Literasi Pembina: Pedoman Pramuka Produktif dan Kegiatan Aplikatif

Aleepenaku.com - Literasi Pembina: Pramuka Produktif Berbasis Kearifan Lokal. Literasi Pembina: Pramuka Produktif Berbasis Kearifan Lokal ini mengetengahkan materi yang luar biasa. Pembina diajak untuk produktif menghasilkan produk dengan bahan dasar di sekitar rumah.

Karya yang dimaksud adalah karya yang bermanfaat, meliputi:
  1. Alat-alat Dapur
  2. Alat-alat Kepramukaan
  3. Teknologi tepat guna: pangan, sandang, kerajinan dan sebagainya.

Panduan Pramuka Produktif Kwarda Jatim

Latar Belakang

Menurut data Badan Statistik Nasional tahun 2021, angka pengangguran di Indonesia berada pada batas yang membahayakan yakni 9,1 juta orang. Angka tersebut didominasi oleh mereka yang seharusnya masuk dalam rentang usia produktif. 

Situasi ini tentu mengkhawatirkan bagi masa depan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Kondisi pengangguran yang tinggi dapat memicu berbagai dampak negatif, jika tidak segera ditangani dengan baik.  Dari sudut pandang yang lain, Indonesia merupakan negara yang kaya sumber alam, dan kuat budaya kerjanya. 

Namun, terjadi paradoks manakala pengangguran melambung jauh. Seolah-olah generasi muda menjadi manusia yang tidak berguna, tong kosong, dan tidak bisa apa-apa. Buktinya, mereka menganggur. 

Anak muda seolah-olah bersifat pasif, ikut orang lain, dan sekadar sebagai objek semata. Inisiatif bekerja bagi mereka harus datang dari pihak lain. Mereka menunggu informasi. Mereka menunggu digerakkan untuk memasuki lapangan kerja. Inisiatif dari diri sendiri untuk bekerja di sektor apapun tidak muncul. Hanya sedikit dari mereka yang mampu melihat peluang masa kini. Itupun didominasi oleh peluang dunia digital yang saat ini menjadi tren. 

Gerakan Pramuka yang berdimensi kecakapan, kebangsaan, dan karakter belum memberikan solusi praktis bagi pembentukan pramuka yang produktif. Oleh sebab itu, Kwarda Jawa Timur menyajikan pikiran alternatif dalam menyikapi situasi di atas dengan mengusung “PRAMUKA PRODUKTIF” sebagai napas gerakan selama lima tahun ke depan. 

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, melalui hasil Rencana Kerja di Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur tahun 2020 serta hasil Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur merumuskan Program Pramuka Produktif. 

Selanjutnya program tersebut perlu dijabarkan menjadi program yang berkelanjutan. Pramuka Produktif merupakan Program Unggulan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur untuk mendukung Pencapaian Program Nawa Bhakti Satya (Cetar) Provinsi Jawa Timur.  Pramuka Produktif akan mendukung Program Jatim Kerja dengan memperluas lapangan pekerjaan dan membangun keunggulan ekonomi. Mendukung Program Jatim Agro dengan Memajukan sektor pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, perkebunan untuk mewujudkan kesejahteraan petani dan nelayan melalui Pramuka Produktif. Pramuka Produktif akan mendukung Jatim Berdaya melalui UMKM dan Koperasi melalui program Pramuka Produktif. 

Tujuan
Tujuan Pramuka Produktif dibentuk dan dikembangkan dengan tujuan:  
a. Meningkatkan kesejahteraan anggota Pramuka melalui pengembangan potensi usaha ekonomi secara berkelanjutan;  
b. Peningkatan semangat kewirausahaan dan kualitas sumberdaya manusia bagi anggota Pramuka; 
c. Mewujudkan kemandirian pembinaan Gerakan Pramuka; finansial wadah 
d. Menumbuhkan motivasi berwirausaha di Gerakan Pramuka; 
e. Membentuk Softskill karakter wirausaha; 
f. Terciptanya sebuah pusat kewirausahaan Pramuka Jawa Timur yang handal dan berdaya saing baik ditingkat lokal maupun nasional; 
g. Terciptanya Kreasi dan Inovasi Kewirausahaan melalui Pramuka Jawa  Timur; 
h. Terciptanya Program Pengembangan Kewirausahaan oleh Pramuka Jawa Timur; 
i. Mensinergikan Pendidikan Kepramukaan melalui keterampilan kepramukaan untuk dapat menjadi job creation bagi Pramuka Jawa Timur. 

Disalin dari: Pedoman Pramuka Produktif Kwarda GP Jatim

Simak Karang Pamitran Cabang: Pramuka Produktif




Unduh:





Informasi penting lainnya direkomendasikan juga:




ATP Kurikulum Merdeka SD/ MI >>>> UNDUH File




Demikian Informasi penting tentang Literasi Pembina: Pedoman Pramuka Produktif dan Kegiatan Aplikatif. Simak Info Pendidikan Terbaru di blog ini. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

UNDUH Perangkat Pembelajaran dan Administrasi Guru 👇:



Post a Comment for "Literasi Pembina: Pedoman Pramuka Produktif dan Kegiatan Aplikatif"