Unduh Jawaban Tugas 2.b.4 Refleksi Penyusunan Materi Ajar PPG Dalam Jabatan

Aleepenaku.com - Tugas 2.b.4 Refleksi Penyusunan Materi Ajar PPG Dalam Jabatan . Tugas 2.b.4 Refleksi Penyusunan Materi Ajar PPG Dalam Jabatan  ini merupakan contoh atau bandingan tugas serupa jika menjadi tugas PPG Dalam Jabatan. Tugas ini merupakan tugas guru peserta PPG Dalam Jabatan dari Sdr Mela Kurnia. Sekiranya dapat dijadikan inspirasi apabila terdapat tugas yang relevan. Harapannya dapat dikembangkan lagi.


Tugas 2.b.4 Refleksi Penyusunan Materi Ajar PPG Dalam Jabatan ini sebagai refleksi terhadap amteri ajar Trigonometri yang disusun sebagai berikut.

Daftar Isi

Kata pengantar  ……………………………………………………………………… 

Daftar isi  ………………………………………………………………...………….. 

A. Pendahuluan

1. Deskripsi singkat ………………………………………………..…………...   

2. Capaian Pembelajaran ……………………………………………………….   

B. Uraian Materi

1. Materi ………………………………………………………………………...  

a. Pengertian Trigonometri …………………………………………………  

b. Konsep Dasar Trigonometri ……………………………………………..   

c. Fungsi Trigonometri ……………………………………………………..  

d. Sudut Elevasi dan Sudut Depresi Pada Trigonometri …………………...   

e. Aplikasi Trigonometri dalam Kehidupan Sehari-hari …………………..   


2. Tugas …………………………………………………………………………  

3. Diskusi dan Pembahasan …………………………………………………….   

C. Penutup

1. Rangkuman ………………………………………………………………….   

2. Tes Formatif …………………………………………………………………   

3. Kunci Jawaban ………………………………………………………………   

D. Daftar Pustaka …………………………………………………………………... 


Materi ajar ini disusun untuk memecahkan masalah kontekstual yang sering dihadapi oleh siswa. Masalah kontekstual tersebut yaitu:  Ketika guru melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama siswa. Guru menyampaikan kepada siswa untuk mengamati keadaan lingkungan Sekolah, kemudian pengamatan di fokuskan untuk mengukur ketinggian sebuah pohon Cemara yang terdapat di halaman sekolah. Tidak mungkin (secara fisik) akan melakukan pengukuran dari bawah ke atas (puncak) obyeknya dengan menggunakan meteran. Salah satu cabang matematika yang dapat dipakai dalam membantu pengukuran ini adalah trigonometri. Dalam pengamatan akan didapat sudut dan jarak pengamat dengan tinggi pohon, kemudian dengan bantuan pengetahuan trigonometri maka akan dapat dihitung tinggi pohon tersebut. Disini guru memberikan pemaparan kepada siswa tentang jarak antara pengamat (siswa) dengan pohon Cemara itu sekitar 130 meter. Dan tinggi pengamat dari tanah adalah 168 cm. Jika sudut elevasi yang terbentuk adalah 60⁰ dari pengamat ke pucuk pohon, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengukur ketinggian pohon tersebut dengan memperhatikan sudut elevasi dan jarak pohon dengan pengamat.

Kenyataan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang kehidupan banyak membutuhkan pengetahuan tentang trigonometri, antara lain bidang keteknikan, bidang IPA, bidang penerbangan, bidang pelayaran dan sebagainya. 


2.b.4 Refleksi Penyusunan Materi Ajar

1. Apa Lesson learn yang anda peroleh selama kegiatan penyusunan materi ajar ini ?
Selama kegiatan penyusunan materi ajar ini saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentang bagaimana cara membuat materi ajar di Sekolah Dasar. Dapat berdiskusi dengan dosen yang kompeten dengan bidangnya serta berdiskusi dengan teman sesama mahasiswa ppg Universitas Pasundan yang mempunyai pengalaman mengajar luar biasa sehingga saya mendapat pengetahuan dan pengalaman baru yang nantinya dapat saya terapkan ketika saya mengajar di Sekolah.

2. Apa yang menjadi kesulitan dalam melakukan penyusunan materi ajar pada modul ini?
Kesulitan pada saat menyusun materi ajar adalah tentang tata cara serta penyusunan materi ajar, waktu yang diberikan untuk menyusun materi ajar cukup singkat sekali. Kami hanya diberi batas waktu penyusunan selama 2 hari. Untuk menyusun materi ajar, analisis materi ajar yang didapat kami harus mencari banyak referensi dari beberapa sumber agar sesuai dan sistematis.

3. Menurut Anda, bagaimana tingkat kebermanfaatan kegiatan yang dilakukan dalam menunjang tugas Anda sebagai guru?
Tingkat kebermanfaatan kegiatan membuat materi ajar ini sangat tinggi, karena hal ini sangat berkaitan erat dengan salah satu tugas guru yaitu tahap mempersiapkan materi ajar. Dan kegiatan ini dapat kita aplikasikan nantinya di sekolah tempat kita mengajar.

4. Pada bagian proses pembelajaran mana, yang menurut Anda menarik?
Proses pembelajaran yang menarik yaitu pada saat kami harus menganalisis materi ajar serta mendiskusikan materi ajar yang telah kami analisis bersama Dosen dan teman-teman.

UNDUH Jawaban 2.b.4 Refleksi Penyusunan Materi Ajar

Untuk lebih jelasnya tentang UNDUH Jawaban 2.b.4 Refleksi Penyusunan Materi Ajar dapat diunduh dengan menekan tombol Download di bawah ini.

UNDUH MATERI AJAR 2.b.4

UNDUH Refleksi Penyusunan Materi Ajar  2.b.4

Informasi dan hal penting lainnya direkomendasikan juga:

Lengkap: UNDUH Kumpulan Soal (Try Out), Pembahasan dan Pengayaan UP UKMPPG Tahun 2022

Unduh Contoh Jawaban LK 3.1 Jurnal Mengajar, Pelaksanaan Praktik Mengajar dan Laporan PPL pada PPG Dalam Jabatan >>>> UNDUH FILE

Unduh Jawaban LK 2.1 Identifikasi Masalah, Rancangan Pembelajaran, Peerteaching dan Uji Komprehensif PPG Dalam Jabatan >>>> UNDUH FILE

UNDUH Lengkap Kunci Jawaban LK 2.a.1.8 -LK 2.a.6.8 Analisis Modul Ajar (Profesional dan Pedagogik) PPG Dalam Jabatan >>>> UNDUH BERKAS

UNDUH Kunci Jawaban LK 2.c.7: Analisis Pedagogik M2KB3, M4KB3, Lembar Kerja Refleksi Pembelajaran Modul Pedagogik >>> Unduh ke sini

Unduh Jawaban Tugas 2.b.4 Refleksi Penyusunan Materi Ajar PPG Dalam Jabatan





ATP Kurikulum Merdeka Jenjang SD/ MI >>>> UNDUH File




UNDUH Perangkat Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:


Demikian Informasi penting tentang Unduh Jawaban Tugas 2.b.4 Refleksi Penyusunan Materi Ajar PPG Dalam Jabatan Simak Info Pendidikan Terbaru di blog ini. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Unduh Jawaban Tugas 2.b.4 Refleksi Penyusunan Materi Ajar PPG Dalam Jabatan "