UNDUH Contoh SK Komite Sekolah SD, SMP, SMA Terbaru

Aleepenaku.com - UNDUH Contoh SK Komite Sekolah SD, SMP, SMA Terbaru. Pada kesempatan ini admin aleepenaku ingin berbagi tentang Contoh SK Komite Sekolah SD, SMP, SMA Terbaru. UNDUH Contoh SK Komite Sekolah SD, SMP, SMA Terbaru sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah. 

Sumber Gambar: Google

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah, diartikan tentang Komite Sekolah sebagai lembaga mandiri. lembaga ini memiliki atau beranggotakan orangtua/ wali siswa, komunitas sekolah, dan tokoh masyarakat. Ketiga komponen tersebut adalah komponen yang peduli terhadap pendidikan di sekolah.

Dalam pelaksanaannya, Anggota Komite Sekolah terdiri dari 5 orang dan paling banyak 15 orang atau anggota termasuk ketua. Yakni, terdiri dari unsur orang tua/ wali siswa yang masih aktif (paling banyak 50%), unsur tokoh masyarakat (paling banyak 30%), dan unsur pakar pendidikan (paling banyak 30%)

Pemilihan Pengurus Komite Sekolah

Sesuai dengan permendikbud tersebut, tata cara pemilihan pengurus dan anggota komite sekolah dilaksanakan melalui rapat atau musyawarah bersama antarunsur dengan sekolah:  sekolah dan orang tua siswa/ peserta didik, serta unsur lainnya.

Masa Jabatan Pengurus Komite Sekolah

Untuk masa jabatan keanggotaan Komite Sekolah adalah masa jabatan yang diatur oleh Permendikbud tersebut, yakni paling lama 3 tahun. Tetapi, sesudah itu dapat dipilih kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. Hasil rapat yang dilakukan berupa keputusan pengurus komite sekolah akan dibuatkan membuat Surat Keputusan (SK) Komite Sekolah oleh kepala sekolah.

Tugas Utama Komite Sekolah

Berdasarkan Permendikbud No. 75 Tahun 2016, tugas Komite Sekolah adalah sebagai berikut: 

a. memberikan sebuah pertimbangan dalam aktivitas dalam menentukan kebijakan pendidikan terkait:

1) kebijakan serta program Sekolah;

2) RAPBS/ RKAS

3) kriteria kinerja Sekolah;

4) kriteria fasilitas pendidikan di Sekolah/ satuan pendidikan; dan

5) kriteria kerjasama Sekolah dengan pihak yang lain.

b. menggalang dana maupun sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat: individu/ perorangan/ organisasi/ dunia usaha/ dunia industri maupun pemangku kepentingan lainnya melalui upaya kreatif dan inovatif;

c. mengawasi pelayanan pendidikan di Sekolah/ satuan pendidikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan

d. menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari siswa, orangtua/ wali, dan masyarakat serta hasil pengamatan Komite Sekolah atas kinerja Sekolah.

Sumber informasi: PDF Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

UNDUH Contoh SK Komite Sekolah Terbaru (Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah)

Selanjutnya, beberapa contoh SK Kepala Sekolah (KS) tentang Pengurus Komite Sekolah, sebagai berikut.

SK Komite Sekolah Contoh 1 >>>> Unduh File

SK Komite Sekolah Contoh 2 >>>> Unduh File

SK Komite Sekolah Contoh 3 >>>> Unduh File

SK Komite Sekolah Contoh 4 >>>> Unduh File

UNDUH Juga Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah

Info edukasi lainnya, unduh juga:



Modul Pembelajaran  di SD, SMP, SMA

Rangkuman Materi Tematik SD/ MI ðŸ‘‡




Demikian Informasi penting tentang UNDUH Contoh SK Komite Sekolah SD, SMP, SMA Terbaru. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "UNDUH Contoh SK Komite Sekolah SD, SMP, SMA Terbaru"