Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM) di Kelas Awal SD/ MI

Aleepenaku.com-Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM) di Kelas Awal SD/ MI. Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM) di Kelas Awal SD/ MI adalah informasi penting bagi guru kelas awal maupun orangtua ataupun guru di jenjang prasekolah. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan membaca murid sejak awal.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Bapak Abdul hadi (Sugali) dari Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Kemudian, juga tim Pelindung Kecamatan Dungkek terus mengembangkan agar semakin bermanfaat. Bu Tutuk Nuryati bersama tim mempresentasikan ini, khususnya bagi guru kelas awal. Sehingga manfaatnya semakin terasa.

Dalam channel yotubenya, ia memaparkan penggunaan aplikasi assessment formattif membaca (AFM) untuk kelas awal pada fase A saat siswa masuk pada fase A terutama di kelas 1. Perlu diketahui bahwa di kelas 1, tidak semua anak sudah mengenal huruf. Namun, juga terdapat beberapa anak yang sudah mengenal lambang huruf. Bahkan sudah ada yang bisa membaca walaupun masih mengeja.


Memang, kemampuan awal anak yang berbeda-beda. Oleh karena itulah, maka kondisi ini memerlukan penanganan yang berbeda pula dari guru. Tujuannya adalah agar anak dapat belajar sesuai kebutuhannya (pembelajaran sesuai dengan kebutuhan murid).

Untuk itu diperlukan pemetaan kemampuan awal membaca siswa atau asesmen awal. Pemetaan kemampuan awal membaca dilakukan dengan cara melakukan asesmen awal pembelajaran. Kemampuan membaca anak ini akan diketahui melalui kegiatan asesment membaca yang dilakukan oleh guru kepada muridnya.

Jika melakukan asesmen manual, akan  banyak membutuhkan kertas. Kemudian, pada guru dapat mengukur kemampuan membaca murid. Mulai dari membaca huruf, membaca suku kata, membaca kata, membaca lancar dan membaca pemahaman. Teknisnya, setiap murid atau anak harus mendapat asesmen dari poin-poin tersebut yang kedua rentang waktu yang dibutuhkan cukup lama. Lama waktu dilakukan untuk menganalisis hasil rekap assessmen yang telah disusun guru.

Maka, untuk mengatasi hal itu, Ibu Tutuk sebagai Penggiat Literasi Kecamatan Dungkek (Pelindung) berinisiatif untuk membuat aplikasi berbasis excel di komputer yang bisa mempermudah guru-guru dalam melakukan asesmen formatif membaca.

Keunggulan Aplikasi Asesmen Formatif Membaca (AFM)

  • Adapun beberapa keunggulan Aplikasi Asesmen Formatif Membaca (AFM) ini, sebagai berikut:
  • Bersifat praktis dan papers. Dengan aplikasi ini, guru tidak lagi membutuhkan banyak kertas.
  • Berbasis Excel yang sudah familiar dikenal oleh guru.
  • Efisiensi waktu. Sebab. hasil asesmen otomatis terdata, sehingga guru tidak perlu menyusun lagi rekap secara manual dan akurasi lebih terjamin
  • Berupa aplikasi offline. Sehingga aplikais ini tidak memerlukan jaringan internet.
  • Simpel dan mudah digunakan. Sebab, instrumen juga bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan guru.

Aplikasi asesmen formatif membaca ini hasil rekapnya bisa dicetak atau di print sehingga memudahkan guru untuk melakukan analisis kebutuhan siswa berdasarkan hasil asesmen.


Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM) di Kelas Awal SD/ MI


Adapun Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM) di Kelas Awal SD/ MI, sebagai berikut.


Pahami Menu atau Fitur pada halaman awal Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM), Perhatikan gambar di bawah ini.




Isilah data Sekolah dan Kepala Sekolah serta Guru, pada Fitur dalam Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM), Perhatikan gambar di bawah ini.


Isilah data siswa, pada Fitur dalam Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM), Perhatikan gambar di bawah ini.



Isilah data Penilaian Baca Huruf, pada Fitur dalam Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM), Perhatikan gambar di bawah ini.



Isilah data Penilaian Baca Suku Kata, pada Fitur dalam Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM), Perhatikan gambar di bawah ini.


Isilah data Penilaian Membaca Kata, pada Fitur dalam Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM), Perhatikan gambar di bawah ini.


Isilah data Penilaian Membaca Lancar, pada Fitur dalam Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM), Perhatikan gambar di bawah ini.


Isilah data Penilaian Membaca Pemahaman, pada Fitur dalam Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM), Perhatikan gambar di bawah ini.



Silakan Cek Rekap Nilai, pada Fitur dalam Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM), Perhatikan gambar di bawah ini.



Selanjutnya, lakukan evaluasi dan refleksi serta tindak lanjut dari kegiatan asesmen formatif membaca bagi siswa kelas awal SD/ MI ini.


Tutorials Video, simak di sini:




Untuk Selengkapnya, silakan UNDUH Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM) di Kelas Awal SD/ MI, Tekan WhatsApp.



Atau Kirim email, KE SINI dan atau baca DI SINI.

4 comments for "Aplikasi Praktis Asesmen Formatif Membaca (AFM) di Kelas Awal SD/ MI"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.