. Saya sudah mengaktifkan.. tapi selanjutnya bagaimana ya Pak..

    ReplyDelete
  2. Terus gunakan utk aktivitas pembelajaran. drive dimanfaatkan tanpa batas. dan jelajahi info dari kemdikbud

    ReplyDelete
  3. Terima kasih,Pak. Siap mencoba.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas kunjungannya

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.