Twibbon Harmoni Bumi Sumekar Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 Tahun 2022

Aleepenaku.comTwibbon Harmoni Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 Tahun 2022. Twibbon Harmoni Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 Tahun 2022 ini merupakan infomasi sosialisasi tentang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 Tahun 2022.


Sejarah Singkat Kabupaten Sumenep

Kabupaten Sumenep adalah kabupaten yang memiliki sejarah panjang. Sebab, telah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Tepatnya sejak 753 tahun lalu. Kabupaten Sumenep ini terletak paling ujung timur pulau Madura.

Tentu saja, Kabupaten Sumenep memiliki banyak kekayaan alam, beragam budaya, adat istiadat, destinasi wisata, kuliner, kerajinan tangan, dan destinasi yang menarik lainnya.

Sebagiamana dikuti dalam id.wikipedia.org bahwa Sumenep pada zaman dahulu bernama Songenep. Songenep terdiri dari dua kata: kata "Sung" berarti sebuah lembah maupun cekungan. Kemudian, kata "enep" berarti suatu endapan yang tenang. Artinya, Songenep (dalam bahasa Madura) adalah lembah yang tenang. 

Diksi Songenep telah ada dan disebutkan serta populer sejak zaman kerajaan Singasari yang berkuasa di tanah Jawa, termasuk tanah Madura. Perlu diketahuai, bahwa dalam kitab Pararaton menyebutkan tentang Songengep, ketika Prabu Kertanegara menyingkirkan Arya Wiraraja. Arya Wiraraja merupakan penasihat kerajaan di bidang politik serta pemerintahan. Arya Wiraraja disingkirkan ke Songenep, (Sumenep, Jawa Timur) pada tahun 1629 M. (id.wikipedia.org)

Bagi sahabat yang belum pernah berkunjung ke Sumenep, diharapkan bisa datang untuk menikmati banyak destinasi wisata yang memukau. Termasuk wisata peninggalan bersejarah di Kabuaten Sumenep yang masih ada dan terawat. Peninggalan sejarah yang terkenal adalah Keraton Songenep.

Sumenep juga memiliki banyak pulau. Baik berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Sedangkan, pulau terjauh dari pusat kota Sumenep, yaitu Pulau Karamian di Kecamatan Masalembu. Terdapat sekira78 pulau tidak berpenghuni. 

Sebagaimana yang disebutkan atau dijelaskan dalam laman Sejarah dan Kondisi Kabupaten Sumenep bahwa pada tahun 1269 M, Arya Wiraraja diangkat oleh Prabu Kertanegara sebagai Adipati Pertama di Songenep. Maka dengan demikian, sampai saat ini Kabupaten Sumenep telah berdiri sekitar 753 tahun.

Tema dan Logo hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke-753

Sebagaiamana yang dirilis pada laman https://madura.hallo.id/ bahwa Tema Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 753 adalah “Harmoni Bumi Sumekar”.

Pada logo Hari Jadi Kabupaten Sumenep terdapat warna merah yang berarti cinta, warna kuning artinya energi jiwa dan warna oranye yang melambangkan kehangatan.

Adapaun makna dari simbol leburan warna backrouind di belakang angka yang berwarna cerah, bermakna keragaman hidup masyarakat Sumenep yang optimis dalam merealisasikan pembangunan.

Untuk desain angka 7 bermakna arah tujuan hidup dan untuk desain angka 5 serta 3 bermakna toleransi. Dengan sifat dan sikap bergandengan dan saling melengkapi.

Sedangkan untuk gambar burung di kepala angka 5 dan 3 yakni burung kakak tua jambul kuning, endemik Sumenep. memiliki karakter hewan yang cerdas dan menarik sebagaimana Sumenep yang selalu menarik.



Twibbon Harmoni Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 Tahun 2022

Twibbon Harmoni Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 Tahun 2022 ini dibuat oleh Kominfo Kabupaten Sumenep. Ayo segera pasang foto terbaik pada bingkai Twibbon Harmoni Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 Tahun 2022 di bawah ini.




Gunakan Twibbon Harmoni di atas: UNGGAH FOTO DI SINI.

Atau bisa juga Klik Gambar Twibbon di bawah pragraf pertama, di atas. Apabila ini menelusuri langsung, bisa juga ke SINI.

Dapatkan Juga:


Selengkapnya juga dapat diUNDUH:




Informasi rekomendasi lainnya, penting sebagai berikut:

RPP dan Administrasi Guru 👇:


Demikian Informasi penting tentang Twibbon Harmoni Bumi Sumekar Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Twibbon Harmoni Bumi Sumekar Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke 753 Tahun 2022"