Latihan Menulis Esai Separagraf

Aleepenaku.com-Latihan Menulis Esai Separagraf. Inilah hasi dari beberapa peserta pelatihan menulis. Para sahabat hebat, menulis esai. Dimulai dari Latihan Menulis Esai Separagraf. Hasilnya, keren. Pertama menulis, langsung jatuh cinta.



Nur Jannah 

Kenangan di tempat Tugas Pertama

    Awal tahun 2000, saya mendapat surat panggilan dari lembaga saya waktu kuliah yaitu IKIP SURABAYA.Saya buka amplop berwarna coklat muda dan kemudian saya baca,tak terasa air mata jatuh karena begitu senangnya, Ternyata panggilan untuk pemberkasan menjadi CPNS,Saya segera berangkat memenuhi panggilan tersebut.Setelah memenuhi beberapa tahapan-tahapan proses akhir nya saya di nyatakan lulus,sujud syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME.

    Saya kembali lagi ke rumah menunggu panggilan dari Dinas P dan K pada jamannya.Selang beberapa hari surat dari Dinas untuk berkumpul di gedung Ki Hajar Dewantara untuk mendapatkan SK CPNS.perasaan mulai berkecamuk ketar ketir karena merasa kurang siap jika ditempatkan di daerah kepulauan. Akhirnya giliran saya dipanggil dan rasa khawatir itupun terjadi juga. SK CPNS saya di tempatkan di SDN BANCAMARA III Kecamatan Dungkek. Saya berharap tempat tugas saya di daratan. Teman - teman saling bertanya dengan tempat tugasnya masing,Namun ketika saya tahu SDN BANCAMARA III pulau rasa hati mulai berkecamuk,namun apa daya tidak bisa di tawar lagi, sudah merupakan komitmen pada seorang PNS mau di tempatkan di mana saja, Akhirnya saya bulatkan tekat dan minta restu kepada suami dan kedua orang tua,Di tanggal 23 Mei 2000 awal mula saya masuk di tempat tugas baru saya.

Dengan demikian teruslah belajar raihlah semua harapan,tanamkan rasa percaya diri, semangat dan tawakal agar segala yang di cita-citakan berhasil dengan baik.Kunci sukses adalah di SIPLIN, karena orang Sukses berangkatnya dari di SIPLIN yang tinggi.Jangan sia- siakan masa muda kita untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.Selain Di SIPLIN yang tinggi kita harus banyak berdoa.


Wiwik Suhartini 

Perjalanan Ikut Nubar

Tepat hari Sabtu, tgl 24-12-2022  pukul 13.30 saya membuka WA,  di sana ada informasi dari pak Ali Harsojo  bahwa pada tgl.26 sampai 27 di bulan Desember 2022,  akan mengadakan Diklat menulis, yang bertempat  di sekolah SDN Pajagalan II ketika itu saya langsung WA beliau,  bahwa saya akan ikut Diklat menulis ,namun waktu itu saya masih belum mengisi di link pendaftaran, untuk mendaftar di karenakan masih ada keraguan tidak ada teman yang saya kenal,tepat hari Minggu tanggal 25 Desember 2022 pukul 20.30 telpon berdering ternyata bu. Hj.Raini kepala sekolah SDN Pamolokan II menelfon saya, menanyakan bahwa apakah saya mau mengikuti Diklat?  sesuai harapan saya, saya langsung mengiyakan,dan berjanji ke esokan harinya akan berangkat bersama,tepat pukul 07 30 saya menjemput beliau ke rumah untuk berangkat bersama ke SDN Pajagalan II sesampai nya di rumah beliau,  ternyata beliau masih kurang siap karena beliau belum sarapan,sehingga tiba waktu berangkat kami masing masing membawa sepeda motor sendiri,di perjalanan kami saling mengikuti,Tampa saling bicara hingga sampai di tempat tujuan


Niatun: 

Pengalaman Pertama menjadi Seorang Ibu

    Bagi saya menjadi seorang ibu adalah idaman yang di nanti nantikan setelah dewasa nanti oleh para kaum hawa. Saya ingat bagaimana pertama kali saya menjadi seorang ibu dengan beberapa tantangan keluhan , rintihan ketika pasca operasi sc dan sesudah sc tapi tidak menutup kemungkinan bagi saya untuk tetap bertahan demi sang buah hati sakit itu saya tahan dan redam meskipun rasa perih menyiat nyiat sesekali. Dari sinilah saya percaya dan yakin bahwa persalinan adalah peperangan bagi seorang ibu untuk bisa mengalahkan berbagai macam rasa . Maka dari itulah senyampang nuansa bln desember dan beberapa hari yang lalu kita memperingatinya, Sayangilah ibumu selagi dia masih ada karena kasih sayangnyalah kamu sekarang seperti ini. Doa Ibu adalah  doa terampuh dan termujarab  diantara doa- doa yang lain maka bahagiakanlah dia melebihi kasih sayangnya .Seperti halnya juga hadis dan riwayat Rasulullah SAW bahwa surga itu ada ditelapak kaki ibu.


DiNi PUspiTa 

Sebagai orang tua, kita harus memperhatikan tumbuh kembang anak. Beda anak beda pula cara berpikir, berperilaku dan perkembangannya. Ada yang perkembangan motoriknya bagus dan cepat, ada pula yg biasa saja dan cenderung lambat. Untuk itu kita harus menstimulus anak agar dapat berkembang sesuai dengan fasenya. Banyak cara untuk merangsang perkembangan anak. Dan cara yang paling efektif menurut pendapat saya adalah dengan mengajaknya bermain dan bicara. Karena dengan mengajak anak mengobrol dan bermain kita bisa lebih dekat dengan anak kita. Selain itu manfaat lainnya kita bisa dengan mudah memantau perkembangannya dari hari ke hari.


