Segera: Kepala Sekolah Mengisi Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk Tahun Ajaran Baru 2022-2023

Aleepenaku.com Segera: Kepala Sekolah Mengisi Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk Tahun Ajaran Baru 2022-2023. Segera: Kepala Sekolah Mengisi Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk Tahun Ajaran Baru 2022-2023 merupakan salah satu aktivitas yang seharusnya diselesaikan oleh kepala satuan pendidikan atau sekolah.

Sumber Gambar Tangkapan layar: https://kurikulum-demo.simpkb.id/


Pilihan IKM Jalur Mandiri

Bagi sekolah yang telah memilih mode IKM tahun ajaran baru 2022-2023, maka Segera: Kepala Sekolah Mengisi Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk Tahun Ajaran Baru 2022-2023.

Sebelum memasuki tahun ajaran baru 2022-2023, perlu melakukan Persiapan dan Langkah-Langkah Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sesuai dengan pilihannya, yaitu: Pilihan Mandiri Belajar (IKM 1), Mandiri Berubah (IKM 2), Mandiri Berbagi (IKM 3). Setelah memilih pilihan tersebut, maka Segera: Kepala Sekolah Mengisi Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk Tahun Ajaran Baru 2022-2023.

Pertanyaan Yang Sering Muncul

Pertanyaan yang muncul, antara lain sebagai berikut:

Apa yg dimaksud Kurikulum Merdeka?

Apa perbedaan kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka?

Kapan Kurikulum Merdeka diterapkan?

Apa keunggulan Kurikulum Merdeka?

Sebagian guru juga sering mencari informasi digital tentang:

kurikulum merdeka untuk sd

kurikulum merdeka sma

contoh kurikulum merdeka

kurikulum merdeka smp

kurikulum merdeka smk

ikm kurikulum merdeka

kurikulum merdeka pdf

kurikulum merdeka paud

Oleh karena itu, bagi kepala sekolah atau madrasah yang telah memilih mode IKM tersebut, maka hendaknya terus mengikuti terupdate tentang kurikulum merdeka dan implementasinya. Sedangkan bagi guru, lakukanlah Persiapan Mengajar pada Kurikulum Merdeka tahun ajaran baru 2022-2023.


Sekilas Pilihan IKM: Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023

Pilihan tersebut adalah IKM 1, IKM 2, dan IKM 3. 

  1. Mandiri Belajar (IKM 1): Siapkan untuk menerapkan beberapa bagian penting dan prinsip Kurikulum Merdeka, yakni Kurikulum 2013 atau Kurikulum 2013 yang disederhanakan.  
  2. Mandiri Berubah (IKM 2): Siapkan menerapkan Kurikulum Merdeka dengan perangkat ajar (modul, buku teks, rpp) yang disediakan dalam Platform Merdeka Mengajar
  3. Mandiri Berbagi (IKM 3), Siapkan menerapkan Kurikulum Merdeka dengan melakukan pengembangan sendiri dan mandiri.  
  4. Jika belum memilih Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), maka tetap harus melakukan pengembangan diri dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar. 
Selengkapnya, informasi tentang Pilihan IKM: Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023, simak: DI SINI.

Persiapan IKM: Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023

Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka:

  • Mandiri Belajar (IKM 1), 
  • Mandiri Berubah (IKM 2), 
  • Mandiri Berbagi (IKM 3)

Maka, untuk menyiapkan diri sesuai dengan pilihannya, silakan selengkapnya simak di: Lengkap, Cara dan Prosedur Menyiapkan IKM sesuai Pilihan.


Segera: Kepala Sekolah Mengisi Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk Tahun Ajaran Baru 2022-2023

Adapun untuk aktivitas Refleksi Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IM) ini kepala sekolah hendaknya mengisi di laman resmi kemdikbud.

Perlu diketahui bahwa pada tahun ajaran baru 2022-2023 ini sekolah atau satuan pendidikan akan segera mulai melakukan IKM: Implementasi Kurikulum Merdeka. Maka, bagi kepala sekolah merefleksikan kesiapan satuan pendidikan Anda dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Sehingga, dalam rangka membantu Kepala Sekolah/ madrasah melakukan refleksi kesiapan satuan pendidikan, maka Kemendikbudristek menyediakan instrumen penting tentang refleksi yang dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan. Pertimbangan tersebut penting untuk memilih tetap menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai kategori yang dipilih. Atau juga bisa berubah pilihannyta pada  IKM: Implementasi Kurikulum Merdeka.

Instrumen refleksi ini hanya dapat diisi oleh kepala sekolah yang telah mendaftar implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kemudian, data hasil refleksi bukanlah digunakan untuk menilai kinerja satuan pendidikan atau sekolah, kepala satuan pendidikan (KS), pengawas, maupun dinas pendidikan.

Waktu Pengisian Instrumen Refleksi IKM

Harapannya, instrumen refleksi ini diisi sesuai kondisi yang sebenarnya. Sedangkan untuk Pengisian instrumen refleksi ini juga termasuk perubahan kategori jalur IKM: implementasi Kurikulum Merdeka dilaksanakan pada 29 Juni 2022 (pukul 08.00 WIB) dan ditutup pada 5 Juli 2022 (pukul 24.00 WIB).

Segera isi pada tautan berikut:

https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/

atau Login pada sistem: 

Isi Refleksi IKM 

Note: Apabila belum bisa login, segera berkoordinasi dengan rekan kepala sekolah lainnya, KKKS, atau pihak yang berkompeten.

Rekomendasi penting tentang informasi edukasi lainnya, baca juga:

Persiapan Mengajar Guru (PMG) pada Kurikulum Merdeka

Asesmen Diagnostik AKm Kurikulum Merdeka

Langkah-langkah dan cara Unggah Bukti Karya Guru di Merdeka Mengajar

Contoh CP dan ATP Kurikulum Merdeka

Strategi IKM: Implementasi Kurikulum Merdeka 

Perangkat Kurikulum Merdeka

Platform Guru Mengajar

Kurikulum Merdeka (KM): Buku Teks dan Panduan

Demikian Informasi tentang Segera: Kepala Sekolah Mengisi Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk Tahun Ajaran Baru 2022-2023 yang dapat disampaikan oleh admin aleepenaku. Semoga bermanfaat. 

2 comments for "Segera: Kepala Sekolah Mengisi Refleksi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk Tahun Ajaran Baru 2022-2023"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.