Lakukan Sekarang: Pemutakhiran Data Otomatis Akun Belajar.id bagi Guru dan Tenaga Kependidikan

Aleepenaku.com - Lakukan Sekarang: Pemutakhiran Data Otomatis Akun Belajar.id bagi Guru dan Tenaga Kependidikan. Apakah sudah melihat Akun SIM PKB masing-masing GTK? Lakukan Sekarang: Pemutakhiran Data Otomatis Akun Belajar.id bagi Guru dan Tenaga Kependidikan merupakan informasi penting bagi setiap GTK untuk mengetahui perkembangan terbaru terkait dengan update akun belajar.id.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: https://belajar.id/


Notifikasi di Akun SIM PKB Guru

Tetapi, tidak perlu risau, sebab up date ini dilakukan secara otomatis. Maka, seperti yang tampak pada halaman awal SIM PKB GTK, terdapat notifikasi sebagai berikut. Bahwa saat ini terdapat pemutakhiran data secara otomatis. Yaitu pemutakhiran data di Akun Belajar.id. masing-masing GTK.

Untuk selanjutnya, silakan lakukan langkah-langkah berikut:

  • Cek email Akun Belajar.id. Terdapat Informasi yang dikirimkan oleh no-reply@belajar.id. Jika Anda tidak menemukannya di ‘Kotak Masuk’, segera silakan cek pada kanal lain, seperti: Spam atau Promosi.
  • Perhatikan batas waktu yang tertera pada email notifikasi yang diterima.
  • Hapus tautan Akun Belajar.id Anda. Kemudiann tautkan kembali dengan Akun Belajar.id yang baru sesuai dengan jenjang atau role Anda saat ini. Ikuti segera sesuai dengan panduan berikut https://bit.ly/TautkanAkunBelajarid-SIMPKB
  • Silakan untuk mengikuti instruksi atau petunjuk lainnya yang terdapat pada email terutama terkait pemindahan data.
  • Apabila email notifikasi atau pemberitahuan yang Anda terima tidak benar, silakan hubungi tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman https://belajar.id. Simak segera informasi selengkapnya di https://bit.ly/PemutakhiranDataBelajarid

Sumber: Akun SIM PKB Guru

Pemutakhiran Data Akun Belajar id

Sebagaimana yang dijelaskan pada laman https://pusatinformasi.belajar.id/ bahwa per bulan Juli 2022, telah dilakukan pemutakhiran data pada sistem Belajar.id. Pemutakhiran data ini bertujuan agar akun Belajar.id dapat tersinkronisasi secara otomatis dengan data Dapodik Jika sudha sinkron, ,maka detail nama akun, data profil, dan lainnya akan terus diperbarui tanpa harus mengubah secara manual, tetapi berubah secara otomatis.

Apa tujuan dari pemutakhiran data itu sendiri?

Tujuannya adalah:

  • Sinkronisasi data pada sistem Belajar.id dengan data yang tersedia di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) secara berkala.
  • Dengan adanya email notifikasi yang akan diterima GTK bahwa setiap terdapat perubahan data, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi lebih mengetahui apabila ada pembaruan yang harus segera dilakukan.
Selengkapnya tentang Pemutakhiran Data Akun Belajar id kunjungi laman pusat informasi belajar.id:

Cara Mengetahui Ketersediaan Akun Belajar id bagi Guru dan Tenaga Kependidikan

Akun Pembelajaran GTK: yang terdiri dari nama akun (User ID) dan kata sandi (password) juga dapat digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Tenaga Kependidikan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Maka, pastikan setiap GTK terdapat dalam Dapodik dan aktif.

Untuk mengetahui status dan ketersediaan Akun Pembelajaran GTK, silakan lakukan pemeriksaan pada laman https://belajar.id/ .

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk Mengetahui Ketersediaan Akun Belajar id bagi Guru dan Tenaga Kependidikan di laman belajar.id , Silakan Klik Tautan berikut.

 <<<< Ketersediaan Akun Pembelajaran GTK >>>>


Panduan Menautkan SIM PKB dan Akun Belajar.id

Pastikan setiap GTK memahami Panduan Menautkan SIM PKB dan Akun Belajar.id. Untuk mengunduh Panduan Menautkan SIM PKB dan Akun Belajar.id atau membacanya, silakan klik tautan berikut.

 <<<< Panduan Menautkan SIM PKB dan Belajar.id >>>> atau BACA DI SINI.


Cara Operator Sekolah Mendapatkan Akun Belajar id

Pada laman https://pusatinformasi.belajar.id/hc/en-us/articles/4425393922585 dijelaskan bahwa Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) merupakan pengelola data di tingkat sekolah atau satuan pendidikan adalah ujung tombak semua pendataan. 

Maka, secara otomatis hak akses ke seluruh pengelolaan data di sekolah atau satuan pendidikan akan menjadi tanggung jawab operator sekolah. Juga termasuk data pengguna Akun Pembelajaran di sekolah tersebut. 

Lalu, bagaimana cara ops mendapatkannya? Silakan unduh melalui laman https://pd.data.kemdikbud.go.id dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka laman https://pd.data.kemdikbud.go.id
  2. log in menggunakan akun SSO Dapodik di mana akun terdaftar di https://sdm.data.kemdikbud.go.id
  3. Klik tombol “Unduh Akun”, pilih “Peserta Didik” atau “PTK” untuk mengunduh. Perlu diketahui, data terdiri atas nama akun (User ID) dan kata sandi akun (password) dalam format .csv 
  4. Buka data dengan format .csv yang sudah diunduh, lalu berikan informasi akun (User ID dan password) kepada user/ pengguna
  5. Pastikan informasi hanya diberikan kepada GTK pemilik resmi akun sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

Setelah pengguna atau GTK menerima detail Akun Pembelajaran, silakan diarahkan untuk melakukan aktivasi akunnya secara mandiri. 

Jika OPS belum memiliki akun untuk log in ke laman https://pd.data.kemdikbud.go.id, maka harus melakukan registrasi atau daftar terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  2. Klik "Registrasi Anggota"
  3. Pilih "Operator Sekolah"
  4. Isi formulir yang diberikan
  5. Klik "Registrasi"
  6. Pusdatin akan meninjau permintaan registrasi Anda
  7. Silakan melakukan pemeriksaan secara berkala

Silakan melihat hasil permintaan registrasi tersebut disetujui atau ditolak dengan cara berikut:

  1. Buka laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  2. Klik "Status Pendaftaran"
  3. Masukkan email yang didaftarkan
  4. Klik "Cek"

Setelah memiliki akun, OPS dapat mengunduh data pengguna Akun Pembelajaran di sekolah Anda.

Sumber Artikel: https://pusatinformasi.belajar.id/hc/en-us/articles/4425393922585


Informasi rekomendasi lainnya, sebagai berikut:

POS ANBK 2022

JUKNIS ANKB 2022

Jadwal ANBK 2022









RPP dan Administrasi Guru 👇:


Demikian Informasi penting tentang Lakukan Sekarang: Pemutakhiran Data Otomatis Akun Belajar.id bagi Guru dan Tenaga Kependidikan. Simak terus info pendidikan di aleepenaku. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Lakukan Sekarang: Pemutakhiran Data Otomatis Akun Belajar.id bagi Guru dan Tenaga Kependidikan"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.