Download Pedoman Angka Kredit Guru (PKB), Mudah Naik Pangkat Guru Profesional


 

Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 merupakan Pengembangan Profesi bagi Guru sebagai salah satu unsur utama dalam kenaikan pangkat dan pengembangan karirnya. Hal itu sangat penting untuk dilakukan selain kegiatanan atau pembimbingan serta tugas tugas tambahan lain.

Tentu saja tugas lain yang dimaksud harus relevan dengan fungsi sekolah yang diberikan angka kredit. Angka kredit dibutuhkan seabgai syarat untuk kenaikan pangkat atau jabatan fungsional guru. Nah, tujuan yang diinginkan adalah dengan adanya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan maka akan terwujud guru professional. Profesionalitas guru tidak saja diukur dari kemampuan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Namun, guru juga penting meningkatkan kompetensi profesionalnya melalui PKB ini.

Salah satu yang menjadi visi Kemdikbud adalah Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif. Maka peran, fungsi dan kedudukan guru sangat penting keberadaanya. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa guru dan dosen harus memiliki kompetensi yang memadai, professional dan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya (Pengantar Puku 4).

Sehubungan dengan fungsional atau jabatan guru, dibutuhkan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara sistematis. Program dan kegiatan terstruktur dapat dikembangkan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya berisi antara lain sebagai berikut.

BAB I berupa pendahulan yang berisi tentang:

A. Latar Belakang

B. Dasar Hukum Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

C. Tujuan dan Manfaat

D. Sasaran Pedoman

BAB II berisi tentang PKB bagi pengembangan Profesi Guru, yaitu:

A. Pengertian Umum

B. Jumlah Angka Kredit yang Dipersyaratkan dalam kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

C. Presentasi Ilmiah bagi Guru Madya IV/c

D. Jumlah Angka Kredit Karya Bersama

E. Publikasi Ilmiah atau Karya Inovatif

F. Prinsip-Prinsip Subunsur Publikasi Ilmiah

BAB III memuaat ragam kegiatan PKB guru, yaitu:

A.   Pengembangan Diri

B.   Publikasi Ilmiah

C.   Karya Inovatif pada Kegiatan PKB

BAB IV PENUTUP

Jadi, bagi guru yang ingin naik pangkat, haruslah memahami pedoman dalam buku 4 ini. Namun, tidak saja cukup memahami saja, tetapi perlu melakukan tugas-tugas pengembangan guru secara professional berkelanjutan.

Selama ini banyak yang cukup dipikirkan oleh guru (terutama dengan kompetensi terbatas) tentang Publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Janganlah ragu untuk berbuat dan mengembangkan diri, mari belajar dan berkarya.

Selengkapnya, buku 4 tentang Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya dapat didownload di sini.

 


10 comments for " Download Pedoman Angka Kredit Guru (PKB), Mudah Naik Pangkat Guru Profesional "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.