Up Date Informasi dari Akun SIM PKB Guru, Yuk

Aleepenaku.com-Sahabat guru Indonesia. Waktu lalu ada yagn bertanya kepada admin aleepenaku tentang Akun SIM PKBnya. Beberapa hal yang menjadi persoalan adalah prinsip. Misalnya, ia adalah seorang guru, tetapi belum pernah membuka akun SIM PKB sendiri. Bahkan, ada juga yang belum memahami perkembangan terakhir di SIM PKB. Maka, aleepenaku menyarakan, Pastikan Segera Up Date Akun SIM PKB Guru Sebelum Semester 2 Berakhir. 

SS: Laman SIM PKB
Mengapa? Sebab dari akun SIM PKB kita banyak mengetahui informasti terkaiat dengan GTK, Peningkatan kapasitas dan kompetensi GTK serta informasi terkait dengan KKG, Rapor Pelatihan, Bimtek, dan sebagainya.

Maka, setiap guru seharusnya dapat mengelola SIM PKB nya dengan tepat. Sehingga bagi guru perlu memahami Cara Guru Mengelola Akun SIM PKB dengan sebaik-baiknya. SIM PKB juga merupakan rekam jejak digital profesi keguruan. Sebab, terintegrasi dengan data pokok pendidikan guru.

Dalam mengelola SIM PKB, guru bisa mengikuti program guru penggerak, Guru Belajar dan Berbagi, PSP: Program Sekolah Penggerak dengan Struktur Kurikulum. Kemudian, beragam Bimtek dan Pelatihan yang tersedia dari SIM PKB. 

Apalagi dengan Program Sekolah Penggerak (PSP) dan menanamkan karakter Profil Pelajar Pancasila, dan cara menyosialisasikan Pelajar Pancasila maka guru perlu menguasai manajemen SIM PKBnya. Guru penting juga memahami Platform Guru Merdeka Mengajar dan dokumen terkait PSP, Ruang Lingkup, dan Modul Pembelajaran untuk KBM.

Pada laman gtk.belajar.kemdikbud.go.id, guru dapat login akun SIM PKB nya. Lalu mencari informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan profesinya sebagai guru. Di laman tersebut juga, sahabat dapat mencari dan memhami program apa yang akan diikuti dan dibutuhkan. 

Maka, pertanyaan yang sering muncul tentang SIM PKB, misalnya tentang sebagai berikut.

AKUN SIM PKB TIDAK UP DATE

Kemungikan Akun SIMPKB Guru tidak update;

1. Akun SIMPKB Guru tidak sinkron dengan Dapodik

2. Akun SIMPKB Guru belum sinkron dengan Dapodik.

Akun SIMPKB TIDAK sinkron dengan Dapodik

Maka, Pastikan akun SIMPKB Anda terkoneksi dengan Dapodik.

Akun SIMPKB tersambung koneksi dengan Dapodik, namun belum sinkron.

Pastikan setiap guru sudah melakukan update data di Dapodik dan dinyatakan valid pada Dapodik Pusat, selanjutnya tunggu 2x24 jam untuk proses sinkronisasi data dari Dapodik ke SIMPKB.

Cara mengetahui  akun SIMPKB terkoneksi dapodik atau tidak

Lakukan pengecekan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Kunjungi atau masuk laman portal layanan SIMPKB pada laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
  2. Klik di Pencarian Data GTK, kemudian menuju ke laman pencarian data GTK
  3. Masukkan nama lengkap atau nomor UKG, Pilih Provinsi dan Kota tempat tinggal kita
  4. Klik, Cari GTK
  5. Status koneksi dapodik data guru akan ditampilkan
Sumber: https://bantuan.simpkb.id/books/simpkb-faq/simpkb-faq.pdf 

APLIKASI SIM PKB ANDROID dari GPS👇

Post a Comment for "Up Date Informasi dari Akun SIM PKB Guru, Yuk"