Apa yang Harus Dipelajari CGP pada Aktivitas Mulai Dari Diri Modul 1.1 Pendidikan Guru Penggerak?

Aleepenaku.com-Apa yang Harus Dipelajari CGP pada Aktivitas Mulai Dari Diri Modul 1.1 Pendidikan Guru Penggerak? Nah, pertanyaan ini penting untuk bisa dipahami oleh sahabat CGP semuanya. Sebab, setiap CGP memiliki kewajiban menyelesaikan pembelajaran untuk setiap modul pada Pendidikan Guru Penggerak.

Hal yang Perlu Diperhatikan CGP

Dalam melaksanakan atau mengikuti PGP, sahabat semua akan mengerjakan aktivitas juga termasuk tugas di LMS. Secara berurutan sesuai dengan jadwal, maka CGP akan memulai aktivitasnya. Ingatlah bahwa dalam PGP ini, setiap modul akan dilalui dengan Metode MERDEKA.Yaitu:

Mulai Dari Diri

Eksplorasi Konsep

Ruang Kolaborasi

Demonstrasi Kontekstual

Elaborasi Pemahaman

Koneksi Antar Materi

Aksi Nyata

Yuk, Simak Penjelasannya di Video Berikut.

Nah, Setiap tahapan tentu terdapat kegiatan yang berbeda. Kuncinya, CGP harus siap menulis, berbicara mealui video presentasi, menyimak, dan membaca. Keempat kemampuan ini wajib dimiliki CGP agar lebih mudah melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Rangkaian Aktivitas Mulai Dari Riri Modul 1.1

Setelah CGP melakukan pretest, selanjutnya CGP akan melaksanakan kegiatan belajar pada Mulai Diri.  Apa yang Harus Dipelajari CGP pada Aktivitas Mulai Dari Diri Modul 1.1 Pendidikan Guru Penggerak? Yaitu sebagai beiktu.

Surat Dari Instruktur

Instruktur akan menyapa CGP hebat semuanya. Juga menyampaikan selamat atas kesediaan CGP menyediakan waktu untuk menjadi bagian dari Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). Dijelaskan pula tentang Program pendidikan ini sebagai wujud komitmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan berbagai pihak pemangku kepentingan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi murid-murid Indonesia.

Kemudian, CGP diajak memahami tentang program ini akan berjalan beberapa bulan ke depan. CGP diminta untuk terus menggali dan mengasah berbagai keterampilan manajemen sekolah serta memperkaya dan menunjang sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni secara daring.

Instruktur menyampaikan konsep modul 1.1 tentang Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara. Di sinilah menjadi titik awal CGPmenjadi agen perubahan dan pemimpin pembelajaran dalam transformasi pendidikan di sekolah. P

Instruktur menyampaikan esensi modul 1.1 yaitu:

  • konsep pemikiran-pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara 
  • enerapan pendidikan abad ke-21 pada konteks lokal (nilai-nilai luhur sosial-budaya) 
  • sikap reflektif  kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara 


Kompetensi Lulusan yang Dituju

Selanjutnya CGP akan membaca kompetensi lulusan yang dituju. Intinya sebagai berikut.

  • GP: Guru Penggerak memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran.
  • Guru Penggerak (GP), melalui refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid.


Capaian Umum

Lalu akan membaca capaian umum, sebagai berikut.

  • CGP mampu memahami pemikiran filosofis pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi-kritis  
  • CGP mampu mengambil pembelajaran dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara untuk diterapkan sebagai pemimpin pembelajaran 


Capaian Khusus

Capaian khusus yang akan dicapai CGP, agar mampu memiliki:

  • Pengetahuan tentang dasar-dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD), 
  • Keterampilan mengelola pembelajaran yang berpihak pada murid pada konteks lokal kelas dan sekolah,
  • Sikap reflektif-kritis dalam menerapkan pembelajaran yang merefleksikan dasar-dasar Pendidikan KHD dalam menuntun murid mencapai kekuatan kodratnya.


Sumber informasi: Materi PGP, google.com


Demikianlah Informasi tentang Apa yang Harus Dipelajari CGP pada Aktivitas Mulai Dari Diri Modul 1.1 Pendidikan Guru Penggerak? Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Apa yang Harus Dipelajari CGP pada Aktivitas Mulai Dari Diri Modul 1.1 Pendidikan Guru Penggerak?"