Konsep Guru Merdeka Belajar, Aplikasikan 3 Caranya dalam Pembelajaran (Unduh Materi Merdeka Belajar Lengkap)

Aleepenaku.com-Kemajuan teknologi informasi, menjadi penting untuk diterapkan dalam pembelajaran Dan telah dipraktikkan sejak lama. Namun, barulah saat pandemi melanda, semua elemen merasakan pentingnya teknologi dan penerapannya. Termasuk teknologi digital dan komputerisasi dalam dunia pendidikan.

Gambar Tangkapan Layar: Materi Bimtek Merdeka Belajar Kemdikbud 2021

Pada artikel sebelumnya, admin aleepenaku mengetengahkan artikel Konsep Merdeka Belajar yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga, kita mengetahui bahwa merdeka belajar tidak sekadar bebas belajar. Namun, justru dapat melayani siswa belajar sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya, Siswa yang menjadi pembelajar yang diajak untuk menentukan tujuan pembelajaran. Dengan demikian kegiatan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam kerangka merdeka belajar, setiap siswa memiliki pilihan dengan cara belajar yang berbeda Di sinilah peran dan fungsi strategis guru harus diwujudkan. Guru bukanlah satu-satunya sumber belajar. Sehingga, guru pun dapat belajar dari siswa. Sebab, siswa yang memiliki pengetahuan dapat menjadi inspirasi untuk mengajar.

Merdeka Belajar, saat ini menjadi materi dalam Bimtek Merdeka Belajar Kemdikbud. Para guru pembelajar yang mendaftar menjadi peserta bimtek diarahkan untuk belajar mandiri secara aktif. Dalam kegiatan bimtek tersebut, disajikan materi yang praktis dan mudah dipahami. Juga ditampilkan infograris, pretes, quiz dan post test untuk mengukur pemahaman guru. Bagi yang belum mendaftar, silakan mendaftar segera, masih ada waktu.

Mendaftar Bimtek Merdeka Belajar Kemdikbud, Di Sini.

Konsep Guru Merdeka Belajar

Nah, kali ini admin aleepenaku ingin berbagi tentang Konsep Guru Merdeka Belajar. Apakah maksud dari Guru Merdeka Belajar.

Guru Merdeka Belajar dapat diartikan sebagai guru yang selalu melakukan refleksi diri untuk menyesuaikan pemikirannya serta perbuatannya terhadap perubahan positif dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan atau ideal.

Menurut pengertian tersebut, dimaknai bahwa guru dituntut untuk selalu melakukan koreksi diri, evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan, mencari solusi, melakukan perubahan ke arah lebih baik, menyesuaikan pemikiran dan perbuatan hingga cara terbaik dalam mencapai tujuan.

Untuk ituah setiap guru perlu menerapkan secara nyata indkator aplikatif Guru Merdeka Belajar, yaitu sebagai berikut.

  1. Komitmen pada Tujuan
  2. Mandiri pada Cara
  3. Refleksi Berkala

Secara rinci dari tiga hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Komitmen pada Tujuan

Setiap guru diharapkan memiliki komitmen yang tinggi terhadap tujuan pembelajaran dan pendidikan. Sehingga, fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran. Sehingga, murid atau siswa juga memiliki kemampuan belajar yang baik. Maka, yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Setiap guru harus dapat melakukan praktik. Sebab, dengan praktik akan membuatnya sadar utuh terhadap pembelajaran yang esensial. Maka, tanpa praktik, berarti guru belum bisa melakukan evaluasi dirinya.
  • Guru harus mampu memahami dan memprioritaskan murid. Murid merupakan subjek dalam pembelajaran. Murid bukanlah kertas kosong. Mereka telah memiliki pengetahuan awal yang beragam.
  • Guru harus mampu menetapkan tujuan dan target. Tentu saja yang menantang. Namun, juga realistis dicapai dalam pembelajaran dan pengembangan diri. Sehingga, tujuan dan target seharusnya dicapai dengan tantangan yang menyenangkan.

2. Mandiri pada Cara

Setiap guru juga harus memiliki kemandirian dalam menetapkan cara, metode, strategi dan teknik dalam pembelajaran. Sehingga, yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Guru mampu merancang pembelajaran sesuai dengan  kebutuhan dan kesiapan siswa/ murid.
  • Guru mampu mencari dan menerapkan cara yang efektif untuk mengatasi kesulitan yang dijumpai pada pembelajaran murid/ siswa.
  • Guru senantiasa dapat mengikuti kegiatan (komunitas, berbagi, pelatihan, coaching, dan sebagainya) untuk melakukan pengembangan diri

3. Refleksi Berkala

Kemudian, guru juga harus mampu melakukan refleksi diri secara berkala, dengan melakukan hal berikut.

  • Guru dapat membuat catatan reflektif harian. Tujuan catatan reflektif ini adalah untuk mengenal apa yang sudah efektif dan apa yang perlu diperbaiki. Sehingga, memiliki masukan atau input untuk memperbaiki situasi pembelajaran menjadi lebih baik.
  • Guru juga seharusnya mememinta umpan balik. Yakni dari rekan guru, kepala sekolah/ madrasah untuk memperbaiki pembelajaran. Juga bisa meminta saran dan masukan dari siswa.
  • Guru harus mampu menindaklanjuti hasil refleksi dan umpan baliknya. Tindak lanjut itu tergambar dan diaplikasikan pada rencana pembelajaran pengembangan dirinya.

Nah, demikianlah Konsep Guru Merdeka Belajar yang perlu dipraktikkan oleh guru. Kemudian, di bawah ini dapat diunduh beragam materi Merdeka Belajar dari Bimtek Merdeka Belajar Kemdikbud tahun 2021.

Konsep Guru Merdeka Belajar👇

Materi Bimtek Merdeka Belajar Kemdikbud 2021 dapat diunduh di bawah ini.

Konsep Merdeka Belajar >>> Unduh File

Grafik Perkembangan Guru >>> Unduh File

Ki Hajar Dewantara dan Merdeka Belajar >>> Unduh File

Kuesioner Refleksi Aktivitas >>> Unduh File

Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar >>> Unduh File

Merdeka Menurut KHD >>> Unduh File

Praktik Baik Merdeka Belajar >>> Unduh File

Miskonsepsi Belajar >>> Unduh File

Kanvas Refleksi Guru Merdeka Belajar >>> Unduh File

Sumber:  Materi Bimtek Merdeka Belajar Kemdikbud 2021

Materi Slide Konsep Merdeka Belajar Kemdikbud👇

RPP Selembar Kelas7,8,9 SMP/ MTs >>>>>> Unduh 

Ringkasan (Resume) Materi Tematik untuk Kelas 1-6 SD/ MI 👇


Aplikasi Penilaian Pembelajaran Excel PH, PTS, PAS (APP) 

Untuk info penting yang sering diunduh lainnya, baca juga:

3 comments for "Konsep Guru Merdeka Belajar, Aplikasikan 3 Caranya dalam Pembelajaran (Unduh Materi Merdeka Belajar Lengkap)"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.