CP dan ATP Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase C Kelas 5-6 Sekolah Dasar (SD)/ MI

Aleepenaku.com-CP dan ATP Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase C Kelas 5-6 Sekolah Dasar (SD)/ MI. Merujuk pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) di laman https://guru.kemdikbud.go.id/, maka setiap guru fase C yaitu kelas 5 dan kelas 6 perlu memahami CP dan ATP Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase C Kelas 5-6 Sekolah Dasar (SD)/ MI yang ada,


Adapun untuk memodifikasi CP dan ATP Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase C Kelas 5-6 Sekolah Dasar (SD)/ MI, dengan lebih baik sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, disilakan tanpa mengurangi substansi capaian pembelajaran yang diinginkan.

Capaian Umum

Pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) di laman https://guru.kemdikbud.go.id/, dijelaskan bahwa utnuk Fase C, capaian umum yang ditargetkan, intinya sebagai berikut.

Siswa/ peserta didik diperkenalkan dengan sistem - perangkat unsur yang saling terhubung satu sama lain.

Berjalan dengan aturan-aturan tertentu untuk menjalankan fungsi tertentu.

Yakni berkaitan dengan alam dan kehidupan sosial dalam konteks kebhinekaan. 

Siswaa atau peserta didik melakukan pengambilan keputusan atau menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari berdasarkan pemahamannya terhadap materi yang telah dipelajari. 


Capaian per Elemen

Pemahaman IPAS (sains dan sosial), intinya memuat hal berikut.

Peserta didik melakukan simulasi dengan menggunakan gambar/bagan/alat/media sederhana tentang sistem organ tubuh manusia (sistem pernafasan/pencernaan/peredaran darah).

Memahami konsep gelombang (bunyi dan cahaya) peserta didik mendemonstrasikan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Peserta didik mendemonstrasikan bagaimana sistem tata surya bekerja dan kaitannya dengan gerak rotasi dan revolusi bumi.  

Peserta didik dapat menggunakan peta konvensional/ digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia. 

Di akhir fase ini, peserta didik mengenal berbagai macam kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar. 

Peserta didik melakukan suatu tindakan atau mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari berdasarkan pemahamannya terhadap kekayaan kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya serta nilai-nilai ilmiah dari kearifan lokal tersebut. 

Sumber: https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/fase-c/


Unduh CP dan ATP Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase C Kelas 5-6 Sekolah Dasar (SD)/ MI

Silakan UNDUH CP Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase C Kelas 5-6 Sekolah Dasar (SD)/ MI, DI SINI.

Silakan UNDUH ATP Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase C Kelas 5-6 Sekolah Dasar (SD)/ MI, DI SINI.

Atau UNDUH dan Baca:


Sumber informasi dan dokumen: https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/fase-c/

Demikian informasi tentang CP dan ATP Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase C Kelas 5-6 Sekolah Dasar (SD)/ MI. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "CP dan ATP Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase C Kelas 5-6 Sekolah Dasar (SD)/ MI"