Twibbonize Puncak Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 752 Tahun 2021

Sahabat aleepenaku yang hebat, Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Sumenep merupakan salah satu kabupaten di Madura yang berada di paling ujung timur pulan Madura. Sumenep, kaya dengan beragam budaya, adat istiadat, destinasi wisata, kuliner, kerajinan tangan, dan destinasi yang menarik lainnya.

Sumenep pada zaman dahulu bernama Songenep. Secara etimologi sebagaimana yang dituliskan dalam id.wikipedia.org berasal dari bahasa Kawi atau Jawa Kuno dengan terjemahan sebagai berikut.

Diksi "Sung" berarti sebuah lembah atau cekungan.

Sedangkan kata "enep" berarti suatu endapan yang tenang.

Sehingga Songenep (dalam bahasa Madura) berarti sebuah lembah yang tenang. 

Sebenarnya nama Songenep disebutkan dan populer sejak zaman kerajaan Singasari yang berkuasa di tanah Jawa, termasuk Madura. Sesuai dengan penjelasan di id.wikipedia.org bahwa dalam kitab Pararaton menyebutkan tentang Songengep ketika Prabu Kertanegara menyingkirkan Arya Wirraja. Di mana diketahui bahwa Arya Wiraraja adalah penasihat kerajaan di bidang politik serta pemerintahan. Arya Wiraraja disingkirkan ke Songenep, (Sumenep, Jawa Timur) sekitar tahun 1629 M.

Nah, hingga kini, masih banyak peninggalan bersejarah di Kabuaten Sumenep. Termasuk peninggalan zaman Arya Wiraraja berada di Sumenep. Salah satu yang paling terkenal adalah Keraton Songenep.

Secara geografi, Kabupaten Sumenep memang terletak di ujung timur Pulau Madura. Sumenep terdiri dari wilayah lautan yang luas dan daratan. Sungguh unik. Pulaunya saja terdiri dari 126 pulau dengan destinasi wisata kepulauan yang menakjubkan.

Secara astronomis, Sumenep terletak di antara 113* 32'54''-116*16'48'' Bujur Timur dan di antara 4*55'-7*24' (tanda bintang adalah derajat).

Pulau terjauh dari pusat kota Sumenep adalah Pulau Karamian di Kecamatan Masalembu. Sekitar 78 pulau tidak berpenghuni. Sumenep berbatasan dengan Selat Madur dan Laut bali (Bagian Selatan, Laut Jawa (Bagian Utara), Kabupaten Pamekasan (Sebelah Barat), dan Laut Jawa dan Laut Flores (Di sebelsh timur)

Sebagaimana yang disebutkan dalam Sejarah dan Kondisi Kabupaten Sumenep bahwa pada tahun 1269 M, Arya Wiraraja diangkat oleh Prabu Kertanegara sebagai Adipati Pertama di Songenep. Sehingga, sampai saat ini Kabupaten Sumenep telah berdiri sekitar 752 tahun.

Nah, saat ini, Pemerintah Kabupaten Sumenep dipimpin oleh Bupati Achmad Fauzi, SH, MH. Terkait dengan Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang ke 752, melalui SE no. 556/1826/435.108.3/2021 tentang pemakaian baju adat bangsawaan dalam rangka memperingati Hari Jadi, maka pelaksanaannay dilakukan pada tanggal 28-29 Oktober 2021, yaitu hari efektif.  Sebab, pada tanggal 30 dan 31 Oktober adalah hari Sabtu dan Minggu.
Pemakaian baju adat ini berlaku untuk ASN di lingkungan pendidikan, PT. Termasuk siswa dan mahasiswa. Namun, untuk ASN yang memakai seragam khusus, tetap digunakan sesuai hari dinasnya. Selengkapnya dapat disimak dalam artikel Kominfo Kabupaten Sumenep, di sini.
Kemudian, terkait dengan Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang ke 752 ini, Kominfo Sumenep telah menerbitkan Twibbonize elegan untuk kita semua. Terutama masyarakat Sumenep.

Apabila ingin menggunakan twibbonize tersebut, maka pasanglah foto kita dengan seragam bangsawan, di bawah ini.
Twibbon oleh: Kominfo Sumenep

Pilihlah foto yang paling keren kita, dan gunakan twibbon di atas, fotonya Pasang Di Sini.



Silakan Pilih foto yang paling keren kita, dan gunakan twibbon di atas, fotonya 
Pasang Di Sini.


Untuk informasi yang sering dibaca pula, disarankan agar ditelusur:

2 comments for "Twibbonize Puncak Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 752 Tahun 2021"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.