Ika_wandari 

Perjalanan yang ditempuh memang sangat jauh dan lama. Tapi ini bukan alasan bagi saya untuk menyerah dan berhenti. Karena tugas yang diberikan merupakan amanah yang harus dilaksanakan untuk mencerdaskan siswa di pulau  Sepanjang yang teperncil ini. Saya membayangkan mereka adalah calon-calon pemimpin masa depan yang berkualitas. Oleh karena itu, saya akan memberikan pendidikan terbaik bagi mereka sebagai rasa syukur atas amanah sebagai guru di tempat terpencil ini. Jadi mari para guru di tempat terpencil, kita gunakan keterbatasan ini sebagai ladang amal bagi kita.


Berusaha dan Pasrah

Dalam menjalani kehidupan ini, manusia diwajibkan berusaha dan pasrah. Kita harus berusaha dalam bidang apa pun yang digelutinya. Misalnya, kita berusaha menuntut ilmu untuk menggapai cita-cita agar masa depan cerah. Dengan ilmu yang kita peroleh kita bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi kita dan keluarga. Selain kita selalu berusaha dalam hal apa pun untuk meningkatkan kemampuan, penghasilan, atau peningkatan karier, ada satu hal yang wajib kita lakukan, yaitu pasrah kepada Tuhan. 

Motivasi yang tinggi dalam berusaha memiliki nilai atau makna yang tinggi dalam kehidupan. Berusaha yang keras dan penuh semangat mengandung nilai-nilai perjuangan hidup yang memang disyariatkan dalam agama Islam. Sebagai kepala keluarga misalnya, bekerja dengan giat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga, dan pendidikan anak-anak merupakan bentuk pengejawantahan dari nilai tanggung jawab dan amanah. Berusaha keras, bekerja giat, dan ketaatan kita kepada Tuhan akan membawa keberkahan.


Siti Raini: 

Sejak ditinggal suami ,hidup ini  merasa sangat terpuruk karena tidak ada lagi orang yg menjadi pelindung .sy merasa rapuh dan selalu merenung diri .namun anak - anakku  selalu membesarkan hati saya.Anak saya mengatakan "

Mama ikhlaskan saja ayah itu sudah takdirnya semoga ayah husnol khotimah.Saya hanya terdiam mendengar perkataan anak saya.Namun dalam hati saya meng iyakan samjil mengusap air mata.

 Hari-hari berlalu ,mulai sekarang saya dan anak-anak selalu  bekerja sama untuk menyelesaikan tugas tugas di rumah .Ketika saya memasak anak-anak membantu memotong sayuran lalu mencucinya.Ada juga yang menggoreng ikannya. Selesai masak anak-anak mencuci alat-alat yang digunakannya.


Meli 

Pagi yang cerah

        Jam dinding menunjukkan pukul 4 pagi. Adan subuh sudah berkumandang. Setelah iqamah, saya langsung bergegas untuk mengambil air wudu menunaikan salat subuh. Tidak lupa pula saya membangunkan kedua anak-anak saya untuk segera menunaikan salat juga dengan tepat waktu.Sungguh bahagia hati ini jika melihat anak yang patuh kepada orang tua dengan tidak meninggalkan salat lima waktu. Sebenarnya bukan perintah orang tua untuk tidak meninggalkan salat. Tapi kita sebagai orang tua wajib mengingatkan kewajiban salat lima waktu. Karena ini merupakan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Anak-anak juga perlu tahu bahwa selain salat wajib mereka juga bisa menunaikan salat sunnah. Bahkan kita juga  bisa menjadi tauladan untuk anak-anak kita dalam menjalankan perintah- Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dengan  salat, berdo'a , puasa dan kegiatan amal kebaikan lainnya sebagai bukti cinta kita dan rasa syukur kita atas pemberian Tuhan. Semoga Tuhan selalu meridai langkah perjalanan hidup kita.


Faridatul Amaniyah

Lulus CPNS

Tahun 2004 merupakan tahun emas dalam hidup saya. Bayangkan, di tahun itu saya diterima menjadi CPNS setelah ijazah pendidikan guru yang saya miliki mangkrak selama 14 tahun. Betapa bahagianya hati saya saat mendengar kabar dari seorang teman bahwa dia membaca papan pengumuman pelulusan CPNS yang ada di halaman kantor kecamatan Gapura. Disana tertera nama saya. Spontan saya berucap "Alhamdulillah,  hadza min fadhli Robby" seraya melakukan sujud syukur atas karunia besar yang saya peroleh kala itu.

Berarti usaha saya belajar sekuat tenaga saat tes mengikuti rekrutmen CPNS tidak sia-sia. Untuk itu siapapun yang ingin berhasil meraih sukses, jangan lupa untuk tetap belajar dan terus berdoa.

Wiwik Suhartini 

    Dengan adanya Diklat menulis yang di selenggarakan oleh Pak Ali Harsojo kami merasa beruntung karena di bimbing sampai bisa menulis,  serta tau berbagai ilmu dalam menulis,  baik itu cerpen, puisi, dan lain sebagainya. Dalam mengajar beliau selalu berkata bahwa tidak ada seorang pun dari kami yang tidak bisa menulis. Kata beliau, menulis itu gampang, yang penting dalam melakukan apapun haruslah melakukannya dengan dasar mindset bisa, dan ada kemauan untuk bisa. Ini akan menjadi bekal untuk saya untuk ditularkan kepada anak didik saya, supaya mereka juga bisa menulis.

Post a Comment for "Latihan Menulis Esai Separagraf"