Cara Praktis Membuat Portofolio Digital Calon Guru Penggerak Berbasis Google Sites

Aleepenaku.com-Cara Praktis Membuat Portofolio Digital Calon Guru Penggerak Berbasis Google Sites. Nah, tentu saja hal ini sangat penting bagi sahabat semuanya. Terutama bagi sahabat CGP yang akan membuat portofolio digital untuk menyimpan tugas-tugas selama PGP. Silakan pelajari saksama dan praktikkan Cara Praktis Membuat Portofolio Digital Calon Guru Penggerak Berbasis Google Sites.



Portofolio Digital dan Pendidikan Guru Pemggerak

Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh Calon Guru Penggerak (CGP) pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan rangkaian pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan secara daring dan luring. Praktiknya, selama 6 bulan, Calon Guru Penggerak (CGP) akan melaksanakan serangkaian proses belajar. Pada prosesnya, CGP akan didampingi oleh beberapa aktor penting dan saling bekerja sama. Aktor-aktor PGP tersebut adalah fasilitator, instruktur dan pengajar praktik. Aktor-aktor tersebut telah melewati pendidikan dan pelatihan juga.

Pada setiap tahapannya, aktor instruktur akan mendampingi CGP dalam materi modul di sesi Elaborasi Pemahaman. Sedangkan Fasilitator kan mendampingi CGP pada ruang kolaborasi. Instruktur dan Fasilitator PGP memiliki tugas masing-masing yang berbeda dan saling berhubungan. Kemudian,Pengajar Praktik akan mendampingi CGP pada aktivitas pendampingan individu (PI) dan Lokakarya. Namun ketiga aktor tersebut juga melihat LMS. Terutama Fasilitator dan Pengajar Praktik.

Perlu diketahui bahwa semua proses Pendidikan Guru Penggerak (PGP) diintegrasikan dalam paltform pembelajaran Learning Management System (LMS). Dalam LMS ini CGP akan mengerjakan tugas,berinteraksi dengan beberapa aktor termasuk rekan CGP lainnya. Nah, beberapa tugas dan dokumentasi pembelajaran akan dipublikasi dalam portofolio digital masing-masing CGP. Portofolio Digital tersebut dibuat melalui Google Sites.

Struktur dan Konten Portofolio Digital CGP

Portofolio digital merupakan platform blog berbasis google sites yang dijadikan tempat menyimpan dan mempublikasikan karyaCGP. Sehingga dengan Protofolio Digital,CGP dapat menunjukkan kompetensi dan pencapaiannya. Termasuk rangkaian perjalanan CGP menempuh PGP ini.  Dengan portofolio digital, CGP dapat mendokumentasikan pencapaian yang telah dijalani dan dicapai selama 6 bulan PGP. Portofolio ini juga dapat dijadikan salah satu contoh publikasi karya alumni PGP. Sehingga bisa menjadi penting sebagai inspirasi bagi rekan guru lainnya.

Adapun struktur dan konten utama dari portofolio digtial CGP tersebut, adalah sebagai berikut. 

a) Profil Guru Penggerak 

Profil guru penggerak atau CGP ini merupakan jati diri CGP yang bersangkutan. CGP dapat membuat profil dirinya dalam bentuk video, gambar, atau tampilan slide presentasi yang menggambarkan diri Guru Penggerak (GP) secara ringkas. Dalam profil ini, CGP juga dapat menyatakan kesiapannya sebagai pemimpin pembelajaran. 

Agar lebih lengkap, maka komponen profil CGP atau GP ini meliputi: 

dampak yang sudah dirasakan saat sedang mengikuti PGP (untuk diri sendiri, murid dan sekolah) 

rencana tindak lanjut yang akan dilakukan terkait dengan pengembangan diri, sebagai pemimpin pembelajaran 

rencana tindak lanjut pengembangan sekolah 

Profil CGP ini jika dalam bentuk video, kira-kira berdurasi 5 menit. Jika berbentuk slide, bisa sekitar 5-10 slide. 


b) Artefak Aksi Nyata 

Pada Menu Artefak Aksi Nyata, setidaknya menampilkan karya terbaik yang mewakili modul paket 1 (perubahan diri), paket 2 (perubahan di kelas) dan paket 3 (perubahan tingkat sekolah). Karya terbaik CGP ini dapat dipilih dari hasil penugasan demonstrasi kontekstual maupun aksi nyata. 

