Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) dan Surat Tugas Supervisor Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat

Aleepenaku.com-Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat. Pada kesempatan kali ini admin aleepenaku ingin berbagi tentang Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat. Mengapa? Seperti diketahui bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan perlu terus ditingkatkan.

sumber gambar tangkapan layar: https://s.id/kurikulum-merdeka

Sedangkan ujung tombak yang melaksanakan KM tersebut adalah guru. Oleh karena itu, perlu untuk terus dibimbing oleh kepala sekolah. Kepala sekolah atau satuan pendidikan dapat melakukan supervisi akademik untuk membantu guru memperbaiki diri dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran maupun pascapembelajaran. Sekali lagi, penting sekali melaksanakan kegiatan supervisi akademik ini.

Supervisi Akademik

Apakah supervisi akademik itu? Supervisi akademik merupakan mekanisme serangkaian kegiatan membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya. Yakni kompetensi di dalam mengelola proses pembelajaran yang dilaksanakan. Tujuannya agar guru tersebut dapat melaksanakan pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang dicanangkan. 

Supervisi akademik di satuan pendidikan dilakukan oleh kepala sekolah dengan jadwal yang telah ditentukan. Boleh disepakati antara kepala sekolah dan guru, atau memilih waktu yang terjadwal. Sekali lagi, bahwa sebenarnya supervisi akademik bukan untuk melakukan penilaian kinerja guru semata. Namun, lebih kepada upaya KS dalam membantu guru mengembangkan kemampuannya. Semakin memeroleh umpan balik dari KS, maka guru tersebut akan semakin profesional.

Tugas Supervisi Akademik

Tugas supervisi akademik yang dilakukan oleh KS, sebagai berikut:

pembinaan: mengenai kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran.

pemantauan: bisa berfokus pada pelaksanaan standar isi, SKL: standar kompetensi lulusan, standar proses, dan standar penilaian.

penilaian kinerja guru: Penilaian kinerja yang dimaksud dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, asesmen atau penilaian hasil pembelajaran serta pembimbingan dan pelatihan bagi murid.


Tujuan Utama Supervisi Akademik

Beberapa tujuan supervisi akademik, adalah sebagai berikut:

Membantu guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalitasnya. Guru diharapakan mampu memahami, kehidupan atau kondisi kelas. Juga guru mampu mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menerapkan berbagai strategi yang relevan.

Memonitor kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Guru dapat dimonitor oleh kepala sekolah ke dalam kelas pembelajaran.

Mendorong atau memotivasi guru agar menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya mengajar. Sehingga akan semakin baik setelah memeroleh stimulasi dorongan dari KS pascasupervisi akademik.


Instrumen Supervisi Akademik

Instrumen supervisi akademik ini dimaknai seabgai alat yang digunakan oleh Kepala satguan pendidikan/ kepala sekolah untuk mengidentifikasi profil kemampuan guru. Yakni kapasitas guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab keguruannya. Dimulai dari pembuatan rencana dan pelaksanaan pembelajaran, hingga pada asesmen/ penilaian pembelajaran.


Ragam Instrumen Supervisi Akademik

Observasi

Wawancara

Daftar Cek/ Kendali

Masing-masing jenis instrumen tersebut dapat dibuat dan disesuaikan dengan dokumen perangkat pembelajaran guru, proses pembelajaran hingga evaluasi serta refleksi dan tindak lanjut pembelajaran yang dilakukan oleh guru.


Hal yang perlu dipertimbangkan KS

Hal yang perlu dipertimbangkan KS dalam melaksanakan supervisi akademik, sebagai berikut.

1) fokus supervisi, 

2) tujuan supervisi, 

3) teknik supervisi, dan 

4) waktu yang tersedia.


Tahapan Supervisi Akademik

Adapun Tahapan Supervisi Akademik, sebagai berikut:

  1. Perencanaan, 
  2. Pelaksanaan Supervisi, dan 
  3. Tindak Lanjut Hasil Supervisi.


Aktivitan setiap Tahapan Supervisi Akademik

1. Perencanaan

Ruang lingkup perencanaan supervisi akademik antara lain: 

1) pengelolaan Kurikulum, 

2) persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, 

3) pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, dan Standar Isi, 

4) peninjauan mutu pembelajaran.


