Pelatihan Blog Pendidikan, Seru Maheru

Aleepenaku.com. Pelatihan Blog Pendidikan, Seru Maheru Seru maheru. Itulah ungkapan yang tidak resmi merujuk pada sesuatu yang dianggap dahsyat. Memang, ungkapan itu mungkin tidak ada di kamus bahasa Indonesia. Apalagi bahasa Arab. Memasak soto hingga dua hari pun mungkin kita tak akan menemukan frasa itu. 

Namun, ungkapan itu cukup populer di kalangan gurusianer. Yaitu para penulis di blog gurusiana.id. Senada dengan ungkapan itu, seringkali disampaikan juga, seperti mantap surantap, keren menewen, top markotop, jos gandos, essip markosip dan "sebangsanya". 

Bahasa itu bisa jadi tidak dimengerti oleh orang di luar komunitas. Oleh karenanya, mungkin bahasa semacam itu disebut dengan bahasa gaul, bahasa alay, bahasa pijen atau yang lainnya. Hal terpenting, ungkapan itu menunjukkan kesungguh terhadap kata yang mengawalinya. Paham? Gak paham, gapapa.

Nah, hari ini memang hari yang luar biasa. Sejak pagi, saya mengajar seperti biasa. Hari Sabtu, di kelas V tempat saya mengajar, sering digunakan kegiatan pembelajaran berbasis digital. Tepatnya, siswa kelas V, anak didik saya sudah terbiasa menulis di blog mereka. Setiap siswa yang memiliki smartphone, juga memiliki blog pembelajaran buatannya sendiri dengan bimbingan guru.

Siangnya, tepat pukul 14.00 WIB, saya membersamai sejumlah guru dan kepala sekolah lintas jenjang sekolah. Mulai dari SD, SMP dan SMA. Semangatnya sama. Energinya sangat dahsyat. Bahkan, sebelum pelatihan dimulai, sudah banyak yang mempersiakan diri dengan blognya. Sebab, beberapa hari sebelumnya, materi secara asinkronous sudah dishare via grup.

Alhasil, peserta sudah banyak yang bisa. Membuat dan mulai mengelola blog pribadinya. Ternyata, banyak guru hebat yang mampu menulis di blog. Tulisannya beragam. Ada esai atau kolom, puisi, cerpen, pengalaman inspiratif dan sebagainya.

Baru setelah peserta membuka blognya masing-masing, pelatihan dimulai. Mulai dari mana? Mengenalkan apa itu blog, website, domain, ekstensi, tata letak, html, tema, template dan sebagainya. Pokoknya, seru maheru, mantap surantap. Jos gandos, tentunya.

Pelatihan ini, berbeda dengan kebanyakan pelatihan lainnya. Mentor sekaligus narasumber benar-benar memastikan semua peserta bisa menulis dan mempublikasikan tulisannya. Tak disangka, peserta sangat menikmati dalam menulis. Mereka merasa nyaman menulis di blog miliknya sendiri. 

Dalam materi dijelaskan tentang niche blog. Yakni, jenis blog yang ditentukan. Misalnya; kesehatan, pendidikan, bisnis, finansial, olahraga, hobi, pariwisata, dan sebagainya. Tentu, sebagai guru lebih baik memilih niche pendidikan. Sebab, kita akan mudah menuliskan apa yang menjadi passion kita.

Pelatihan ini juga mengajarkan bagaimana guru bisa konsisten menulis di blognya sendiri. Tulisan yang sudah diposting, akan menjadi tabungan di blognya. Sewaktu-waktu akan menjadi buku. Dahsyat.

Akhirnya, pelatihan hari pertama harus ditutup pukul 16.45 WIB, meskipun peserta masih bersemangat.

Jika ada pemirsa yang masih bertanya tentang:
Apa itu blog?
Apa itu website?
Cara membuat blog dan web
Mengelola blog pendidikan dan pembelajaran
Blog gratis blogspot
Mengelola blog pribadi
Mencari penghasilan dari blog
Membuat rating blog naik
Memilih niche blog sesuai passion
Dan lainnya,.mari kita berdiskusi. 
Saya senang berbagi dan bediskusi. Sungguh.

Direkomendasikan juga:

Hari Besar Nasional Januari 2023

Soal Sumatif Lingkup Materi Kelas 1

Demikian informasi tentang Hari Besar Nasional dan International Cuti Libur Bulan Januari 2023 yang Belum Kita Tahu. Terima kasih jika berbagi dan share artikel ini. Semoga bermanfaat.

2 comments for "Pelatihan Blog Pendidikan, Seru Maheru"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.