Namun, juga bisa membuat menu secara lengkap setiap modul, sebagai berikut.

Artefak Aksi Nyata:

Modul 1: terdiri dari Modul 1.1,1.2, 1.3, 1.4

Modul 2: terdiri dari Modul 2.1, 2.2, 2.3

Modul 3: terdiri dari Modul 3.1, 3.2, 3.3

c) Publikasi Ilmiah

Publikasi Ilmiah dapat berisi karya-karya CGP secara ilmiah. Baik artikel,video maupun karya lainnya. Terutama yang berhubungan dengan PGP.

d) Sertifikasi dan Pendidikan

Menu ini dapat berisi tentang sertifikasi dan pendidikan yang diperoleh CGP atau GP. Baik yang dilakukan selama masa PGP maupun sebelumnya. 

e) Umpan Balik

Umpan balik dapat dipublikasikan yang berasal dari murid,rekan guru, kepala sekolah atau dari CGP lainnya.

Perhatian:

Jangan Mencantumkan Hal-Hal Berikut. 

Informasi dasar PGP, materi PGP, Video PGP yang dapat dilihat pada website resmi Kemdikbudristek 

Karya yang bukan hasil ciptaan pribadi 

Foto-foto pribadi yang tidak relevan

Foto-foto lain yang berlisensi

Cara Praktis Membuat Portofolio Digital Calon Guru Penggerak Berbasis Google Sites

Sebenarnya,portofolio digital CGP dapat dibuat melalui beragam penyedia situs. Namun demikian, pada momentum ini, portofolio digital PPGP dibuat dengan paltform Google Sites. Mengapa? selain relatif mudah, setiap aktof Pendidikan Guru Penggerak sudah dibekali dengan akun @belajar.id. 

Berikut ini Cara Praktis Membuat Portofolio Digital Calon Guru Penggerak Berbasis Google Sites:

Bukalah peramban atau browser di laptop kita. Lalu, ketik google.com. Jika menggunakan Google Chrome, maka halaman ini akan terbuka otomatis.

Ketik google site di pencarian atau bisa juga klik ikon titik 9 yang terletak di sebelah kanan atas layar Anda. Kemudian, silakan cari menu atau ikon “Sites”.

Pastikan laman google sites terbuka. Setelah terbuka, pada bagian atas terdapat pilihan template yang dapat digunakan. Silakan CGP dapat memilih tipe “Portfolio” atau “Student Portfolio” atau memilih “Blank” . Untuk tipe Blank ini, CGP bisa mendesain membuat dari awal.


Pada halaman depan, silakan buat judul banner atau header. Lalu buat profil singkat yang menggambarkan diri Anda. Jika font tidak sesuai,silakan saja Anda mengubah jenis dan ukuran hurufnay, serta foto diri. Tampilkan foto terbaik CGP.

Di halaman yang sama, Silakan tambahkan keterangan profil diri bisa dalam bentuk dokumen video, gambar atau slide. 

Untuk menambahkan file, Silakan klik “Insert” di kolom kanan layar. CGP dapat mengubah layout sesuai yang dikehendaki. 

Silakan Klik “Pages” untuk menambahkan Halaman Baru dan Sub Halaman sesuai keinginan.

Periksalah setiap item fitur pada gambar berikut.



Klik ikon titik tiga pada nama halaman, Klik “Properties” untuk mengubah nama halaman.

Tambahkan beberapa halaman dengan cara klik ikon “+” di bagian bawah daftar halaman. 

Selanjutnya, sesuai dengan kreatifitas CGP untuk mengisi setiap halaman dengan beragam konten yang sesuai.. 

Terakhir, Jika sudah selesai membuat struktur dan mengisinya, klik tombol “Publish” di pojok kanan atas. Ubah pengaturan agar situs menjadi publikasi dapat dilihat oleh semua orang.  

Contoh Portofolio Digital

https://sites.google.com/guru.sd.belajar.id/umiwindisafitri/home

Video Cara Praktis Membuat Portofolio Digital Calon Guru Penggerak Berbasis Google Sites

Silakan disimak:


Demikian informasi tentang Cara Praktis Membuat Portofolio Digital Calon Guru Penggerak Berbasis Google Sites. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Praktis Membuat Portofolio Digital Calon Guru Penggerak Berbasis Google Sites"