Keputusan Kepala Badan Litbang dan Perbukuan No. 028/H/KU/2021: Capaian Pembelajaran PAUD, SD/ SDLB, SMP/ SMPLB, SMA/SMALB Pada Program Sekolah Penggerak

 Aleepenaku.com-Capaian Pembelajaran PAUD, SD/ SDLB, SMP/ SMPLB, SMA/SMALB Pada Program Sekolah Penggerak dan Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak merupakan capaian yang seharusnya dapat dicapai oleh siswa secara minimal pada program sekolah penggerak. Oleh karena itulah Capaian Pembelajaran PAUD, SD/ SDLB, SMP/ SMPLB, SMA/SMALB Pada Program Sekolah Penggerak harus dapat dipetakan guru agar bisa benar-benar dilaksanakan secara optimal.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Hal ini ditetapkan sebagai pertimbangan dalam mengimplementasikan kebijakan tentang Program Sekolah Penggerak pada jenjang PAUD, SD/ SDLB, SMP/ SMPLB, SMA/SMALB Pada Program Sekolah Penggerak. Sehingga, penting untuk ditetapkan keputusan Kepala Badan Litbang dan Perbukuan Kemdikbudristek. Maka, juga guru perlu memerhatikan Dokumen penting terkait dengan Program Sekolah Penggerak.

Konsideran ditetapkannya Keputusan tersebut, di antaranya sebagai berikut.

  1. UU NO. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional/ Sisdiknas (LN Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan LN  Republik Indonesia Nomor 4301); 
  2. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 87; 
  3. Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 242)
  4. Perpres No. 31/ 2021 tentang Penataan Tugas dan Fungsi Kemendikbudristek
  5. Permendikbud No. 137/ 2014 tetnang SNP AUD
  6. Permendikbud No 16/2016, tentang SKL Dikdasmen

serta konsederan lainnya sebagaimana tercantum pada Keputusan Kepala Badan Litbang dan Perbukuan No. 028/H/KU/2021 tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMa, SDLB,SMPLB dab SMALB pada PSP.

Bagi guru PAUDDIKDASMEN juga perlu memiliki buku Guru Pada Program Sekolah Penggerak serta memahami dengan tepat dan detail tentang Ruang Lingkup, Capaian dan Evaluasi Sekolah Penggerak. Jika terdapat hal yang perlu ditanyakan seputar kurikulum sekolah penggerak ataupun program sekolah penggerak, silakan dapat mengunduh panduan Tanya Jawab Sekolah Penggerak.

Di antara rasional yang dijabarkan, bahwa pada jenjang PAUD terdapat komponen penting untuk kesiapan bersekolah, yaitu sebagai berikut.

  • Kematangan emosi
  • Keterampilan sosial
  • Kematangan Kognitif
  • Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri

Pada jenjang Dikdasmen, mata pelajaran bahasa Indonesia menekankan kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir yang merupakan fondasi dari kemampuan literasi. 

Adapun tujuan dari mata pelajaran bahasa Indonesia, di antaranya sebagai berikut.

  1. terwujudnya kahlak mulia dengan menerapkan bahasa Indonesia dengan santun.
  2. sikap menghargai terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Negara RI.
  3. kecakapan berbahasa dengan berbagai teks multimodal
  4. kemampuan berliterasi
  5. percaya diri dalam berekspresi
  6. peduli terhadap budaya lokal
  7. peduli untuk berkontribusi

Capaian Pembelajaran Bahasa Indoenesia setiap Fase:

Untuk Kelas 1 dan 2

Gambar SS: Keputusan Kepala Badan Litbang dan Perbukuan No. 028/H/KU/2021

Untuk Kelas 3 dan 4

Gambar SS: Keputusan Kepala Badan Litbang dan Perbukuan No. 028/H/KU/2021


Untuk Kelas 5 dan 6

Gambar SS: Keputusan Kepala Badan Litbang dan Perbukuan No. 028/H/KU/2021

dan selanjutnya hingga pada jenjang SMP dan SMA serta SMPLB dan SMA LB.

Kurikulum Paradigma Baru 👇👇👇

Selengkapnya tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD/ SDLB, SMP/ SMPLB, SMA/SMALB Pada Program Sekolah Penggerak, dapat diunduh Keputusan Kepala Badan Litbang dan Perbukuan No. 028/H/KU/2021tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMa, SDLB,SMPLB dab SMALB pada PSP: Program Sekolah Penggerak di bawah ini.

Keputusan Kepala Badan Litbang dan Perbukuan No. 028/H/KU/2021tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMa, SDLB,SMPLB dab SMALB pada PSP:

=== UNDUH FILE ===

Aplikasi Terbaru e-Rapor Jenjang SMP Versi 2.2 👇👇👇


APLIKASI PENILAIAN (RAPOR)Jenjang SD/ MI TA 2021-2022

Aplikasi Terbaru e-Rapor Jenjang SMA 👇👇👇

2 comments for "Keputusan Kepala Badan Litbang dan Perbukuan No. 028/H/KU/2021: Capaian Pembelajaran PAUD, SD/ SDLB, SMP/ SMPLB, SMA/SMALB Pada Program Sekolah Penggerak "

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.