Adapun langkah–langkah penyusunan perencanaan supervisi akademik yaitu:

a. merumuskan tujuan,

b. menetapkan jadwal,

c. memilih pendekatan, teknik, dan model,

d. memilih instrumen.


Pedoman Pelaksanaan Supervisi Akademik.

a. Latar belakang

b. Landasan hukum

c. Tujuan

d. Indikator keberhasilan SA: supervisi akademik.

e. Sasaran

f. Pendekatan dan teknik supervisi

g. Ruang lingkup supervisi

h. Jadwal pelaksanaan supervisi.

i. Instrumen yang digunakan.


2. Pelaksanaan Supervisi

a. Pra observasi

Pra observasi merupakan tindakan berupa sebelum observasi dimulai. Komunikasikan dengan guru yang bersangkutan. Lakukan diskusi dan kesepakatan. Perhatikan kesiapan guru untuk diupervisi.

b. Observasi

Observasi adalah aktivitas pengamatan oleh KS menggunakan instrumen yang disiapkan.

c. Pasca Observasi


3. Tindak Lanjut Hasil Supervisi

Hal yang dilakukan

a. Melakukan Evaluasi Hasil Supervisi

b. Menindak lanjuti Hasil Supervisi


Langkah Lanjutan:

Sesuai dengan hasil analisis evaluasi supervisi akademik, langkah untuk menindaklanjuti hasil supervisi, yang meliputi : 

(1) menetapkan alternatif tindakan yang akan dilakukan relevan atau sesuai dengan kesulitan atau kelemahan yang ditemukan ada pada guru, 

(2) membuat rencana tindakan untuk dilakukan dengan aksi nyata.

c. Pemantapan Instrumen Supervisi

Di dalam memantapkan instrumen supervisi, dapat diperhatikan klasifikasi instrumen, berikut:

  1. Instrumen persiapan mengajar guru, dapat meliputi dokumen atau perangkat pembelajaran: program tahunan, program semester, Silabus, RPP, skenario pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran.
  2. Instrumen supervisi pembelajaran, meliputi dokumen: lembar pengamatan/ observasi.
  3. Penggandaan instrumen dan informasi kepada guru kelas dan bidang studi.


Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang  dilaksanakan sesuai dengan prinsip implementasi kurikulum merdeka. Nah, pada Kurikulum Merdeka, pemerintah memberikan alokasi waktu pembelajaran setiap atau pertahun. Kurikulum Merdeka juga mensyaratkan adanya fase pembelajaran. Untuk di SD ada fase A, B dan C.

Nah, Kepala Sekolah juga melaksanakan Supervisi Akademik dengan basis Kurikulum Merdeka dengan menyerkan dukungan item instrumen relevan dengan Kurikulum Merdeka.

Berikut Contoh Format Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat yang dapat dipelajari atau diunduh serta disesuaikan dengan kondisi sekolah.

Silakan Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat dibagian bawah dokumen.


Sumber Instrumen: amongguru



JIKA belum bisa mengunduh dokumen, Silakan UNDUH OTOMATIS TEKAN DOWNLOAD, di bawah ini.

Unduh Contoh Surat Tugas Supervisi Akademik Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat

Silakan Unduh Contoh Surat Tugas Supervisi Akademik Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat, 


Silakan Unduh Contoh Surat Tugas TIM Supervisi Akademik Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat, 



Temukan informasi pendidikan lainnya, silakan dibaca juga:

LINK Survei TIK Satuan Pendidikan



Demikian sahabat, apa yang dapat admin sampaikan tentang Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat. Aleepenaku mengucapkan banyak terima kasih atas atensinya. Sehatlah selalu setiap waktu. Amin.

6 comments for "Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka (KM) oleh Kepala Sekolah (KS) dan Surat Tugas Supervisor Jenjang SD, SMP, SMA Sederajat"

  1. Waahh ini yg dicari alhamdulilah dapet contoh instrumentnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, senantiasa berkunjung ke sini ya

      Delete
  2. Mantap Pak Alee. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  3. terima kasih pak ali....tapi ko ngga bisa didownload ya

    ReplyDelete
  4. Trima kasih pak alee, sangat bermanfaat...
    Baarokallooh

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.