Cara Menyiapkan Siswa Belajar untuk Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 Tanpa Ikut Bimbel

Aleepenaku.com-Sesuai dengan rencana yang telah disampaikan jauh hari oleh pemerintah (Kemdikbud), bahwa tahun 2021 ini akan dilaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk yang pertama kalinya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Asesmen Nasional tahun ini diberlakukan untuk siswa SD kelas 5, SMP Kelas 8 dan SMA Kelas 11.

Artinya, jika tahun sebelumnya Ujian Nasional dilaksanakan pada kelas akhir setiap jenjang, tetapi berbeda untuk tahun ini. Berarti, guru dan satuan Pendidikan harus lebih dini menyiapkan siswa agar bisa mengikuti Asesmen Nasional. Meskipun bukan syarat kelulusan yang utama, tetapi Asesmen Nasional ditujukan untuk mengukur dan mengetahui potensi dan mutu pembelajaran di satuan Pendidikan. Sehingga, harus benar-benar dilaksanakan dengan baik.

Hal yang berbeda lainnya dengan pelaksanaan Ujian Nasional pada tahun-tahun sebelumnya adalah jumlah peserta. Jika dahulu, semua siswa diikutsertakan dalam UN, maka untuk Asesmen Nasional dipilih secara acak oleh Kemdikbud. Sehingga tidak seluruh siswa di kelas 5,8 dan 11 dapat mengikutinya. Jumahnya juga ditentukan. Yaitu, 30 siswa untuk SD, dan untuk SMP dan SMA berjumlah masing-masing 45 siswa.


Sedangkan untuk Asesmen Nasional, siswa dan satuan Pendidikan akan menghadapi 3 alat evaluasi yang akan dilaksanakan. Meliputi: AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter dan SLB atau Survei Lingkungan Belajar.

Perlu diketahui bahwa pada instrumen AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum siswa dihadapkan pada pengukuran kompetensi literasi dan numerasi. Namun demikian, kompetensi literasi dan numerasi dapat memuat muatan pelajaran secara terintegrasi yang disajikan dengan bentuk soal yang kompetitif, HOTS. Dalam soal literasi dan numerasi memuat: konten, proses kognitif serta konteks. Sehingga, soal-soal yang disajikan relevan dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Pada aspek survey karakter, siswa diminta untuk menjawab soal asesmen yang berhubungan dengan ranah sosio emosional. Profil Pelajar Pancasila menjadi salah satu aspek yang menjadi dasar instrumen yang akan disajikan pada siswa. Berakhlak mulia, beriman kepada-Nya, memiliki kebinekaan global, gotong royong, mandiri, memiliki nalar kritis serta kreatif.

Sedangkan survey lingkungan belajar akan diikuti oleh guru dan kepala satuan Pendidikan dengan mengisi instrumen yang telah ditetapkan.

Persoalan yang dihadapi saat ini adalah bagaimana cara mengajak atau menyiapkan siswa untuk mengikuti Asesmen Nasional tahun 2021 ini. Bukankah guru mengajar mata pelajaran atau guru kelas dengan tematik, kemudian yang diujikan kepada siswa berbasis literasi dan numerasi?

Apakah tidak terjadi kebingungan kepada siswa? Juga tidak kerepotan untuk guru?

Tenanglah, para sahabat aleepenaku. APa yang diajarkan guru di kelas adalah hal yang tepat berdasarkan kurikulum yang diikuti. Dalam mata pelajaran maupun muatan pelajaran yang diajarkan, juga pasti terdapat aspek literasi dan numerasi. Juga berkaitan dengan konten, proses kognitif dan konteks. Sebab, secara holistik, memanglah isi dari Pendidikan dan pembelajaran adalah sebagaimana yuang tercantum di atas.

Jadi, sesungguhnya, siswa yang telah belajar di kelas dengan ragam amta pelajaran dan muatan mata pelajaran, juga telah melakukan proses kognitif, kontek pelajaran dan konteks. Pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari menjadi konteks yang konntekstual dalam menyelesaikan masalah yang relevan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Nah, soal-soal yang diujikan dalam AKM memuat soal yang berliterasi dan numerasi sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Sehingga, secara implisit apa yang dipelajari di kelas, juga relevan dengan soal AKM yang diujikan.

Siap Belajar? Belajarlah dengan cara tepat di sini.

Hal ini telah diketahui dari sosialisasi maupun simulasi AKM yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Soal yang disajikan, sepertinya merupakan gambaran pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, siswa mudah dalam memahami soal yang disajikan.

Kemudian, sebenarnya siswa cukup kesulitan dalam menentukan jawaban. Sola variatif dengan jawaban juga bervariasi. Ada soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, jawaban singkat dan uraian dalam satu momentum pelaksanaan ANBK ini. Sehingga pada instrument AKM, siswa sekaligus dihadapkan pada 5 bentuk dan jenis soal tersebut.

Tentu saja, dibutuhkan persiapan yang matang dalam mengikuti ANBK, saatnya nanti. Sekitar setelah September 2021. Maka, satuan Pendidikan maupun guru perlu melakukan persiapan bagi siswanya untuk mengikuti Asesmen Nasional ini.

Hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 adalah sebagai berikut.

1.       Menyiapkan bahan ajar AKM, baik buku fisik maupun buku elektronik. Berikan jadwal belajar mandiri dan pendampingan di sekolah.

2.       Mengikuti simulasi 1 dan 2. Berikan pendampingan memahami prosedur pengerjaan dan memahami soal AKM.

3.       Memperbanyak latihan simulasi mandiri. Berikan arahan dan pendampingan dengan aplikasi di pusmenjar.

4.       Membaca buku mata pelajaran terkait

Untuk membiasakan mengikuti latihan dengan soal yang relevan dengan AKM, maka supaya diperbanyak latihan simulasi mandiri di pusmenjar.kemdikbud.go.id.

Jadi, dengan cara seperti tersebut di atas, sebenarnya siswa tidak harus mengikuti bimbingan belajar online atau offline. Tetapi, guru dan orang tua perlu saling bersinergi untuk memberikan bimbingan dan motivasi. Akan tetapi, apabila tetapi ditambah dengan program bimbel, juga tidak masalah. Hal itu akan lebih menambah wawasan siswa. Dengan catatan dapat mengatur waktu belajar dengan baik.

Bagi sahabat yang ingin memeroleh informasi lainnya terkait AKM dan ANBK,  aleepenaku menyarakankan untuk membaca juga:




Serta informasi penting terkait kesiapan siswa, guru dan satuan pendidikan menghadapi ANBK 2021, bisa baca juga:

Informasi Seputar KSN 2021

Twibbon Ceria Profil Pelajar Pancasila


Demikianlah yang dapat aleepenaku sajikan. Semoga dapat memberikan tambahan informasi. Khususnya bagi satuan pendidikan yang akan menghadapi ANBK 2021. Semoga sukses dan tetap sehat. Salam Literasi.


4 comments for "Cara Menyiapkan Siswa Belajar untuk Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 Tanpa Ikut Bimbel "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.