Twibbon Keren Peringati Hari Hak Azasi Manusia (HAM)

 Aleepenaku.com-Twibbon Keren Peringati Hari Hak Azasi Manusia (HAM) merupakan instrumen untuk menyemarakkan peringatan Hari Hak Azazi Manusia (HAM) yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Desember. Nah, pada tanggal 10 Desember 2021, peringatan Hari HAM adalah peringatan di tahun ke-2 masa pandemi. 

Gunakanlah Twibbon Keren di atas, Pasang Foto Di Sini.

Meskipun sekolah tidak diliburkan, atau tidak menunjukkan tanggal merah, namun Hari Hak Azasi Manusia merupakan momentum yang baik untuk merefleksi diri tentang hak yang paling azasi pada setiap diri manusia. Juga pengakuan terhadap hak azasi orang lain. Sehingga, jika telah memahami hak masing-masing orang, maka akan tercipta hidup yang saling rukun, menghormati, menghargai, tidak mengganggu atau bahkan tidak merampas hak azasi orang lain.

Dalam dunia pendidikan, Hak Azasi Manusia juga dipelajari. Dimuai dari yang sederhana. Bagaimana setiap anak memiliki hak berdasarkan Konvensi Hak Anak. Kemudian, siswa juga diajarkan tentang hak-hak setiap anak, siswa, warga negara dan warga masyarakat. Sehingga hak yang paing melekat pada diri seseorang itulah yang dikatakan sebagai hak azasi manusia.

Twibbon PPP: Profil Pelajar Pancasila

Dibaca dan dikutip dari https://hukum.uma.ac.id/, bahwa Hak Azasi Manusia (HAM) merupakan hak yang paling fundamental. Hak dan kebebasan yang paling mendasar bagi semua orang. Dengan demikian, tidak memandang berasal dari bangsa mana, jenis kelamin, etnis, ras, agama, bahasa dan apapun statusnya, status sosialnya, maka setiap orang memiiki hak dan kebebasan yang paling azasi.

Setiap orang memiki hak azasi yang meliputi hak sipil maupun hak politik. Setiap orang memiliki hak untuk hidup, memiliki kekbebasan untuk berekspresi. Setiap orang memiliki hak dalam bidang sosial, budaya dan ekonomi. Setiap orang memiliki hak dalam bekerja, memeroleh pendidikan dan berhak untuk memeroleh sandang dan pangan.

Aplikasi Pembelajaran dan Pendidikan, di sini.

Hak asasi manusia mencakup hak sipil dan politik, seperti hak untuk hidup, kebebasan dan kebebasan berekspresi. Selain itu, ada juga hak sosial, budaya dan ekonomi, termasuk hak untuk berpartisipasi dalam kebudayaan, hak atas pangan, hak untuk bekerja dan hak atas pendidikan. Oleh karena itulah, maka hak azasi manusia tersebut dilindungi oleh hukum dan perjanjian international maupun nasional.

Secara International, melalui Deklarasi Universal HAM, merupkan dasar dari sistem international untuk perlindungan HAM atau hak azasi manusia. Kemudian, pada 10 Desember 1948 melalui sidang umum PBB, dinyatakan untuk tidak melanjutkan Perang Dunia II.

Dalam Hak Azasi Manusia (HAM), martabat dan persamaan hak merupakan kunci untuk menempatkan seseorang pada hak azasinya. Jadi, martabat dan persamaan merupakan kata kunci yang diakui dan tidak kontroversi di seluruh negara di dunia ini. Maka, hak azasi manusia bersifat universal yang berlaku di semua negara. Setiap orang yang berada di negara lain, tetap hak azasinya menjadi terjaga.

Dengan demikian, menunjukkan bahwa HAM ini berlaku untuk semua orang di dunia ini dan bersifat umum atau universal. Sehingga, seseorang seharusnya merasa aman dan dilindungi hidup di suatu negara dan jika bepergian ke suatu negara lainnya. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, setiap ornag memiliki hak azasi manusia.

Hak azasi ini tidak boleh dan tidak dapat dicabut, dipisahkan atau dikerdilkan dari seseorang. Hak azasi manusia melekat pada setiap orang. Oleh karena itu, jaminan hak azasi manusia menjadi sesuatu yang pokok bagi setiap orang.

Namun, demikian, setiap orang juga harus memerhatikan, menghormati, menghargai dan mengakui hak azasi orang lain. Sehngg dapat dikatakan bahwa setiap orang memerlukan untuk saling melindungi dan mendukung hak azasinya. Tidak boleh mendiskriminasi orang lain. Hak Azasi manusia adalah hak dasar untuk kebutuhan hidupnya.

Nah, pada kesempatan ini, aleepenaku ingin berbagi Twibbon Keren Peringati Hari Hak Azasi Manusia (HAM), dengan harapan dapat disosialisasikan betapa setiap manusia memiliki hak dasar yang harus dihormati. Serta setiap orang menjadi pelopor untuk menghormati hak Azasi orang lain.

Untuk menggunakan Twibbon Keren di atas, Pasang Foto Di Sini.


Silakan Gunakan Twibbon Keren di atas, Pasang Foto Di Sini.

Gunakanlah Twibbon SuperKeren di atas, Pasang Foto Di Sini.

1 comment for "Twibbon Keren Peringati Hari Hak Azasi Manusia (HAM)"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.