Ayo Membaca: Twibbon Peringataan Hari Buku Nasional 17 Mei 2023

Aleepenaku.com-Ayo Membaca: Twibbon Peringataan Hari Buku Nasional 17 Mei 2023. Ayo Membaca: Twibbon Peringataan Hari Buku Nasional 17 Mei 2023 adalah informasi dan sosialisasi tentang Hari Buku yang diperingati secara nasional. Semangatnya, ayo membaca.



Lebih banyak Twibbon, di bagian bawah artikel ini.

Pada kesempatan ini admin aleepenaku ingin berbagi tentang Ayo Membaca: Twibbon Peringataan Hari Buku Nasional 17 Mei 2023. Perlu diketahui bahwa Hari Buku Nasional (HBN) yang diperingati setiap bulan Mei merupakan momentum atau kesempatan bagi insan pembelajar untuk merefleksi diri. Pertanyaannya, Apakah kita sudah membaca buku hari ini? Kemudian, sudah seberapa banyak kita telah membaca buku? Seberapa sering kita telah menulis?


Sejarah Hari Buku Nasional (HBN) di Indonesia

Sebagaimana yagn telah sahabat ketahui, bahwa Hari Buku Nasional ini diperingati dengan cetusan Bapak Menteri Pendidikan  (Bapak Abdul Malik Fadjar). Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia serta mengetahui dan mengembangkan tingkat literasi di Indonesia.

Hal lain yang terjadi, seputar dengan perbukuan di Indonesia, bahwa hari buku nasional ini dimaksudkan untuk meningkatkan munculnya buku-buku baru yang dicetak, di Indonesia. Pada waktu itu, diperkirakan terdapat sekitar 18.000 judul buku yang dicetak, setiap tahun. Sebenarnya, hal ini cukup banyak, cukup menggembirakan. 

Namun, jumlah ini  berada di bawah rata-rata negara lain di dunia dalam hal mencetak buku. Berikut contoh negara lain dalam menerbitkan buku:

  1. Tiongkok: 440.000 judul per tahun.
  2. Amerika Serikat: 304.912 judul per tahun.
  3. Inggris: 188.000 judul per tahun.
  4. Jepang: 139.078 judul per tahun.
  5. Rusia: 115.171 judul per tahun. (https://superyou.co.id/)

Kapan Hari Buku Nasional Diperingati?

Ketahuilah bahwa Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei setiap tahunnya. Berarti tahun ini, diperingati pada tanggal 17 Mei 2023. Peringatan Hari Buku Nasional ini juga bertepatan dengan hari Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas) yang berdiri pada tanggal 17 Mei 1980. Maka, setiap tanggal 17 Mei itulah ditetapkan sebagai hari buku nasional, hari Perpusnas.

Apa Saja Manfaat Membaca Buku?

Hari Buku Nasional  menjadi salah satu waktu dan kesempatan yang baik untuk meningkatkan daya baca kita, masyarakat Indonesia. Maka, kita dan semua masayarakat Indonesia perlu mengetahui manfaat membaca buku. 

Beberapa manfaat yang dirasakan oleh kita, antara lain sebagai berikut.

  1. Memperluas wawasan dan pengetahuan kita
  2. Membangun kreativitas dan imajinasi (buku fiksi). 
  3. Membantu dalam kemahiran menulis untuk memperbanyak kosakata dan pengalaman.
  4. Meningkatkan kemampuan berbicara.
  5. Membantu membentuk opini
  6. Meningkatkan daya fokus 
  7. Mempermudah dalam memeroleh keahlian tertentu 
  8. Sebagai sumber inspirasi
  9. Membangun relaksasi
  10. Sarana rekreasi dan hiburan
  11. dan lain sebagainya.

Ayo Semarakkan Hari Buku Nasional

Bagaiamanakah cara menyemarakkan dan memperingati Hari Buku Nasional? Tingkatkan aktivitas sehubungan dengan HBN ini, sebagai berikut.

  1. Membaca buku dengan target jumlah bacaan tertentu.
  2. Menulis buku sesuai dengan resolusinya.
  3. Berbagi hadiah buku.
  4. Mengadakan event lomba menulis atau mengarang.
  5. Membuat perpustakaan pribadi.
  6. Menggunakan Twibbon Hari Buku Nasional
  7. Mengadakan seminar atau sarasehan tentang buku.
  8. Berkarya literasi dan sebagainya.


Twibbon Peringatan Hari Buku Nasional 2022

Ayo semerakkan HBN dan gunakan Twibbon Selamat Hari Buku Nasional 2023 di bawah ini.









Informasi keren lainnya, silakan di sini:


Demikian Informasi penting tentang Ayo Membaca: Twibbon Peringataan Hari Buku Nasional 17 Mei 2023. Para pembaca dapat menulis seputar Informasi Pendidikan dan Kepegawaian di halaman aleepenaku. Salam Literasi. Semoga bermanfaat.

1 comment for "Ayo Membaca: Twibbon Peringataan Hari Buku Nasional 17 Mei 2023"

Tinggalkan komentar Sahabat sebagai saran dan masukan yang sangat berharga untuk tetap belajar dan berbagi. Terima kasih atas kunjungannya.