Download Aplikasi Excel Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif dan Non Kognitif Fase B, C SD/ MI Tahun 2023

Aleepenaku.com. Download Aplikasi Excel Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif dan Non Kognitif Fase B, C SD/ MI Tahun 2023. Download Aplikasi Excel Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif dan Non Kognitif Fase B, C SD/ MI Tahun 2023 ini merupakan informasi penting bagi sahabat guru yang telah melaksanakan asesmen diagnostik atau asesmen awal pembelajaran pada tahun ajaran 2023-2024.



Pentingnya Melakukan Asesmen 

Sebenarnya, apa pentingnya seorang guru melakukan asesmen? Apakah asesmen itu? Diawali dari pengertian asesmen bahwa asesmen merupakan merupakan penilaian yang dilakukan guru untuk mengetahui tingkat pemahaman, pengetahuan, serta keterampilan siswa. 

Artinya, di awal pembelajaran, Asesmen ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui kesiapan belajar siswa. Oleh karena itu, seorang guru wajib memahami tentang jenis, fungsi, serta eknik asesmen yang akan digunakan oleh guru dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas.

Mengapa harus Asesmen Diagnostik?

Sebab, asesmen diagnostik merupakan asesmen yang dilakukan guru untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan siswa dalam proses kegiatan belajar. Hasil identifikasi menejaid rekomendasi bagi guru untuk memetakan kemampuan awal siswa, gaya belajar, kedalaman materi, alat evaluasi dan sebagainya. Dengan asesmen diagnostik, maka guru dapat merancang kegiatan belajar sesuai dengan kompetensi dan kondisi atau keadaan riil siswa

Apa saja Fungsi Asesmen Diagnostik itu?

Fungsi dari asesmen diagnostik adalah untuk membantu guru dalam mengembangkan rancangan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Berarti, guru terbantu dengan pemetaaan kompetensi siswa. Guru akan merancang pembelajaran sesuai dengan peta kompetensi siswa.

Apakah Asesmen Diagnostik dan Non Diagnostik itu?

Secara umum, asesmen diagnostik atau asesmen awal pembelajaran dibagi menjadi dua:

Asesmen diagnostik kognitif dan 

Asesmen diagnostik non-kognitif. 

Asesmen Diagnostik Kognitif

Asesmen diagnostik kognitif ditujukan untuk mengetahui kondisi kognitif siswa terhadap semua mata pelajaran yang akan diajarkan. Juga untuk mengetahui kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa pada awal fasenya. Selain itu, secara koginitif juga digunakan untuk pemetaan kemampuan siswa dalam satu atau lebih mata pelajaran.

Asesmen Diagnostik Non-Kognitif

Asesmen diagnostik non-kognitif ditujukan untuk mengetahui kondisi psikologi, emosi, dan sosial siswa. Asesmen ini dilakukan oleh guru terhadap muridnya dengan sebenarnya. Artinya, data yang diperoleh menggambarkan kondisi siswa seadanya.

Guru harus dengan tepat menyiapkan beberapa pertanyaan yang mendalam terkait dengan non kognitif siswa. Sebab, guru ingin memperoleh informasi mengenai kondisi psikologi dan emosi siswa. Pada asesmen itu, bukanlah jawaban benar salah yang diharapkan. Namun, kejujuran siswa dalam menjawab, sangatlah penting untuk menentukan langkah guru berikutnya.

Sumber: naikpangkat.com, quipper.com, pmm, aleepenaku.com 

Download Aplikasi Excel Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif dan Non Kognitif Fase B, C SD/ MI Tahun 2023

Aplikasi sederhana ini sebenarnya adalah optimalisasi fungsi excel dalam menghitung hasil dari asesmen kognitif ini. Sehingga, komponen dari analisis ini terdiri dari:

Judul asesmen

Kolom nomor

Kolom nama siswa

Kolom daftar analisis pertanyaan 

Kolom mata pelajaran

Resume jumlah skor

Identitas guru dan KS


Silakan Download Aplikasi Excel Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif dan Non Kognitif Fase B, C SD/ MI Tahun 2023, tekan tombol Unduh di bawah ini.

Untuk memperoleh panduan asesmen diagnostik, silakan UNDUH FILE. 

Demikianlah info tentang Download Aplikasi Excel Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif dan Non Kognitif Fase B, C SD/ MI Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Download Aplikasi Excel Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif dan Non Kognitif Fase B, C SD/ MI Tahun 2023"