77+ Link Twibbon Motif Cantik Hari Batik Nasional 2022

Aleepenaku.com-77+ Link Twibbon Motif Cantik Hari Batik Nasional 2022. 77+ Link Twibbon Motif Cantik Hari Batik Nasional 2022 merupakan upaya sosialisasi dan promosi batik nasional bangsa kita. Artinya hal ini merupakan penguatan untuk mempertahankan batik sebagai warisan kekayaan bangsa yang berbasis kearifan lokal. Kita harus mampu menghargai, mengembangkan dan patut kita apresiasi. Kita juga dapat terus mengembangkan kharisma dan kekayaan Batik Indonesia. 

Sejarah Batik

Sejarah batik di Negara Indonesia sangat lama atau panjang. Berdasarkan informasi pada laman jabarprov.go.id/index.php/pages/id/300 bahwa batik itu sendiri ada dimulai sejak zaman kerajaan Majapahit. Selain itu, batik diketahui juga ada sejak masa penyebaran agama Islam di Indonesia. Khususnya di daerah pulau Jawa. Tetapi, batik ini juga sudah ada pada zaman kerajaan Mataram. 

Di pulau Jawa, batik dikenal sejak lama ada di Solo dan Yogyakarta juga terkenal. Namun, batik mulai meluas di daerah Jawa sejak selesai perang dunia 1. 

Nah, Batik merupakan karya seni yang luar biasa.  Bati ini  merupakan seni lukis atau gambar pada kain tertentu dengan motif dan corak yang beragam. Motif dan corak pada lukisan batik, biasanya mengikuti kebudayaan daerah setempat. Sehingga gamba-gambar pada batik tidak heran jika memiliki nilai filosofi. Motif dan corak pada batik  juga dapat mencerminkan kondisi masayarakat di daerah tersebut.

Pembuatan Batik

Untuk membuat batik, bahan dan alat yang diperlukan salah satunya adalah pewarna dari tumbuhan. Biasanya untuk pewarna ini juga dibuat sendiri terlebih dahulu. 

Bahan pewarna, misalnya percampuran: 

pohon mengkudu, 

saga, 

soda abu dan 

garam dari tanah lumpur.

Batik Keraton

Pada zaman dahulu, awalnya batik di Indonesia ada dan berkembang di lingkungan keraton. Namun, perkembangan zaman terus bergulir. Sehingga, banyak masyarakat di berbagai daerah belajar dan menekuni seni membatik ini. 

Dengan demikian, batik menjadi tersebar meluas hingga di beberapa daerah di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan,

Contoh Daerah Penghasil Batik

Terdapat ragam batik dari: Solo, Yogyakarta, Pekalongan, Sumenep, Pamekasan, Bangkalan, Bondowoso dan lain sebagainya. 

Motif Batik

Motif batik banyak sekali. Baik batik tulis maupun batik cap. Misalnya batik dari Sumenep berupa motif serat kayu, labhang mesem, dan sebagainya, Batik motif dengan singkong dan tembakau berasal dari Bondowoso. Tentu dari daerah lainnya juga sangat kaya motif yang beragam.


77+ Link Twibbon Motif Cantik Hari Batik Nasional 2022

 Ayo gunakan Twibbon Motif Cantik Hari Batik Nasional 2022 di bawah ini.




Unggah Foto Di SINI

Unggah Foto Di SINI

Unggah Foto Di SINI

Unggah Foto Di SINI

Unggah Foto Di SINI

Unggah Foto Di SINI

Unggah Foto Di SINI

 

Untuk memeroleh 77+ twibbonize cantik Hari Batik Nasional, silakan kunjungi juga: TWB Hari Batik Nasional 2022

Informasi penting lainnya silakan dapat dibaca juga:


Twibbon PTS/ STS Ganjil 2022

Demikian hal yang bisa disampaikan tentang 77+ Link Twibbon Motif Cantik Hari Batik Nasional 2022. Terima kasih disampaikan kepada Anda yang telah berkunjung ke blog sederhana ini, aleepenaku.com. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "77+ Link Twibbon Motif Cantik Hari Batik Nasional 2022"